Pengen Akur Sama Menantu? Hindari Ngomong 5 Hal ini!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 18 Mei 2020 12:37
Pengen Akur Sama Menantu? Hindari Ngomong 5 Hal ini!
Beberapa hal yang bisa bikin menantu tersinggung.

Melepaskan anak yang sudah kita rawat sepanjang hidup kita memang terasa berat. Tapi mau nggak mau kita memang harus melakukannya agar anak bisa bahagia dengan pasangan yang dia cintai. Nggak jarang banyak ibu yang merasa ditinggalkan setelah anaknya menikah.

Rasa cemburu pada sosok menantu pun sering menghampiri mereka. Akhirnya secara nggak sadar para ibu ini cenderung membangun permusuhan dengan sang menantu. Padahal hal itu nggak baik lho. Sebagai orang tua harusnya kita sadar bahwa menantu kita punya kedudukan yang sama dengan anak. Harusnya kita juga memberikan kasih sayang yang sama dengan anak.

1 dari 6 halaman

Seringkali pertengkaran antara orang tua dan menantu terjadi karena masalah komunikasi. Beberapa ucapan yang kita keluarkan terkadang nggak kita sadari bisa menyakiti hati menantu kita.

Untuk menghindari konflik, sebaiknya kita mengetahui ucapan apa saja sih yang bisa menyakiti menantu kita. Dilansir dari Womanitely, berikut beberapa di antaranya.

2 dari 6 halaman

Keuangan

Ilustrasi Uang © Diadona

Setiap pasangan punya cara berbeda dalam mengatur keuangan. Sebagai ibu mertua, nggak mungkin kita bisa memahami prioritas yang mereka pilih. Topik keuangan termasuk hal sensitif yang nggak bisa kita komentari seenaknya. Untuk itu sebaiknya hindari topik keuangan saat mengobrol dengan menantu.

3 dari 6 halaman

Cara merawat anak

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Sebagai orang yang sudah berpengalaman, pasti kita merasa sulit untuk nggak mengomentari cara menantu merawat anak mereka. Tapi jika hal itu nggak buruk sebaiknya kita nggak perlu terlalu ikut campur dengan hal ini. Peran kakek dan nenek dibutuhkan sebagai pendukung dan bukan mengatur. Yakinlah bahwa mereka sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk membesarkan anak.

4 dari 6 halaman

Saran yang nggak diminta

ilustrasi mertua menantu © Diadona

Beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan saat menjalani kehidupan rumah tangga untuk pertama kalinya. Tapi bukan berarti kita harus memberikan saran yang nggak mereka minta. Hal itu hanya akan membuat dia merasa terganggu dan tersinggung. Jika kita memang ingin memberinya saran, sebaiknya cari cara yang lebih halus dan kreatif untuk membuatnya merasa nyaman dengan kehadiran kita.

5 dari 6 halaman

Merasa paling tahu tentang anak

ilustrasi mertua menantu © Diadona

Sudah jelas bahwa kita pasti hidup lebih lama dengan anak kita daripada istrinya. Namun menunjukkan bahwa mereka nggak lebih tahu justru bisa menimbulkan konflik yang harusnya nggak perlu terjadi. 

6 dari 6 halaman

Menunjukkan keburukan anak

ilustrasi mertua © Diadona

Terkadang kita nggak sadar dengan hal yang kita komentari. Salah satunya adalah tentang keburukan anak kita sendiri. Padahal menunjukka keburukan anak di depan orang lain bisa menyinggung menantu kita juga lho. Sebaiknya hindari hal itu dan mulai berpikir ulang sebelum melontarkan komentar.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat berbicara dengan menantu. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar