4 Manfaat Mengatakan 'Tidak' pada Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 5 Mei 2021 07:37
4 Manfaat Mengatakan 'Tidak' pada Anak
Menolak permintaan anak juga perlu dilakukan lho, Moms!

Setiap orang tua tentu menyayangi dan ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tapi di saat yang sama, kita juga nggak ingin membuat anak mengembangkan sikap manja dalam diri mereka.

Masih banyak orang tua yang sulit mengatakan 'tidak' pada anak-anaknya sendiri. Kita seringkali nggak tega menolak permintaan anak, apalagi saat mereka sudah melancarkan rengekan dan tangisan.

Padahal menolak keinginan anak juga bisa sekaligus membangun kepribadian yang kuat dalam diri mereka lho, Moms! Dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa manfaat mengatakan 'tidak' pada anak.

1 dari 4 halaman

Anak Lebih Disiplin

ilustrasi anak marahilustrasi anak marah © freepik.com

Mengatakan 'tidak' pada anak adalah salah satu cara untuk menetapkan batasan bagi mereka. Anak akan belajar bahwa mereka harus tetap berada dalam batasan dan akan mendapat konsekuensi jika melanggarnya.

Tapi sebelum mengatakan 'tidak' untuk mendisiplinkan anak, kita harus punya alasan yang tepat untuk dijelaskan pada mereka. Dengan begitu, anak bisa lebih disiplin dan menerima bahwa mereka nggak bisa selalu mendapatkan apa yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Membangun Kepercayaan Diri

Ilustrasi Anak TertawaIlustrasi Anak Tertawa © shutterstock.com/piyapong tulachom

Kita nggak akan membantu anak memiliki rasa percaya diri jika kita terus membenarkan apa yang mereka lakukan. Kita perlu mendorong anak untuk melakukan sesuatu sendiri dan beberapa kali perlu mengatakan 'tidak' pada mereka.

Pada awalnya, anak mungkin akan merasa kecewa dan sedih dengan penolakan kita. Namun kita harus memotivasi mereka agar bisa mencari solusi sendiri.

3 dari 4 halaman

Anak Bisa Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

ilustrasi anak marahilustrasi anak marah © Shutterstock.com

Mainan menjadi benda yang sering diminta oleh anak-anak. Sebagai orang tua, kita kadang perlu menjelaskan pada anak bahwa mereka mungkin nggak membutuhkan hal itu karena sudah memilikinya di rumah.

Jelaskan pada anak bahwa kesenangan membeli mainan baru nggak akan bertahan lama. Dengan begitu, anak akan mulai belajar membedakan keinginan dan kebutuhannya.

4 dari 4 halaman

Anak Tumbuh Menjadi Lebih Sabar

ilustrasi anak mandiriilustrasi anak mandiri © 2019 https://www.diadona.id / @ kindercare

Menurut para ahli, menunda kepuasan adalah langkah penting menuju sukses. Banyak dari kita belajar bahwa saat dewasa, kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita.

Pelajaran ini juga harus diajarkan pada anak sejak dini. Memahami bahwa mendapatkan sesuatu membutuhkan proses akan membuat anak tumbuh menjadi lebih sabar.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar