Bukan Cuma Berwajah Mirip, Ini nih Jenis-jenis Anak Kembar yang Jarang Diketahui

Reporter : Mila
Senin, 23 Maret 2020 10:00
Bukan Cuma Berwajah Mirip, Ini nih Jenis-jenis Anak Kembar yang Jarang Diketahui
Ternyata ada 6 jenis anak kembar yang ga banyak orang tau nih!

Punya bayi kembar memang bisa jadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tua. Selain punya wajah yang mirip atau sering disebut dengan kembar identik, ternyata anak kembar itu punya banyak jenis.

Apa aja sih jenis-jenis anak kembar yang ada di dunia ini? Simak yuk!

1 dari 6 halaman

Kembar Siam

Mungkin kamu sering dengar ya istilah ini. Kembar siam adalah kondisi monozigot yang nggak terpisah satu sama lain karena ovum nggak dibuahi dengan lengkap. Hal ini membuat anak kembar siam lahir dengan kondisi organ, jaringan, atau bagian tubuh lain yang menyatu.

2 dari 6 halaman

Kembar Superfetasi

Kondisi ini bisa dibilang cukup langka. Kembar superfetasi singkatnya adalah pembuahan saat bumil sudah mengandung janin lain. Jadi ibu akan hamil dua janin dengan pembuahan yang berbeda dalam waktu bersamaan. keren ya!

3 dari 6 halaman

Kembar Identik Beda Jenis Kelamin

Ilustrasi Anak Kembar © Diadona

Umumnya kembar identik akan punya jenis kelamin yang sama karena mengandung kromosom yang sama. Tapi di beberapa kasus bakl kromosom salah satu bayi akan berubah, sehingga terjadi kembar identik beda jenis kelamin.

4 dari 6 halaman

Kembar Beda Ras

Fenomena kembar beda ras pernah terjadi pada tahun 2005. Kembar beda ras biasanya bisa terjadi pada bayi yang melalui proses IVF atau bayi tabung. Hal ini karena kedua janin yang berkembang mewakili ras atau gen dari masing-masing orangtuanya. 

5 dari 6 halaman

Kembar Ulang Tahun Berbeda

Kenapa anak kembar ulang tahunnya bisa beda? Hal yang paling umum terjadi karena biasanya ibu melahirkan pada tengah malam, akhir bulan, atau akhir tahun. Sehingga anak yang terlahir punya tanggal lahir yang berbeda.

6 dari 6 halaman

Kembar Cermin

Ilustrasi Anak Kembar © Diadona

Pernah denger istilah kembar cermin? Kembar cermin terbentuk dari sel telur tunggal yang terbelah secara lambat. Karena proses pembelahan yang lambat itu, janin akan berkembang secara asimetris terbalik. Biasanya anak kembar cermin punya kekurangan atau kelebihan yang berlawanan satu sama lain. Misal, yang satu kidal, yang satunya nggak. Atau yang satunya punya tanda lahir sebelah kanan, yang satunya lagi punya tanda lahir sebelah kiri.

So, udah paham kan sekarang? Kalau si kecil termasuk kembar yang mana, mom?

Beri Komentar