Cara Membuat Baju untuk Anak dan Orang Dewasa, Sederhana tapi Tetap Eye Catching Saat Dipakai

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 19 Agustus 2020 07:08
Cara Membuat Baju untuk Anak dan Orang Dewasa, Sederhana tapi Tetap Eye Catching Saat Dipakai
Daripada harus keluarkan kocek banyak, berikut cara membuat baju untuk anak-anak maupun keluarga.

Pernah nggak sih kamu terpikiran untuk membuat baju sendiri di rumah? Yaps, selain lebih hemat kamu juga bisa menentukan desain yang diinginkan. Bahkan, kamu juga bisa menjadikan baju buatanmu memiliki nilai jual tinggi.

Akan tetapi, tidak semua orang paham bagaiaman cara membuat baju di rumah. Pasalnya, mereka telah beranggapan bahwa membuat baju sendiri harus memiliki krativitas yang tinggi.

Eits, nggak usah khawatir, sebab kamu akan belajar cara membuat baju di rumah dengan membaca ulasan kami yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk, baca selengkapnya!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis

Cara Membuat Pola Baju Gamis © Diadona

Bagi para wanita muslim, menggunakan gamis di kehidupan sehari-hari tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan, saat ini pun sudah banyak model-model gamis lainnya yang dijual di toko pakaian.

Sehingga, wajar saja kalo sekarang banyak sekali perempuan yang penasaran dengan cara membuat pola baju gamis. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Membuat pola baju gamis sebenarnya banyak macamnya, mulai dari gamis modern hingga baju gamis klok. Tapi, buat kamu yang masih pemula, maka gamis sederhana bisa dijadikan awal mencoba untuk cara membuat baju.

1. Langkah pertama cara membuat baju gamis ialah, siapkan model gamis yang ingin kamu buat supaya kamu bisa membuat polanya dengan lebih gampang.

2. Persiapkan bahan dasar gamis serta bahan tambahanlaiinya untuk menyempurnakan hasil dari gamis buatanmu, seperti kancing atau risleting.

3. Kemudian, kamu bisa memilih jenis kain mulai dari satin, chifon, linen, katun rayon, balotelli, hingga wolvis, sebagai bahan dasar cara membuat baju gamis.

4. Kalau kamu memilih menggunakan kain chifon, kamu bisa menambahkan kain furig pada gamis supaya tidak panas saat digunakan di luar ruangan ber-AC.

Setelah membuat pola baju gamis dan menentukan ukurannya, sekarang saatnya kamu memotong bahan kain menggunakan gunting khusus supaya hasil guntingan yang didapat terkesan rata dan halus saat cara membuat baju.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Desain Baju

Cara Membuat Baju © Diadona

Mungkin ada yang beranggapan, bahwa membuat desain baju sendiri itu membutuhkan bakat yang umumnya bakat bawaan lahir. Namun, untuk hal itu kita semua kurang setuju, sebab kamu juga bisa belajar cara membuat baju di rumah.

Lalu, bagaimana cara membuat desain baju sederhana untuk orang dewasa? Simak ulasan berikut ini.

1. Pikirkan Apa yang Kamu Representasikan dalam Desain Baju Tersebut

Langkah pertama cara membuat baju sendiri adalah pikirkan bagaimana hasil yang diperoleh setelah kamu membuat rancangan baju. Artinya kalau kamu berniat untuk mempromosikan sebuah tim olahraga, merk tertentu, ataupun perusahaan, maka kamu harus fokus kepada logonya.

2. Berikan Dimensi pada Gambar

Meskipun desain yang kamu buat sudah berwarna tapi tanpa dimensi, tentunya desain tersebut akan terlihat datar. Sehingga, salah satu cara membuat baju yang tidak boleh terlewatkan adalah dengan menciptakan  dimensi pada desain yang kamu buat tersebut, seprti menambahkan warna di bagian bawah desain.

3. Seimbangkan Desain

Cara membuat desain baju selanjutnya ialah penyeimbangan desain dengan menggabungkan seluruh elemen atau bagian visual, dengan begitu desain yang kamu buat akan menjadi desain yang utuh.

Namun perlu diingat, bahwa cara membuat baju yang satu ini harus memiliki desain yang seimbang, sebab untuk menarik perhatian.

4. Desain Typography Style

Hal yang paling mudah saat cara membuat baju sendiri adalah dengan memakai tulisan, akan tetapi tugas beratnya yaitu bagaimana kamu memilih font lalu mengkombinasikan font-font supaya terlihat tetap eye catching.

5. Gunakan Aplikasi Desain Kaos

Pada umumnya, untuk membuat desain baju bisa kamu permudah dengan menggunakan aplikasi atau software desain seperti adobe photoshop dan coreldraw. Dengan begitu, cara membuat baju di rumah pun akan terasa lebih simple dan praktis.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Pola Baju Anak

Cara Membuat Baju © Diadona

Membuat baju sendiri memang bukanlah perkara yang mudah untuk para pemula. Pasalnya, membuat baju butuh keterampilan, kesabaran, dan ketelitian yang tinggi. Seperti halnya cara membuat pola baju anak.

Meski buat para orangtua yang tidak bisa menjahit, namun cara membuat baju kalau terus dilatih tentu bisa membuatmu lebih hemat dalam urusan keuangan. Bahkan, kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagia bisnis di rumah.

Nah, kalau kamu penasaran dan ingin mencoba cara membuat baju untuk anak ataupun keluarga, berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama cara membuat pola baju anak dengan cepat ialah kamu bisa menjiplak pola menggunakan baju anak yang sudah tidak terpakai namun masih pas digunakan.

2. Selanjutnya, bedah bagian-bagian jahitan yang diperlukan dengan cutter, seperti lengan, bagian depan dan belakang, dan kerah jika ada.

3. Kemudian setrika bedahan baju supaya mudah untuk dijiplak. Cara membuat baju berikutnya ialah tempelkan potongan-potongan baju tersbeyt pada kertas pola dan mulailah untuk menjiplaknya dengan pensil. Gampang, kan?

Itulah cara membuat baju sendiri di rumah untuk anak maupun keluarga agar lebih hemat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar