Lebaran Jadi Momen yang Pas Ajarkan Nilai Positif Pada Anak

Reporter : Riza Umami
Minggu, 16 Mei 2021 08:17
Lebaran Jadi Momen yang Pas Ajarkan Nilai Positif Pada Anak
Yuk Mom bentuk karakter positif anak di momen lebaran.

Hari lebaran menjadi salah satu momen membahagiakan di mana kita bisa berkumpul dan saling maaf-maafan dengan keluarga. Momen ini pun menjadi ajang silaturahmi dengan sanak saudara dan juga kerabat.

Dilansir dari laman dream.co.id, Direktur Pendidikan Sekolah Karakter Genius Islamic School yaitu Eva Nawiyah menjelaskan bahwa momen silaturahmi saat lebaran ini seharusnya bisa dijadikan oleh orang tua untuk membentuk karakter positif buah hati.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Keluarga Anang dan Ashanty © Diadona

" Lebaran adalah momen yang dinantikan oleh anak-anak karena bagi mereka lebaran ini punya kekhasan dan kebahagiaan tersendiri," kata Eva menjelaskan.

Eva kemudian menyampaikan bahwa penting bagi orang tua untuk memanfaatkan momen hari lebaran ini untuk mengajarkan anak nilai positif seperti sopan santun. Mom bisa mengajari anak bagaimana cara yang sopan mengucapkan salam ketika bertemu dengan saudaranya.

2 dari 3 halaman

Ajarkan anak untuk mengucapkan salam ketika hendak silaturahmi dan masuk ke rumah orang lain. Kemudian, mencium tangan orang yang lebih tua. Eva mengatakan bahwa ibu perlu memastikan bahwa anak berperilaku dengan sopan serta bertutur kata yang santun.

Ilustrasi Keluarga © Diadona

3 dari 3 halaman

Ajaklah anak mengunjungi sanak saudara terdekat untuk mengenalkannya juga dengan saudaranya serta menjaga tali silaturahmi. Namun, pastikan juga tetap menjalankan protokol kesehatan mengingat pandemi yang masih belum berakhir.

Di momen lebaran, jangan biarkan anak hanya sibuk bermain gadget saja. Kenalkan anak dengan saudaranya yang usianya sebaya dengannya agar mereka bisa bermain bersama dan bersenang-senang. Semoga cukup bermanfaat.

Beri Komentar