Seperti Sihir, Guru Ini Memberi Gambaran Pentingnya Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Reporter : Sofi
Selasa, 17 Maret 2020 15:30
Seperti Sihir, Guru Ini Memberi Gambaran Pentingnya Mencuci Tangan Menggunakan Sabun
Ini bisa buat contoh anak kamu juga loh.

Hal yang sangat disarankan untuk mengurangi penyebaran virus Corona saat ini, salah satunya adalah mencuci tangan. Banyak lagu, atau pun orang-orang yang mengingatkan dan untuk selalu cuci tangan agar tidak ada virus yang menempel dan dapat menyebabkan penularan. Tapi kadang, pesan itu tidak tersampaikan, terutama pada anak-anak.

Terkadang anak-anak lebih suka untuk melihat mengapa, daripada mendengar alasannya. Mereka tahu akan wabah virus Corona saat ini, tapi mereka mungkin sulit memahami untuk menghubungkan kenapa kita harus selalu cuci tangan. Sebuah video yang tersebar di media sosial Twitter, seorang guru sekolah dasar di luar negeri, menemukan cara untuk menggambarkan pentingnya tidak hanya mencuci tangan, tapi juga mencuci menggunakan sabun.

1 dari 2 halaman

 

Dalam video itu, kamu bisa melihat piring yang diisi dengan air dan lada hitam. Kemudian terdengar suara guru mereka yang meminta salah seorang murid untuk mencelupkan tangannya pada air berisi lada, dan menariknya keluar, lalu perhatikan bagaimana butiran lada itu menempel pada jari kecilnya. Kemudian guru itu menyuruh murid tadi mencelupkan tangannya pada sebuah piring di sebelahnya yang berisi sabun cair, kemudian kembali memasukkan jarinya pada piring berisi lada dan air.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Dengan cepat, reaksi yang terjadi seperrti sebuah sihir! Lada itu langsung menghindari jari yang sudah dicelupkan sabun tadi. Menurut Education.com, lada bersifat hidrofobik, yang berarti dihilangkan oleh air, jadi gak tenggelam atau larut dalam air seperti garam. Lada juga sangat ringan, jadi tetap di permukaan air. Ketika sabun dioleskan ke campuran itu, sabun akan merusak tegangan permukaan air dan molekul air bergeser menjauh dari sabun, membawa lada untuk naik.

Ini mungkin gak sama persis seperti bagaimana ketika ketika mencuci tangan. Tapi hal ini bisa dijadikan untuk meyakinkan dan memberi gambaran pada anak-anak bahwa sabun itu membawa sebuah keajaiban dan bagaimana pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Apa kalian sudah mengajarkan dan membersihkan tangan anak-anak dengan sering dan menggunakan sabun?

Beri Komentar