Protokol Masuk Rumah untuk Tangkal Virus Corona, Seluruh Anggota Keluarga Harus Tau nih!

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 8 April 2020 18:00
Protokol Masuk Rumah untuk Tangkal Virus Corona, Seluruh Anggota Keluarga Harus Tau nih!
Masuk rumah nggak bisa sembarangn, harus ngikutin protokol ini biar serumah bebas virus corona.

Merebaknya virus corona, yang penyebaran utamanya melalui sentuhan, menuntut kewaspadaan kita terhadap kebersihan diri dan sekitar.

Meski kini kita diimbau untuk berdiam di rumah agar terhindar dari risiko terjangkit virus, namun kadang beberap keperluan tidak bisa dihindarkan. Kegiatan keluar rumah pun mendadak berubah menjadi sangat menegangkan karena kita diliputi kekhawatiran akan penularan virus. Saat pulang pun kita jadi takut akan jadi carrier yang membahayakan keluarga di rumah.

Untuk kamu yang terpaksa pergi ke luar rumah, ada protokol tersendiri dari dr. Reisa Broto Asmoro yang bisa diikuti untuk membuatmu lebih tenang saat pulang ke rumah. Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Setiba di rumah....

Jangan langsung masuk ke dalam rumah! Buka alas kakimu terlebih dahulu, lalu bersihkan segala sisinya dengan cairan desinfektan.

Bersihkan juga barang-barang yang kamu bawa bepergian seperti tas, handphone, serta dompet.

Kalau kamu pulang berbelanja, buang kantong belanja yang kamu bawa. Untuk alternatif, kamu bisa membawa kantong belanjaan sendiri yang terbuat dari kain sehingga lebih mudah untuk menjamin kebersihannya, tinggal dicuci aja. Jangan lupa untuk membuang segala printilan seperti tag harga dan struk pembelian, ya.

Baru setelah itu kamu bisa masuk ke dalam rumah.

2 dari 3 halaman

Saat masuk ke dalam rumah....

Eits, belum selesai. Sebelum menyentuh apapun di dalam rumah, cuci tanganmu terlebih dahulu. Gunakan sabun dan lakukan di bawah air mengalir. Lakukan gerakan yang benar agar menjangkau seluruh bagian tangan.

Setelah tangan sudah bersih, jangan langsung meluk orang kesayangan atau rebahan. Buka dulu pakaian yang kamu kenakan saat bepergian dan langsung letakkan di keranjang pakaian kotor untuk dicuci.

Setelah itu, mandilah lalu kenakan pakaian bersih.

3 dari 3 halaman

Terakhir....

Protokol pembersihan diri selesai. Kamu bisa bersentuhan dengan keluarga tersayang dan melakukan aktivitas yang kamu mau.

      View this post on Instagram

Kalau sangat perlu untuk keluar rumah, maka nanti kalau pulang sebaiknya lakukan langkah2 berikut ini ya ???? Semoga bermanfaat ????

A post shared by Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro) on

Ingat, di saat seperti ini, keluar rumah lah cuma untuk keperluan yang mendesak dan selalu jaga kebersihan. Dengan usaha tersebut, semoga kamu dan seluruh anggota keluarga bisa dijauhkan dari kemungkinan terjangkit virus corona.

Semoga kita sehat selalu!

Beri Komentar