Heran deh, Kenapa ya Kenangan Masa Kecil Itu Sering Dilupakan?

Reporter : Mila
Rabu, 18 Maret 2020 06:00
Heran deh, Kenapa ya Kenangan Masa Kecil Itu Sering Dilupakan?
Meskipun udah diingat-ingat, tapi tetep aja banyak hal yang sudah dilupakan.

Waktu ditanya kenangan masa kecilnya, sebagian besar orang pasti cuma bisa mengingat sedikit memori, atau bahkan nggak ingat sama sekali. Yap, sebagian besar orang memang cuma punya segelintir ingatan pada tahun pertama hingga tahun ketiga hidupnya.

Hal ini oleh Bapak Psikoterapis, Sigmund Freud, disebut sebagai infant amnesia atau amnesia bayi. Apa sih yang menyebabkan kita mengalami amnesia ini?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Foto Masa Kecil © Diadona

Menurut Sigmund Freud, manusia nggak bisa mengingat masa kecilnya karena perkembangan otak waktu masih bayi memang belum optimal atau belum cukup kompleks untuk mengingat lebih banyak hal dan masih membuat hubungan-hubungan syaraf yang diperlukan kelak.

Nah, baru deh saat memasuki umur 3 tahun, kemampuan otak akan berkembang secara signifikan.

Freud menambahkan bahwa amnesia bayi merupakan cara agar bayi melupakan semua trauma psikoseksual saat lahir dan awal-awal masa kehidupannya.

2 dari 2 halaman

Walaupun kemungkinan anak mengingat kejadian-kejadian itu minim, tapi tetep penting bagi orangtua meluangkan waktu mereka bersama anak. Misalnya pergi ke kebun binatang bersama. 

Meskipun nantinya mereka nggak inget sama momen itu, tapi mereka masih bisa mengingat hal-hal umum seperti apa itu kebun binatang dan apa-apa saja nama binatang di dalam sana.

Selain itu, agar ingatan anak sedikit terpancing, orangtua juga bisa lho menceritakan kejadian masa kecil anak. Meskipun nggak sepenuhnya teringat, setidaknya mereka masih memiliki bayangan kejadian tersebut.

Bagaimana denganmu? Berapa banyak kejadian masa kecil yang kamu benar-benar ingat?

Beri Komentar