Beberapa Tanda Bayi dalam Masa Tumbuh Gigi yang Perlu Mom Ketahui

Reporter : Riza Umami
Senin, 4 Januari 2021 14:17
Beberapa Tanda Bayi dalam Masa Tumbuh Gigi yang Perlu Mom Ketahui
Ini tanda-tandanya.

Bayi yang akan atau sedang dalam masa tumbuh gigi biasanya akan jadi rewel meski biasanya selalu riang dan ceria. Untuk memastikan hal tersebut, ibu pun sebaiknya memeriksa gusi anak bagian bawah dan atas untuk mengetahui apabila memang gigi anak sudah mulai tumbuh.

Dilansir dari laman klikdokter.com, gigi susu pada anak ini biasanya akan tumbuh sejak usia 6-9 bulan dan bakal jadi sempurna ketika usia si kecil sudah mencapai 3 tahun. Kemudian, akan dilanjutkan dengan penyempurnaan pertumbuhan pada akar gigi di usia 3-5 tahun setelah mahkota gigi susu anak muncul semua.

1 dari 5 halaman

Pada masa tumbuhnya gigi susu anak ini akan terjadi peradangan di sekitar gigi yang juga memunculkan beberapa tanda pada si kecil, yang paling sering terjadi yaitu anak yang tiba-tiba jadi rewel. Kira-kira selain itu, apa saja ya Mom tanda-tanda gigi anak mulai tumbuh ini? Berikut ulasannya.

1. Air Ludah Anak Berlebih

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Pertumbuhan gigi susu ini akan merangsang makin banyak air ludah yang diproduksi. Oleh sebab itu, ibu akan menjumpai baju anak jadi lebih basah daripada biasanya karena terkena air ludahnya ini. Untuk mengatasi hal ini, ibu hanya perlu menyeka bagian mulut dan dagu anak menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan air ludahnya.

2 dari 5 halaman

2. Ruam Karena Tumbuh Gigi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Anak yang lagi tumbuh gigi biasanya air ludahnya berlebih terus menetes. Hal ini pun mengakibatkan kulit di bagian dagu dan mulutnya kemungkinan bisa lecet, kasar, kemerahan atau kering. Nah untuk menghindari hal itu, ibu perlu sering-sering mengelapnya dengan kain lembut agar tak sampai iritasi dan bisa juga mengoleskan pelembab khusus untuk kulit bayi yang iritasi.

3. Batuk Bahkan Sampai Muntah

ilustrasi bayi © Diadona

Air ludah yang berlebihan pada mulut bayi ini ternyata juga bisa menyebabkan si kecil jadi batuk bahkan sampai membuatnya mual dan refleks muntah. Namun, tandanya hanya batuk saja dan si kecil pun tak sampai terkena pilek ataupun juga flu sehingga Mom tak perlu terlalu khawatir.

3 dari 5 halaman

4. Anak Jadi Menggigit-gigit

ilustrasi bayi main © Diadona

Tekanan yang berasal dari gigi yang akan menembus gusi anak ini membuat buah hati jadi merasakan sesuatu yang tak nyaman di dalam mulutnya. Bayi pun jadi menggigit-gigit apa saja yang bisa dia gigit. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan mainan teether atau bisa juga empeng.

5. Rewel Sampai Menangis

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Tanda-tanda yang paling sering dijumpai pada anak yang lagi tumbuh gigi ini adalah ia jadi tiba-tiba rewel, merengek bahkan sampai menangis tanpa alasan yang jelas. Hal ini disebabkan karena anak merasakan sesuatu yang tak nyaman yaitu peradangan pada gusinya. Saat muncul gigi pertama ini pun rasanya akan sangat sakit bagi buah hati karena ukurannya yang lebih besar. Namun, anak pun akan beradaptasi pada gigi-gigi yang selanjutnya tumbuh.

4 dari 5 halaman

6. Bayi Jadi Mudah Marah

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Karena si kecil merasakan hal yang tidak nyaman bahkan sakit di dalam mulutnya untuk beberapa jam, biasanya selain rewel dia pun akan jadi mudah marah terutama pada Mom. Kalau sudah begini, ibu pun tak perlu ikut terbawa emosi dan cukup bersabar karena ini adalah hal yang wajar. Namun, pada sebagian anak mereka tak sampai jadi mudah marah begini.

5 dari 5 halaman

7. Tak Mau Makan

Ilustrasi Bayi Flu © Diadona

Terakhir, ada sebagian bayi yang sampai menolak untuk makan saat lagi proses tumbuhnya gigi ini. Hal ini disebabkan karena gerakan menyedot susu ini ternyata bisa menambah rasa sakit atau tak nyaman di dalam mulutnya. Bayi pun jadi tak mau makan meski ia sedang dalam kondisi lapar. Kalau hal ini berlangsung cukup lama, sebaiknya ibu berkonsultasi pada dokter anak.

Nah, itulah beberapa tanda ketika bayi dalam masa akan atau sedang tumbuh gigi susu. Semoga dengan mengetahui beberapa tanda ini, ibu tak sampai kebingungan ketika menghadapi situasi yang demikian dan lebih mengerti keadaan yang dialami oleh anak. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar