Kisah di Balik Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam dan Karakternya Yang Harus Kita Teladani

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 2 Juni 2022 15:56
Kisah di Balik Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam dan Karakternya Yang Harus Kita Teladani
Siapa nama asli Nabi Zulkifli alaihis salam dan mengapa nama 'Zulkifli' lah yang kita ketahui?

Diantara nama-nama 25 nabi dan rasul, nama nabi Zulkifli alaihis salam sebenernya bukan nama asli. Nama tersebut didapat karena suatu kisah dan sifat beliau yang harus kita teladani, yakni sebagai orang yang bisa dipercaya. Seperti apa kisah dan apa nama asli Nabi Zulkifli alaihis salam?

Nabi Zulkifli adalah satu-satunya putra dari Nabi Ayyub AS da Siti Rahmah yang selamat. Apakah kamu tahu kisah tentang Nabi Ayyub? Beliau mendapatkan jian yang luar biasa berupa hilangnya harta benda dan meningalnya seluruh anak-anaknya. Kisah lengkap beliau bisa kamu baca di artikel pada link berikut ini yah.

1 dari 4 halaman

Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam dan Kisah di Balik Nama Tersebut

Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis SalamNama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam © Mael BALLAND on Unsplash

Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam adalah Basyar dan inilah kisahnya:

Negara tempat Nabi Zulkifli alaihis salam tinggal dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana. Namun beliau sudah tua dan tak memiliki seorang pun yang bisa meneruskan tahtanya. Selanjutnya, raja tersebut membuat sayembara di mana pemenangnya akan menggantikan dirinya.

Ketentuan sayembara yang memenangkan tahta adalah bahwa siapa aja yang mau bertanggug jawab menjalankan amanah umat dan orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Raja itu lalu berkata di depan seluruh rakyatnya, " Siapa di antara kamu sekalian yang sanggup berpuasa pada siang hari dan beribadah pada malam harinya, juga tidak akan marah-marah, kepadanya akan saya serahkan kerajaan ini. Karena saya sudah sangat tua,"

Sulit, bukan? Dan nggak ada satupun yang sanggup dengan persyaratan dan berjanji untuk menjadi sosok tersebut kecuali satu orang yaitu Basyar.

Basyar kemudian terpilih menjadi raja dan berganti nama menjadi Zulkilfi yang memiliki arti " orang yang sanggup memegang janji" . Sepertiitu lah di balik kisah dan jawaban nama asli Nabi Zulkfli alaihis salam.

2 dari 4 halaman

Karakter Nabi Zulkifli alaihis salam

Hidup sebagai raja tetap membuatnya menjadi sosok yang sederhana. Basyar benar-benar seperti namanya, Zulkifli, yakni tetap melakukan ibadah siang dan malam serta berpuasa. Beberapa riwayat mengatakan, istirahat yang dilakukan Nabi Zulkifli As merupakan sebuah ibadah.

Pada malam hari Nabi Zulkifli AS terus beribadah dan Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Anbiya ayat 85-86,

" Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh."

3 dari 4 halaman

Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis SalamNama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam © Abdullah k on Unsplash

Ujiannya yang dialaminya ketika menjadi raja benar-benar meneguhkan kepantasan Basyar dalam membawa nama sebagai Nabi Zulkifli alaihis salam. Jadi suatu ketika ada beberapa kaum yang datang dan berniat untuk menurunkan kepemimpinanya.

Nabi kemudian meminta rakyatnya buat berangkat ke medan perang, tapi sayangnya dengan alasan takut mati, mereka menolak. Mereka mauberangkat nih kalau Nabi Zulkifli berdoa kepada Allah agar mereka tidak mati.

Dengan penuh sabar, Nabi Zulkifli alaihis salam meminta kepada Allah agar mereka tidak mati dan baru deh rakyatnya mau maju ke medan pertempuran. Allah mengabulkan doa Nabi Zulkifli. Tak ada satupun rakyatnya yang mati dan kemenangan diraih oleh pihak mereka.

4 dari 4 halaman

Nama Asli Nabi Zulkifli Alaihis SalamNama Asli Nabi Zulkifli Alaihis Salam © Muhammad Adil on Unsplash

Bukan cuman sebagai raja, namun Nabi Zulkifli alaihis salam juga menjadi ketua hakim di negaranya. Nah pada suatu ketika nih di malam hari saat beliau mau tidur, ada seorang tamu yang ingin menemuinya. Seseorang itu bilang kalau dia adalah musafir yang barang-barangnya dirampok selama di perjalanan.

Nabi Zulkifli alaihis salam yang memiliki nama asli Basyar itu lantas memerintah orang tersebut buat datang lagi keesokan pada pagi atau petang. Tapi nih setelah ditunggu sejak pagi hingga petang, musafir itu tak kunjung datang. Eh saat Nabi Zulkifli alaihi salam akan tidur di malam harinya, musafir itu datang lagi. Waktu ditanyain, musafir itu bilang kalau saat waktu sidang dibuka barangnya dikembalikan jika sidang hendak ditutup barang tersebut dirampasnya lagi.

Begitu terus terjadi sebanyak tiga kali hngga yangterakhir ketika nabi akan berbaring tidur dan semua pintu telah terkunci, orang tersebut datang lagi. Bukan dengan mengetuk pintu, tapi tiba-tiba saja sudah berada di dalam kamar. Nabi Zulkifli alaihis salam menyadari bahwa sosok tersebut bukan manusia. Dan benar, dia adalah iblis yang menyamar dan berupaya untuk menggoda Nabi Zulkifli agar marah, agar tak lagi memenuhi persayaratan sebagai raja.

Nama asli Nabi Zulkifli alaihis salam adalah Basyar dan begitulah bagaimana beliau mendapatkan serta pantas dengan nama tersebut.

 

Beri Komentar