Kenapa Si Kecil Gak Bisa Diam Sama Sekali?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 5 Agustus 2021 07:17
Kenapa Si Kecil Gak Bisa Diam Sama Sekali?
Siapa nih Mom yang anaknya gak bisa diem?

Terkadang, anak-anak bisa super aktif dan gak bisa diem kayak gak ada capeknya. Sebenarnya wajar saja anak sangat enerjik seperti ini apalagi mereka memang butuh banyak bergerak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Lantas, pernah gak sih Mom anak gak bisa diam dan jadi rewel yang pastinya bisa bikin ibu makin pusing? Kalau udah begitu, tentu ibu perlu mencari tahu sebabnya kira-kira anak gak bisa diem dan rewel karena apa.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @ibupedia_id, sebenarnya tak masalah anak banyak bergerak atau gak bisa diam karena fitrah anak adalah bebas bergerak. Selain itu, mereka memang sangat enerjik dan hal tersebut perlu disalurkan.

2 dari 5 halaman

Ibu perlu mulai khawatir saat anak yang aktif bergerak ini disertai dengan emosi yang meledak=ledak yang menyebabkan si kecil jadi rewel. Kalau sudah begitu, ibu perlu mengetahui penyebab anak sampai seperti itu.

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

3 dari 5 halaman

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan si kecil gak bisa diam dan rewel seperti ini. Salah satunya yaitu ketika ia kurang tidur dan juga kelelahan. Saat anak kurang tidur seperti ini, tubuhnya memproduksi kortisol dan adrenalin yang membuatnya makin berenergi.

Oleh sebab itulah, pastikan anak tak sampai kurang tidur bahkan sampai membuatnya kelelahan walau dia gak bisa diem. Ibu juga bisa menenangkan anak dengan melakukan beberapa aktivitas rileks seperti rebahan sambil dibacain dongeng atau yang lainnya.

4 dari 5 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Kemudian, penyebab yang kedua yaitu karena anak merasa stres. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan si kecil jadi stres misalnya akibat pengaruh perilaku orang tuanya kepada si anak atau perubahan rutinitas yang juga bisa membuat anak bingung untuk menyesuaikan diri.

5 dari 5 halaman

Penyebab yang selanjutnya yaitu karena masalah kesehatan fisik yang mungkin dialami oleh anak. Ada beberapa anak yang mempunyai penyakit tertentu misalnya tiroid atau ADHD. Namun, tak semua anak yang tak bisa diam seperti ini punya masalah kesehatan. Perlu konsultasi ke tenaga medis untuk memastikannya.

Terakhir yaitu karena pengaruh makanan. Ternyata makanan yang mengandung pengawet, pewarna buatan dan juga zat adiktif lain yang berlebihan bisa memberikan pengaruh pada perilaku si kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi anak makan snack atau makanan kemasan dan lengkapi asupan untuk buah hati dengan gizi yang seimbang.

Beri Komentar