Anak Gak Pede dengan Warna Kulitnya yang Gelap, Orang Tua Harus Apa?

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 9 April 2020 09:00
Anak Gak Pede dengan Warna Kulitnya yang Gelap, Orang Tua Harus Apa?
Curhatan seorang ibu yang bingung karena anaknya membenci penampilannya sendiri.

Harusnya warna kulit sudah nggak jadi permasalahan besar di masyarakat. Tapi namanya hidup di lingkungan masyarakat, kita nggak pernah tahu apa yang bakal terjadi. Semantara hingga saat ini masih banyak kasus bully di lingkungan sekolah yang terjadi pada anak hanya karena penampilan fisik mereka.

Kenyataan seperti itulah yang bikin banyak anak yang punya warna kulit gelap jadi nggak percaya diri di lingkungannya. Hal itu juga dialami oleh anak perempuan dari ibu asal India ini. Ibunya bercerita bahwa sang anak ngerasa nggak pede karena kulit gelapnya dan bingung apa yang harus dia lakukan.

1 dari 4 halaman

Willow Smith © Diadona

Dari yang saya baca di Times of India, anak perempuan ibu itu berusia 14 tahun dan punya kulit yang cenderung gelap. Si ibu melihat kalau anaknya ini ngerasa nggak nyaman dengan hal itu.

Suatu hari si ibu juga memergoki sang anak lagi googling cara mencerahkan warna kulit. Tentu hal itu bikin si ibu ngerasa sedih banget.

Ibu itu sudah berusaha memberi nasehat pada sang anak tapi ibu itu merasa kalau sang anak tetep aja nggak pede berada di antara teman-temannya dan nggak merasa aman. Sang ibu pun bingung apa yang harus dia lakukan untuk memperbaiki keadaan.

2 dari 4 halaman

Curhatan ibu itu kemudian ditanggapi oleh Dr. Rachna Khanna Singh, salah satu psikolog rumah sakit di India. Dokter itu mengungkapkan bahwa remaja yang sedang tumbuh memang banyak menghadapi masalah mulai dari teman, keluarga, sekolah, dll. Salah satu masalah penting yang juga sering dialami semua remaja adalah tentang bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri.

Dr. Rachna mengatakan bahwa masalah ini merupakan fase penting dalam kehidupan remaja. Dari cerita ibu itu bisa disimpulkan bahwa anaknya telah menumbuhkan perasaan rendah diri karena kulitnya.

3 dari 4 halaman

Willow Smith © Diadona

Secara langsung, Dr. Rachna menyarankan agar si ibu bisa berbicara lebih dalam dengan anaknya dan mengatakan bahwa warna kulit harus jadi perhatian terakhirnya. Sebagai orang tua kita bisa mengajarkan anak bahwa apa pun warna kulit mereka, hal itu tetaplah indah. Setiap orang bisa cantik dengan cara mereka sendiri yang unik.

Mintalah anak untuk menerima ciri khas dari dirinya itu dan memotivasinya untuk nggak berpikir mengubah hal itu. Akan lebih baik jika orang tua bisa lebih peka dan berbicara rasional pada anak sehingga dia bisa lebih percaya diri.

4 dari 4 halaman

Dr. Rachna juga menyarankan agar si ibu mengatakan pada anak bahwa nggak ada dua individu yang sama, setiap individu berbeda dan cantik dengan caranya sendiri sehingga sang anak juga harus berhenti merasa kecil di depan teman-temannya.

Selain itu anak juga bisa mengembangkan bakat dan keterampilan yang bisa dia tonjolkan agar dia bisa punya lebih banyak alasan untuk menjadi lebih percaya diri.

Semogar saran dari Dr. Rachna juga bisa membantu kamu ya! Yuk, kita mulai membiasakan sayang dengan diri sendiri!

Beri Komentar