Inilah Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang Wajib Mom Ketahui

Reporter : Riza Umami
Rabu, 16 September 2020 10:17
Inilah Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang Wajib Mom Ketahui
Pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak.

Pernahkah Mom mendengar tentang HPK yang merupakan singkatan dari Hari Pertama Kehidupan. Ternyata HPK ini amatlah penting untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Dilansir dari laman klikdokter.com, seribu hari pertama kehidupan ini ternyata bukan dimulai sejak bayi lahir, tetapi sejak pertama kali terjadinya pembuahan. Oleh sebab itu, 1000 hari pertama kehidupan anak ini meliputi 9 bulan di dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun.

1 dari 2 halaman

Perkembangan massa otak sebanyak 70-80% akan terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan anak. Oleh karenanya, masa ini sangatlah penting dan merupakan masa kritis yang akan sangat menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ilustrasi Ibu dan BayiIlustrasi Ibu dan Bayi © shutterstock

Apabila dalam 1000 hari pertama ini pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak optimal, maka berbagai masalah mungkin akan anak hadapi di masa remaja dan dewasanya. Tentu Mom tak mau hal itu sampai terjadi pada anak tercinta.

2 dari 2 halaman

Begitu pun sebaliknya, bila pertumbuhan dan perkembangan bayi berlangsung sukses dan optimal pada 1000 hari pertama, maka akan terciptalah sumber daya manusia yang unggul dan berbakat di masa depan.

Dalam pengoptimalan 1000 hari pertama kehidupan anak ini, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ibu adalah nutrisi untuk bayi. Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dengan ASI eksklusif dari ibu selama 6 bulan. Itulah pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak. Semoga anak tumbuh dengan baik, Mom.

Beri Komentar