Yuk Kenali Jenis PKM 5 Bidang dan Pengertiannya, Mahasiswa Wajib Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 15 September 2021 14:00
Yuk Kenali Jenis PKM 5 Bidang dan Pengertiannya, Mahasiswa Wajib Tahu nih!
Yuk ketahui jenis dan pengertiannya ya!

Kehidupan mahasiswa adlaah kehidupan yang sangat mengasyikan. Di fase ini lah kamu bisa mengeksplor banyak hal, baik itu yang formal atau pun sebaliknya. Salah satu yang formal adalah dengan mengikuti berbagai jenis PKM atau pekan kreatifitas mahasiswa ini.

Berbagai jenis PKM ini adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu kulaitas mahasiswa. Hal ini dilakukan agar nantinya seorang mahasiswa dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Ya, intinya, biar mahasiswa biar punya nilai jual yang lebih lah hehe. Ada beberapa 5 jenis PKM yang bisa kamu ikuti selama kamu mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Apa saja jenis tersebut? yuk simak uraian singkat yang dilansir dari laman ugm.ac.id di bawah ini:

1 dari 4 halaman

1. PKM-P (Penelitian)

Jadi ini adalah jenis PKM yang mempunyai program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. Misal, mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, pengembangan metode pembelajaran, inventarisasi atau eksplorasi sumber daya, modifikasi produk, atau merumuskan teknik pemasaran serta juga dapat berbentuk upaya pemecahan masalah humaniora.

2. PKM-K (Kewirausahaan)

Jenis PKM yang kedua adalah merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar.

2 dari 4 halaman

3. PKM-T (Teknologi)

Jenis PKM yang ketiga adalah merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemen atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil, menengah atau bahkan berskala besar. Ini menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.

4. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

Selanjutnya ada jenis PKM yang mempunyai program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif.

3 dari 4 halaman

5. PKM-KC (Karsa Cipta)

Terakhir, ada jenis PKM yang mempunyai program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

Jadi itulah 5 jenis PKM yang bisa kamu ketahui dan kemudian bisa kamu ikuti salah satunya. Biasanya program ini akan dilaksanankan serentak oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Jadi, tertarik ikut yangmana nih?

Beri Komentar