12 Cara Membaca Alquran Sendiri yang Cepat, Baik dan Benar sampai Lancar untuk Pemula

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 10 Januari 2020 10:27
12 Cara Membaca Alquran Sendiri yang Cepat, Baik dan Benar sampai Lancar untuk Pemula
Ketahui cara membaca alquran dengan baik dan benar agar kamu cepat menguasainya dengan lancar

Alquran merupakan kitab suci umat islam. Ayat demi ayat diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. sebagai mukjizatnya untuk pedoman hidup para umatnya. Selain mendapatkan pahala, dengan membaca alquran pun kita akan mendapatkan manfaat lain seperti diangkat derajatnya, mendapatkan pertolongan Allah SWT di hari kiamat, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, penting bagi kita sebagai umat muslim untuk mengetahui bagaimana caa membaca alquran yang benar. Apalagi, kaum muda sekarang lagi tren-trennya berhijrah dengan harapan berubah menjadi umat muslim yang lebih baik.

Apalagi untuk kamu yang masih baru pertama kali ingin tahu bagaimana cara membaca alquran, sekaranglah kamu bisa memulainya. Jadi, gimana cara membaca alquran yang benar? Simak artikel berikut, ya!

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Belajar Membaca Alquran

Meskipun segala sesuatu itu butuh proses, nggak ada salahnya untuk mencari jalan pintas biar cepat menguasai. Begitu juga dengan mencari jalan cepat bagaimana cara membaca alquran. Gulir ke bawah untuk mengetahuinya, ya!

1. Menghafal dan Menguasai Huruf Alquran

Untuk bisa menguasai sesuatu, kita perlu mengetahui dasarnya. Pun dengan cara membaca alquran. Cara membaca alquran yang harus kamu kuasai adalah huruf-huruf alquran yang berjumlah 29.

2. Menguasai Tanda Baca Alquran

Jika sudah menguasai huruf-huruf alquran, cara membaca alquran selanjutnya adalah menguasai tanda bacanya. Tanda baca tersebut seperti fatha, dammah, kasrah, dan lain-lain. Dengan begini, kita bisa tahu cara membaca alquran dengan bunyinya.

3. Menguasai Hukum Tajwid

Cara membaca alquran dengan cepat yang ketiga adalah menguasai hukum tajwid yang ada di dalam alquran. Setelah menguasainya, tentu kamu butuh mempraktikannya agar bisa menguasai cara membaca alquran dengan sempurna.

2 dari 4 halaman

Cara Membaca Alquran Sendiri

Ilmu pada zaman saat ini bisa didapatkan di mana-mana. Apa yang ingin kamu pelajari pun nggak ada yang mustahil untuk diperoleh jika kamu benar-benar menginginkannya. Begitu juga dengan alquran. Nyatanya, kamu bisa menguasao bagaimana cara membaca alquran seorang diri alias otodidak.

Kamu bisa memulai cara bagaimana membaca alquran dengan meng-googling di internet. Atau, jika perlu kamu bisa pergi ke halaman Youtube agar bisa melihat video-video pun dengan penjelasannya.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudan dan cepat dalam menguasai bagaimana cara membaca alquran. Mulai dari pengenalan 29 huruf hijaiyah, tanda-tanda baca alquran, makharijul hurufnya dan bahkan tajwidnya.

Kamu juga bisa mengikuti bagaimana bunyi membaca alquran di video atau audio, dan cara membaca alquran selanjutnya adalah kamu merekam suaramu sendiri. Dengan begitu, ketika kamu mendengarkan rekaman suaramu kembali, kamu bisa mengetahui letak kesalahanmu sendiri dalam cara membaca alquran.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membaca Alquran yang Benar

Mempelajari cara membaca alquran nggak boleh sembarangan. Sebalinya, cara membaca alquran perlu dipelajari dengan benar. Gimana? Intip tulis berikut, yuk!

1. Meluangkan Waktu Membaca Alquran

Jika kamu memang niat, kamu harus meluangkan waktu untuk belajar cara membaca alquran meskipun sibuk. Kesungguhanmu nggak akan mengkhianati hasil, percaya, deh.

2. Mempraktikan Cara Membaca Alquran dengan Konsisten

Agar kamu dapat menguasai cara membaca alquran dengan lancar, kamu perlu mempraktikannya secara berkala. Dari waktu ke waktu, bagaimana cara membaca alquranmu pun akan berubah menjadi lancar dan semakin fasih.

3. Mencari Guru Ngaji

Cara membaca alquran yang benar adalah dengan memiliki seseorang yang ahli agar kamu nggak keliru. Mencari guru ngaji bisa menjadi solusi dalam membimbingmu menguasai cara membaca alquran yang benar dengan sempurna.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membaca Alquran yang Baik dan Benar

Masih kurang dengan tips-tips di atas? Tenang, masih ada 3 tips cara membaca alquran lainnya yang baik dengan benar. Yuk, gulir ke bawah!

1. Belajar Sungguh-sungguh

Mempelajari cara membaca alquran haruslah dengan sungguh-sungguh. Jadi, kamu nggak boleh putus asa kalau misalnya belum lancar-lancar juga membacanya. Bersungguh-sungguh pun berarti kamu nggak cukup hanya dengan usaha, tapi juga harus diiringin dengan doa.

2. Membaca dengan Tartil dan Stabil

Membaca alquran haruslah jelas di setiap bacaan hurufnya, yang disebut dengan Tartil. Di samping itu, kamu juga harus tahu bahga cara membaca alquran yang baik dan benar adalah dengan kecepatan yang stabil. Sebaiknya cara membaca alquran adalah dengan tidak terlalu cepat pun tidak terlalu lambat.

3. Mempelajari Isi Kandungan Alquran

Ada baiknya jika kamu sedang mempelajari bagaimana cara membaca alquran, pahami juga maksud dari bacaan alquran tersebut. Dengan niat itu, in sya allah bacaanmu akan semakin lancar dan fasih atas bantuan Allah SWT.

 

Begitulah 12 cara membaca alquran yang bisa kami bagikan. Kamu punya pengalaman menarik mengenai cara belajar alquran? Sharing di kolom komentar, dong!

Beri Komentar