5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Punya Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 18 Januari 2020 10:00
5 Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Punya Anak
Memiliki anak adalah keputusan besar dalam hidupmu.

Setiap pasangan yang menikah pasti ingin memiliki anak suatu hari nanti. Biasanya alasan seperti pekerjaan, menunggu waktu yang tepat, bahkan belum merasa siap menjadi orangtua menjadi beberapa alasan yang membuat para pasangan menunda memiliki buah hati.

Menjadi orangtua tidak pernah membuatmu merasa benar-benar siap untuk melakukannya. Banyak pasangan yang merasa tidak yakin dengan dirinya sendiri untuk memiliki seorang anak. Padahal banyak juga dari mereka yang merasa bahwa memiliki anak adalah keputusan terbaik dalam hidup mereka.

Dilansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

1 dari 5 halaman

Alasan punya anak

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © Nyana Stoica/unsplash.com

Salah satu pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri saat kamu ingin punya anak adalah mengapa kamu mau melakukannya. Memiliki anak terkadang dapat memaksa seseorang untuk mengubah hidup mereka secara total. Hal ini tidak bisa kamu jalani hanya karena kamu merasa terpaksa. Untuk itu kamu harus menemukan alasan yang tepat mengapa kamu ingin punya anak.

2 dari 5 halaman

Hidup bukan hanya tentang dirimu lagi

ilustrasi orangtua dan bayiilustrasi orangtua dan bayi © shutterstock/theladders.com

Punya anak akan mengubah hidupmu secara total. Kamu mungkin akan kehilangan waktu untuk hal lain seperti sekolah, jalan-jalan keliling dunia, bahkan pekerjaan impianmu. Kamu tidak bisa lagi hanya memikirkan dirimu sendiri. Hidupmu akan benar-benar berubah dan prioritasmu akan mulai bergeser untuk memenuhi kebutuhan anakmu. Apakah kamu siap melakukannya?

3 dari 5 halaman

Kehilangan waktu dengan teman

Ilustrasi Liburan Bersama TemanIlustrasi Liburan Bersama Teman © 2020 https://www.diadona.id / @pexels

Saat kamu memutuskan untuk memiliki anak, mungkin hal itu juga akan mengubah lingkungan pergaulanmu. Kamu tidak punya lagi banyak waktu untuk bermain bersama teman-temanmu. Jika kamu adalah satu-satunya orang yang memiliki anak dalam lingkaran pertemananmu, kamu akan kesulitan untuk mengobrol lagi dengan mereka. Mungkin mereka masih membahas film atau musik terbaru, sementara pikiranmu sudah penuh dengan bayi dan anak-anak. Mereka juga akan sulit memahami apa yang kamu katakan karena belum pernah mengalaminya.

4 dari 5 halaman

Hubungan yang baik dengan pasangan

Ilustrasi pasangan ngobrolIlustrasi pasangan ngobrol © nbcnews.com

Jika kamu memutuskan untuk memiliki anak dengan pasanganmu, pastikan hubungan kalian dalam keadaan yang baik dan sehat. Anak akan menjadi penghubung di antara kalia berdua. Jika kalian tidak sepaham dengan keinginan untuk memiliki anak maka hal itu akan terasa berat saat dijalani. Selain itu, perlu kamu ingat bahwa memiliki anak tidak pernah menjadi pilihan untuk memperbaiki hubungan yang hancur.

5 dari 5 halaman

Kesehatan dan keuangan

Ilustrasi Meminjam UangIlustrasi Meminjam Uang © 2020 https://www.diadona.id

Memiliki anak adalah keputusan besar yang harus kamu pertimbangkan baik-baik. Ini bisa mempengaruhi kehidupanmu dari segi kesehatan dan keuangan. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat untuk memulai program kehamilan. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan tabungan karena memiliki anak membutuhkan biaya yang cukup besar.

Beri Komentar