8 Susu Bebas Laktosa yang Aman untuk Bayi hingga Dewasa

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 29 Februari 2024 22:25
8 Susu Bebas Laktosa yang Aman untuk Bayi hingga Dewasa
Susu bebas laktosa di bawah ini bisa menjadi pilihan susu untuk buah hati!

Susu bebas laktosa telah menjadi pilihan yang semakin banyak diminati kalangan konsumen loh Diazens apalagi untuk mereka yang mencari alternatif nutrisi yang lebih ringan untuk lambung. Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan gaya hidup yang lebih sehat, susu bebas laktosa menjadi solusi yang sering dicari bagi para Diazens yang ingin menikmati manfaat susu tanpa khawatir akan masalah pencernaan. 

Apa itu Susu Bebas Laktosa?

Susu bebas laktosa adalah varian susu yang telah diproses untuk menghilangkan atau mengurangi kadar laktosa, yaitu gula alami yang ditemukan dalam susu hewan. Laktosa umumnya dipecah oleh enzim yang disebut lactase menjadi dua gula sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa, agar dapat diserap oleh tubuh. 

Orang yang memiliki atau mengalami intoleransi laktosa kurang memproduksi laktase, sehingga konsumsi susu biasa dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung, diare atau kram perut. Oleh karena itu, susu bebas laktosa menjadi solusi yang baik untuk para Diazens yang menghadapi gejala intoleransi laktosa. Berikut ini beberapa rekomendasi susu bebas laktosa yang bisa dibeli dan dicoba dirumah.


1 dari 9 halaman

Fairlife

Susu Bebas Laktosa © Diadona© fairlife.com

Fairlife adalah merek susu yang terkenal karena menyajikan susu ultra-filtered. Produk susu ini juga dirancang untuk dikonsumsi oleh berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak. Susu Fairlife ini selain bebas laktosa juga memiliki beberapa karakteristik nih Diazens yang pertama, Ultra-Filtered, yaitu proses pembuatan susu ini sudah menggunakan teknologi untuk menghilangkan sebagian besar laktosa dari susu. Ini membantu menciptakan susu dengan kadar laktosa lebih rendah bahkan hingga bebas laktosa. 

Susu Fairlife ini juga menyajikan beberapa variasi produk lain yaitu seperti susu dengan beraneka rasa, cokelat, strawberry dan lain sebagainya. Selain itu kemasan produk susu Fairlife ini sangat ramah lingkungan loh Diazens.

 

2 dari 9 halaman

Oatly

Susu Bebas Laktosa © Diadona© oatly.com

 

Susu Oatly bebas laktosa ini adalah salah satu alternatif nabati yang terbuat dari biji oat. Produk ini dirancang untuk memberikan opsi yang lezat dan bergizi tapi dapat dikonsumsi bagi anak-anak sampai orang dewasa yang menghindari produk susu berbasis hewan atau memiliki intoleransi laktosa.

Namun untuk sebelum memberikan susu oatly kepada anak-anak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti usia dan kondisi kesehatan. Sebagian besar anak-anak dapat mulai diberikan susu nabati seperti susu oat setelah mereka berusia 1 tahun atau setelah mereka tidak lagi mengkonsumsi susu formula bagi atau ASI eksklusif. 

Susu Oatly ini memiliki rasa yang lembut dan creamy. Selain itu, susu ini dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi dalam berbagai resep seperti kopi, sereal, smoothie atau bahkan masakan lainnya. Kebanyakan varian Oatly bebas laktosa juga kaya akan nutrisi tertentu seperti kalsium dan vitamin D. 

 

3 dari 9 halaman

Organic Valley

Susu Bebas Laktosa © Diadona© organicvalley.coop

Susu Organic Valley umumnya dikenal sebagai produk susu organik yang dihasilkan dari peternakan yang mengikuti standar organik. Ada beberapa komponen umum yang juga terkandung di dalam susu Organic Valley ini yaitu air, lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. 

Susu sapi konvensional seperti Organic Valley ini dapat diperkenalkan kepada bayi ketika mereka sudah mencapai usia 1 tahun atau setelah berhenti mengonsumsi susu formula atau ASI eksklusif. Terutama untuk susu organik, prinsipnya umumnya sama. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anak untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan gizi anak. 

 

4 dari 9 halaman

Milk Life

Susu Bebas Laktosa © Diadona© milklife.id

Susu Milk Life bebas laktosa ini adalah produk susu yang dirancang khusus untuk individu yang intoleran terhadap laktosa. Oleh karena itu, susu bebas laktosa seperti Milk Life memberikan alternatif yang mudah untuk dicerna.

Komposisi umum pada susu bebas laktosa seperti laktosa seperti Milk Life ini melibatkan bahan-bahan berikut yaitu, susu sapi atau pengganti susu yang telah diolah untuk mengurangi kadar laktosa, atau pengganti susu seperti susu almond, susu kedelai, atau susu kelapa. 

Susu bebas laktosa ini umumnya dapat dikonsumsi oleh anak-anak mulai dari usia tertentu, tergantung pada merek dan formulanya. Susu Milk Life ini seperti susu bebas laktosa lainnya yang dapat dikonsumsi untuk anak-anak diatas umur 1 tahun. 

 

5 dari 9 halaman

Almond Breeze Almond Milk

Susu Bebas Laktosa © Diadona© almondbreeze.co.uk

Almond Breeze adalah merk susu almond bebas laktosa yang populer, dan sudah banyak yang mengonsumsi susu ini sebagai alternatif susu nabati yang lezat dan ringan. Susu ini terbuat dari almond yang berkualitas tinggi, susu ini juga memiliki rasa almond yang khas dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi dalam berbagai resep. 

Almond Breeze Almond Milk biasanya merupakan pilihan yang baik untuk individu yang memiliki intoleransi tinggi terhadap laktosa atau yang memilih gaya hidup nabati. Tentang konsumsi anak, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter.

Susu ini umumnya dapat dikonsumsi anak diatas umur 1 tahun yang sudah mulai belajar memakan makanan yang padat, tetapi pemberian makanan kepada anak harus sesuai dengan petunjuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa anak mungkin alergi terhadap almond, jadi perlu diperhatikan jika anak memiliki riwayat alergi tertentu.

 

6 dari 9 halaman

Horizon Organic

Susu Bebas Laktosa © Diadona© horizon.com

Horizon Organic Lactose-Free Milk adalah varian susu organik yang dirancang khusus untuk mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Susu ini berasal dari peternakan organik yang mematuhi standar pertanian organik, dan proses pengolahan dilakukan untuk menghilangkan laktosa tanpa mengurangi kualitas nutrisi. Susu ini juga mengandung komposisi yang baik dan tidak kalah dengan merk merk susu bebas laktosa lainnya. 

Horizon Organic Lactose-Free Milk dapat menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang ingin menghindari laktosa dan mencari produk susu organik. Namun, untuk anak-anak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Sebagian besar susu organik, termasuk Horizon Organic, biasanya cocok untuk anak-anak di atas usia tertentu, tetapi perlu diperhatikan apakah anak memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi.

 

7 dari 9 halaman

Califia Farms

Susu Bebas Laktosa © Diadona© califiafarms.com

Califia Farms lebih dikenal dengan produk susu nabati, terbuat dari almond milk yang rendah laktosa dan produk lainnya yang terbuat dari bahan nabati. Adapun beberapa komposisi yang terkandung dalam susu ini yaitu almond milk base, jadi susu ini utamanya terbuat dari air dan almond dan ini menjadikan rasa susu ini khas almond dan tekstur nya yang mirip dengan susu sapi. 

Sehubungan dengan anak-anak, kebanyakan susu nabati seperti almond milk umumnya dapat dikonsumsi oleh anak-anak setelah mereka memasuki usia yang sesuai untuk memulai makanan padat. Ini biasanya terjadi sekitar usia 6 bulan atau lebih, tetapi keputusan ini sebaiknya diambil berdasarkan rekomendasi dari dokter atau ahli gizi yang merinci kebutuhan nutrisi spesifik anak. Beberapa anak mungkin memiliki alergi tertentu, jadi penting untuk memperhatikan reaksi yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi produk baru.

 

8 dari 9 halaman

Ripple

Susu Bebas Laktosa © Diadona© ripple.com

Ripple adalah merek susu bebas laktosa yang terbuat dari bahan-bahan nabati, terutama ercis dan kacang-kacangan. Produk ini sama dengan susu bebas laktosa lainnya yaitu dirancang untuk memberikan alternatif yang lezat dan bergizi bagi mereka yang menghindari produk susu hewani atau yang memiliki intoleransi laktosa.

Yang membuat merek susu Ripple ini dengan susu yang lainnya adalah komposisi susu yang mengandung Ercis atau Pea Protein yang memberikan kekentalan dan nutrisi penting termasuk protein nabati. 

Susu ini sama seperti dengan susu bebas laktosa lainnya yaitu dapat dikonsumsi oleh anak-anak setelah mereka memasuki usia yang sesuai untuk memulai makanan padat.

 

9 dari 9 halaman

Tetapi,  keputusan ini sebaiknya diambil berdasarkan rekomendasi dari dokter atau ahli gizi, yang dapat memberikan panduan berdasarkan kebutuhan nutrisi anak. Beberapa anak mungkin memiliki alergi tertentu, jadi perlu memperhatikan reaksi yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi produk baru.

Nah itu dia 8 rekomendasi susu bebas laktosa yang dapat dicoba oleh anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Semoga rekomendasi susu diatas dapat membantu para Diazens yang lagi galau atau bingung mau beli susu bebas laktosa. See You Diazens! 

Editor: Azzahra Zhafirah G.P

Beri Komentar