Ini Cara Melatih Kemampuan Sosialisasi Anak di Masa Pandemi

Reporter : Riza Umami
Rabu, 5 Mei 2021 06:17
Ini Cara Melatih Kemampuan Sosialisasi Anak di Masa Pandemi
Berikut ini Mom caranya.

Masa pandemi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Mom apalagi untuk masa pertumbuhan buah hati. Salah satu yang berpengaruh mungkin adalah waktu anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Mereka mungkin jadi sulit atau jarang berkumpul serta bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Anak lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah yang tentunya mereka pun juga bisa bosan dan sangat ingin bermain bersama teman-temannya. Dilansir dari postingan di akun Instagram @parentalk.id, berikut ini ada beberapa cara untuk melatih kemampuan sosialisasi anak di masa pandemi.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © shutterstock

Yang pertama, ibu bisa mengatur jadwal untuk playdate. Playdate ini yaitu ketika anak diajak bermain dengan teman sebayanya dan ibu bisa membatasi berapa anak yang bisa datang dalam sekali playdate. Mom bisa melakukan playdate ini satu minggu sekali untuk anak dengan memilih teman terdekatnya.

Yang kedua, Mom perlu menyiapkan tempat dan material yang akan dibutuhkan oleh anak. Sebisa mungkin hindari bertemu dengan teman anak di tempat umum seperti taman, mall atau yang lainnya. Akan lebih baik jika tempat bermain ini dibuat di rumah saja misalnya ibu bisa menyulap ruang tamu jadi tempat bermain untuk anak-anak. Sediakan mainan-mainan yang mungkin akan dibutuhkan oleh buah hati.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © freepik.com/fwstudio

Yang ketiga, siapkan kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Kalau memang ada rencana untuk playdate, coba untuk menyiapkan kegiatan menyenangkan yang akan dia lakukan bersama dengan temannya misalnya mereka bisa main lempar tangkap bola, petak umpet dan permainan yang lainnya.

Yang terakhir, ibu pun tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Ibu perlu secara rutin membersihkan tempat bermain dan mainan-mainan anak. Kemudian, ajari dia bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Lalu, ibu juga bisa menyiapkan air purifier agar udara lebih bersih untuk anak-anak. Itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan, selamat mencoba!

Beri Komentar