Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli Serta di Kalangan Pelajar yang Harus Dipahami Orangtua

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 11 Juli 2020 08:22
Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli Serta di Kalangan Pelajar yang Harus Dipahami Orangtua
Pengertian pergaulan bebas adalah bentuk perilaku menyimpang yang sering ditemui di kalangan remaja.

Pengertian pergaulan bebas ialah perilaku negatif yang melewati batas dari aturan, tuntutan, dan perasaan malu atau perilaku menyimpang yang melanggar norma agama serta norma kesusilaan.

Selain itu, pergaulan bebas juga bisa diartikan sebagai praktik berhubungan seks bebas dengan pasangan yang berbeda.

Biasanya faktor yang menyebabkan pergaulan bebas pada remaja ialah karena kurangnya pendidikan agama, keadaan ekonomi keluarga atau broken home, taraf pendidikan yang rendah, serta lingkungan yang kurang baik.

Nah, supaya kamu tidak salah arah, alangkah baiknya kamu pahami dulu pengertian pergaulan bebas berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

Pengertian Pergaulan BebasPengertian Pergaulan Bebas © unsplash.com/@kchance8

Selain dari penjelasan di atas, adapun pengertian pergaulan bebas menurut para ahli agar wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. Kartono

Pergaulan bebas adalah gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh bentuk pengabaian sosial, sehingga akibatnya mengembangkan perilaku yang menyimpang.

2.  Santrock

Pergaulan bebas ialah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak bisa diterima secara sosial sehingga mengakibatkan terjadi tindakan kriminal.

3. B.Simanjuntak

Menurut B.Simanjuntak, pergaulan bebas adalah sebuah proses interaksi antara seseorang dengan orang lain tanpa mengikatkan diri pada aturan-aturan, baik di dalam undang-undang maupun hukum Agama serta lingkungan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pergaulan Bebas dan Zina

Pengertian Pergaulan BebasPengertian Pergaulan Bebas © pexels.com/@kaboompics

Seperti yang diketahui, pengertian pergaulan bebas ialah suatu interaksi seseorang atau kelompok masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat sehingga bisa merusak citra pribadi ataupun lingkungan tersebut terjadi.

Sedangkan zina merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah swt, karena bersifat musyrik. Selain itu, menurut hukum Islam, zina ialah hubungan seksual antara seseorang laki-laki dengan perempuan yang tidak atau belum diikat dalam perkawinan yang tanpa disertai unsur keraguan dalam hubungan seksual tersebut.

Bahkan, zina bukan hanya di saat manusia telah melakukan hubungan seksual, tapi segala aktivitas-aktivitas seksual yang bisa merusak kehormatan manusia termasuk dikategorikan zina.

3 dari 5 halaman

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Islam

Pengertian Pergaulan BebasPengertian Pergaulan Bebas © unsplash.com/@f7photo

Pengertian pergaulan bebas menurut Islam ialah cara berteman tanpa batas yang dilakukan seseorang, baik dalam berbicara ataupun berperilaku.

Selain itu, menurut Syekh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh rahimahullah pergaulan antara laki-laki dan perempuan dibagi menjadi 3 bentuk, yakni: Pertama, pergaulan antara laki-laki dengan perempuan mahramnya, artinya ini jelas dibolehkan.

Kedua, pergaulan antara laki-laki dengan perempuan lain untuk tujuan merusak, tentu hal ini sangat diharamkan. Ketiga, campur baur antara laki-laki dan perempuan di lembaga pendidikan, perkantoran, rumah sakit, serta acara-acara resepsi, namun pada poin ini terdapat perbedaan pendapat.

4 dari 5 halaman

Pengertian Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar

Pengertian Pergaulan BebasPengertian Pergaulan Bebas © unsplash.com/@efrenbarahona3

Melihat berbagai fakta yang terjadi saat ini, tidak sedikit para remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas, hal ini disebabkan karena tak ada batas dalam bergaul.

Selain itu, pergaulan bebas juga didukung oleh arus modernisasi yang telah mengglobal dan lemahnya benteng keimanan seseorang yang mengakibatkan masuknya budaya asing tanpa penyeleksian yang ketat.

5 dari 5 halaman

Sehingga bagi para remaja, pengertian pergaulan bebas di kalangan pelajar ialah belum keren kalau belum bebas. Padahal dampak dari pergaulan bebas memberikan pengaruh besar buat diri sendiri, orangtua, serta negara.

Adapun cara mengatasi pergaulan bebas terhadap remaja ialah memiliki kegiatan yang positif, menjadi pribadi yang taat, menjalin komunikasi yang baik, serta perbanyak membaca.

Itulah pengertian pergaulan bebas menurut para ahli, faktor penyebab, dampak, dan cara mengatasinya. Semoga tulisan bermanfaat buat kamu dan sekililingmu ya!

Beri Komentar