Yang Tidak Termasuk Nama Lain Alquran adalah

Reporter : Nasa
Jumat, 7 Januari 2022 09:31
Yang Tidak Termasuk Nama Lain Alquran adalah
Berikut ini adalah nama lain Alquran yang perlu kamu ketahui

Yang tidak termasuk nama lain Alquran adalah, mari simak ulasannya berikut ini. Nama lain Alquran adalah terdiri dari sejumlah sebutan yang dikenal oleh umat Muslim. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Alquran merupakan kitab suci umat Islam.

Di dalamnya, terdiri dari firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia.

Sebagai pedoman hidup bagi umat muslim, Alquran memiliki sejumlah sebutan nama lain yang sesuai dengan karakteristiknya. Seperti halnya kitab tertulis yang digunakan sebagai petunjuk dan juga rahmat dari Allah SWT.

Berikut ini merupakan nama lain dari Alquran yang perlu kamu ketahui :

1 dari 5 halaman

Al-Kitab (Kitab yang tertulis)

Nama lain Alquran yang pertama adalah Al-Kitab. Hal ini terdapat dalam Quran surat Al Baqarah ayat 2.

Al-Huda (Petunjuk)

Bagi umat islam, Alquran merupakan sebuah petunjuk dan pedoman dalam menjalani hidup. Hal tersebut tercantum pada QS. Al-Baqarah ayat 185.

Al-Furqan (Pembeda)

Alquran adalah pembeda hal baik dan hal buruk dalam menjalani kehidupan. Dengan membaca dan mengamalkan Alquran manusia sudah sewajarnya dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

2 dari 5 halaman

Ar-Rahmah (Rahmat)

Ar-Rahmat mengandung arti, Alquran akan melahirkan hikmah, rahmat, dan juga iman bagi manusia yang senantiasa berpegang teguh pada Alquran. 

Ar-Ruh (Roh)

Roh berarti menghidupkan sesuatu. Dalam hal ini Alquran dinilai sebagai roh untuk menghidupkan hati yang telah mati sehingga dapat lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Asy-Syifa (Obat)

Alquran diturunkan oleh Allah SWT sebagai penyembuh dan penawar beberapa penyakit pada umat manusia, seperti sombong, ragu, bahkan syirik. 

 

3 dari 5 halaman

Al-Haq (Kebenaran)

Al-Haq memiliki arti kebenaran. Segala yang tergantung dalam Alquran merpakan kebenaran, baik itu tentang kehidupan di dunia maupun kelak di akhirat. 

Al-Mauizhah dan Al-Bayan (Nasehat dan Penerangan)

Al-Muizhah memiliki arti nasihat dan AL-Bayyan memiliki arti penerangan. Kedua kata tersebut menjelaskan bahwa Alquran memberikan nasehat dan penerangan untuk umat manusia perihal mana yang baik dan buruk.

Adz-Dzikru (Pemberi Peringatan)

Alquran sebagai Adz-Dzikru bersifat memberikan peringatan kepada umat manusia yang sering hilaf dan lupa. 

4 dari 5 halaman

An-Nuur (Cahaya)

Alquran juga menjadi cahaya bagi kehidupan yang akan menuntun manusia menuju hal-hal kebenaran. 

Al-Burhan (Bukti Kebenaran)

Keseluruhan isi di dalam Alquran mengandung arti yang sebenarnya dan sudah dibuktikan akan kebenaran isi yang ada di dalamnya.

Al- Busyra (Berita Gembira)

Di dalam Alquran terkandung kabar gembira untuk seluruh umat manusia yang senantiasa beriman kepada Allah SWT. 

5 dari 5 halaman

Pertanyaan yang cukup sering muncul dalam soal ujian adalah seperti berikut ini :

Yang tidak termasuk nama lain dari Alquran adalah....

a. al-Huda.

b. al-Furqon.

c. al-Mizan.

d. al-Kitab.

e. asy-Syifa'

Dari pertanyaan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa jawabannya adalah c. al-Mizan yang bukan merupakan nama lain dari Alquran. Demikian ulasan terkait pertanyaan Yang tidak termasuk nama lain dari Alquran, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Beri Komentar