Tak Bisa Keluar Rumah karena COVID-19, Orang Tua ini Bikin Restoran Dadakan bagi Anak-Anaknya

Reporter : Sofi
Minggu, 12 April 2020 21:00
Tak Bisa Keluar Rumah karena COVID-19, Orang Tua ini Bikin Restoran Dadakan bagi Anak-Anaknya
Bisa dicontoh nih Moms!

Selama melakukan masa social distancing, atau karantina karena pandemi virus Corona ini, kita tidak boleh keluar dari rumah kecuali untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan saja. Bagi orang dewasa saja sudah membosankan, apalagi anak-anak yang suka bereksplorasi. Belum lagi mereka belum faham betul dengan keadaan yang mengharuskan mereka untuk selalu di rumah.

Tentu ini hal yang berat dijalani. Nah, beberapa waktu lalu ada postingan dari Twitter yang menunjukkan sebuah keluarga asal skotlandia, yang memiliki ide untuk bermain bersama kedua anaknya yang masih kecil. Ini karena kedua anaknya yang ingin makan di luar dengan orangtuanya.

1 dari 3 halaman

Tentu saja itu tidak boleh, tapi Callum dan Claire-Marie sebagai orangtua kemudian berinisiatif membuat restoran untuk anak-anak laki-laki mereka yang bernama Evan (5) dan Lucas (2). Mereka menamai restoran yang dibuat di rumahnya sendiri ini " Mummy and Daddy's Restaurant" .

Awalnya Evan dan Lucas yang sudah berpakaian rapih itu berjalan masuk lewat pagar rumahnya, dan masuk ke dalam rumah dengan disambut ibunya yang berperan sebagai pelayan restoran. Mereka bermain persis seperti cara mereka jika makan di restoran. Setelah masuk dan mereka berdua duduk di meja makan yang sudah ditata sedemikian rupa seperti di restoran, Evan dan Lucas diberi menu oleh ibunya.

Tidak lupa ibunya memberikan sebuah tissu basah untuk membersihkan kedua tangan anaknya itu. Mereka juga melakukan komunikasi terus seperti pelayan dan pelanggan. Sang ayah yang menjadi koki juga berpakaian seperti koki dan melakukan interaksi bersama anak-anaknya dengan menjelaskan menu yang diberikannya. Lucu banget!

2 dari 3 halaman

Anak bermain dengan orang tuanya © Diadona

Terlihat dari raut muka mereka yang menikmati setiap adegan yang mereka mainkan sebagai pelanggan. Selain bisa mengisi waktu biar gak bosan, hal ini juga ada manfaatnya loh! Menurut Milwood Education, bermain peran akan membuat anak-anak belajar tentang aktivitas dan situasi di dunia nyata.

Selain itu, dilansir dari parenting.orami.co.id, ini bisa melatih mereka untuk mengambil keputusan. Seperti apa yang ingin mereka makan pada menu yang ditawarkan. Kelihatannya sederhana tapi ini bisa mejadi akan berpengaruh untuk anak-anak di masa depan.

3 dari 3 halaman

Dari situ, anak-anak juga diajarkan komunikasi dan bisa mengembangkan kecerdasan emosional pada anak. Hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

" Dengan bermain bersama anak yang lebih tua dan lebih muda, kecerdasan emosional akan pun akan semakin terlatih," ujarnya.

Gak ada ruginya kan Moms kalau bermain bersama anak, kita juga bisa lebih akrab. Jadi kegiatan apa saja yang sudah dilakukan selama masa karantina ini bersama anak Moms?

Beri Komentar