Bentuk Sepatu Bisa Mempengaruhi Cara Berjalan Anak, Jangan Asal Beli Moms!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 25 Juni 2020 07:37
Bentuk Sepatu Bisa Mempengaruhi Cara Berjalan Anak, Jangan Asal Beli Moms!
Jangan sembarang pilih sepatu Moms!

Mendandani anak dengan berbagai macam gaya bisa menjadi bagian paling menyenangkan bagi para orang tua. Kita tentunya selalu ingin anak kita terlihat berpenampilan baik saat kita mengajak mereka jalan-jalan atau bahkan saat mereka di sekolah. Tapi penting untuk kita sadari bahwa kenyamanan anak adalah hal yang utama!

Sepatu menjadi salah satu benda yang perlu dimiliki oleh anak-anak. Sekolah pun mewajibkan anak untuk menggunakan sepatu sebagai alas kaki. Nggak jarang anak pun mungkin merengek karena ingin memiliki sepatu dengan model kekinian agar nggak ketinggalan zaman.

Tapi tahu nggak sih kalau bentuk sepatu itu bisa mempengaruhi cara berjalan hingga pertumbuhan tulang anak?

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak sekolahilustrasi anak sekolah © chatelaine.com

Dilansir dari Practical Parenting, setiap hari anak-anak menggunakan sepatu sekolahnya untuk berlari, menendang, melompat, dan bermain. Melihat hal ini, sangat penting bagi anak untuk menggunakan sepatu yang ngga hanya nyama aja tapi juga bisa mendukung perkembangan yang sehat dari kaki anak yang sedang tumbuh.

Sepatu sekolah yang nggak pas dan memadai bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Sepatu bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang, gaya berjalan, postur, sakit kaki, dan lain sebagainya.

Tentunya kita nggak ingin dong anak mengalami masalah kaki karena sepatu? Untuk itu, dr. Lloyd Reed, ahli penyakit kaki, memberikan beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memilih sepatu anak.

2 dari 4 halaman

Mengukur kaki anak dengan benar

Kita pasti ingin jari-jari anak merasa nyaman saat melakukan aktivitas sepanjang hari. Untuk menentukan sepatu yang cocok dan tepat, pastikan kaki kiri dan kanan anak diukur secara profesional.

Mulai panjang, lebar, kecucukan, dan bentuk keseluruhan harus terukur. Saat membeli sepatu, pastikan untuk melihat apakah ada sekitar 1 cm ruang di luar jari kaki terpanjang.

3 dari 4 halaman

Tumit dan kaki

Ilustrasi Anak SekolahIlustrasi Anak Sekolah © shutterstock

Jangan lupa untuk memperhitungkan area tumit. Kita bisa menyisipkan plastik kecil yang digunakan untuk memberkuat tumit sepatu. Biasanya bagian ini dirancang untuk menahan kaki pada tempatnya.

Tanpa adanya dukungan kuat di sekitar pangkal pergelangan kaki yang mengelilingi tumit maka sepatu nggak akan bisa menopang kaki dengan bail. Makanya kita harus memperhatikan hal ini.

4 dari 4 halaman

Cocokkan jenis sepatu dengan aktvitas

Kita harus memperhatikan aktivitas dan gaya hidup anak setiap harinya. Selanjutnya kita bisa tahu sepatu apa yang cocok untuk digunakan oleh anak.

Pastikan untuk memilih sepatu yang memiliki dukungan yang bagus di tumit dan fleksibel di kaki depan. Selain itu kita juga sebaiknya memilih sepatu yang ringan dan tahan lama untuk mengimbangi energi anak yang nggak ada habisnya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu ya!

Beri Komentar