Tips Jitu Biar si Anak Lengket sama Ayah, Cuma Ini Lho Kuncinya!

Reporter : Mila
Minggu, 29 Maret 2020 10:00
Tips Jitu Biar si Anak Lengket sama Ayah, Cuma Ini Lho Kuncinya!
Jangan sama ibu aja, sama ayah juga harus lengket dong!

Dalam merawat dan membesarkan buah hati, tentunya butuh peranan dari orangtua. Ga cuma ibu aja lho yang bertanggung jawab, ayah juga harus ikut turut tangan. Mungkin karena peranan ibu yang tergolong lebih besar ini, yang pada akhirnya bikin anak lebih lengket sama ibu. Lah terus bagian lengket sama ayahnya kapan? :(

Untuk pada ayah di luar sana, jangan sedih lagi. Tips ampuh untuk bikin anak luluh sama ayah dengan cara menjadi ayah yang santai. Jangan bayangkan santai seperti berjemur di pantai ya. Santai yang dimaksud adalah pola asuhnya.

Emang gimana sih biar bisa jadi ayah yang santai? Sini-sini kita kasih tau cara-caranya!

1 dari 2 halaman

Main 'Keras'

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

Pasti sering kan liat ayah yang suka bermain tinju-tinjuan, melemparkan anak ke udara, atau pura-pura berkelahi sama anaknya. Mom can't relate yaa hehe. Tapi, justru bermain seperti inilah yang bikin anak merasa nyaman dan makin lengket sama ayah, karena merasa nggak mendapatkan itu waktu bermain sama ibu.

Selain itu, menurut John Snarey, pakar ayah, anak yang sering bermain 'keras' bersama ayah bakal lebih waspada dan peka. Karena mereka tau nih kalau menggigit, menendang, dan bentuk kekerasan fisik lainnya itu bukan tindakan yang benar.

2 dari 2 halaman

Melampaui Batas untuk Percaya Diri

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

Kalau ibu nih pasti selalu melindungi dan cenderung over-protective sama si kecil, tapi coba deh jadi ayah yang beda. Sedikit cuek dan santai aja itu perlu. Bukan berarti ga peduli ya.

Dorong anak untuk melampaui batas dan mengambil risiko. Jangan takut anak gagal atau terluka. Kadang melampaui batas dan mengambil risiko bisa jadi pelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan kepercayaan dirinya.

Gimana? Gampang banget kan ya bikin anak jadi nyaman dan lebih lengket sama ayah. Kuncinya cuma santai dan jangan panik berlebih (seperti ibu, hehe). Terapkan mulai besok yuk!

Beri Komentar