Tips Menghentikan Kebiasaan Mengupil pada Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 24 April 2021 07:37
Tips Menghentikan Kebiasaan Mengupil pada Anak
Mengupil di tempat umum merupakan kebiasaan jorok yang sebaiknya segera dihentikan.

Anak kecil seringkali belum mengerti tentang kebiasaan yang mereka kembangkan dalam diri mereka. Terkadang beberapa di antaranya mulai memiliki kebiasaan yang jorok seperti mengupil di tempat umum.

Anak-anak tentu masih belum mengerti bahwa hal ini merupakan sesuatu yang seharusnya nggak boleh dibiasakan. Apalagi mereka mungkin juga belum mengerti tentang perasaan malu.

Dilansir dari Verywellfamily.com, selain nggak bisa diterima secara sosial, mengupil juga bisa menyebarkan kuman. Terlebih lagi, mengupil bisa menyebabkan trauma pada saluran hidung, mengakibatkan mimisan, infeksi dan lupa yang sulit sembuh.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengupil pada anak.

1 dari 4 halaman

Membicarakan tentang kebersihan

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Beberapa anak bahkan nggak sadar saat mereka sedang mengupil dan itu bisa menjadi sebuah kebiasaan. Jika anak tiba-tiba mengupil, kita bisa mengalihkan perhatian mereka dan memintanya untuk mencuci tangan setelah berhenti.

Jelaskan pada anak bahwa mengupil bukanlah kebiasaan yang bersih. Katakan pada mereka kalau mengupil juga bisa menyebabkan hidung terinfeksi dan menyebarkan kuman pada orang lain.

2 dari 4 halaman

Menempelkan plester luka di jari

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kita bisa menempelkan pelester luka pada jari anak untuk sementara waktu. Cara ini digunakan agar anak kesulitan saat akan mengupil.

Jangan lupa untuk menjelaskan alasan mengapa kita melakukan hal ini pada mereka. Sehingga anak bisa ikut berusaha menghentikan kebiasaan mengupil pada diri mereka.

3 dari 4 halaman

Mengganti kebiasaan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Kebiasaan mengupil bisa jadi muncul karena anak merasa bosan atau mungkin untuk memenuhi kebutuhan untuk tetap sibuk. Jika anak sering menonton televisi atau duduk dengan pasif, kita bisa mencoba melibatkan mereka dalam aktivitas lain.

Tangan yang sibuk cenderung nggak akan berakhir di hidung mereka. Dengan begitu anak punya kegiatan lain untuk dilakukan.

4 dari 4 halaman

Meminta bantuan ahli

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Kebiasaan mengupil memang terlihat biasa saja. Namun hal itu bisa menjadi masalah serius saat disertai dengan kebiasaan aneh lain, misalnya mengompol.

Kebiasaan mengupil yang terjadi secara tiba-tiba bisa dipicu oleh stres. Untuk itu, kita bisa berkonsultasi dengan dokter jika kita melihat tanda-tanda yang mulai mengkhawatirkan dari kebiasaan mengupil pada anak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar