Viral Rate Card Kuli Bangunan Sampai Ada Riders-nya Juga, Ngalah-Ngalahin Seleb Nih!

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 2 Maret 2024 07:03
Viral Rate Card Kuli Bangunan Sampai Ada Riders-nya Juga, Ngalah-Ngalahin Seleb Nih!
Bersama kuli membangun negeri~

Di era yang semakin maju, teknologi juga semakin canggih. Bermunculan berbagai aplikasi yang diciptakan untuk membantu manusia mempermudah pekerjaannya. Oleh karena itu, saat ini hampir semua hal dapat dibuat secara digital. Contohnya, sebuah rate card yang terlihat dalam video yang menjadi viral di unggahan laman TikTok @bramgantenk.

1 dari 5 halaman

Rate Card Kuli © Diadona

Dalam video berdurasi 57 detik, terlihat rate card seorang kuli bangunan. Rate card berfungsi sebagai rincian harga dan deskripsi suatu layanan. Biasanya, rate card digunakan untuk keperluan promosi produk dalam industri iklan atau pemasaran melalui media digital.

Keberadaan rate card kuli bangunan juga tak kalah pentingnya dibandingkan dengan pekerja kantoran. Dalam rate card tersebut, terdapat informasi mengenai pengalaman kerja serta kemampuan yang dimiliki oleh kuli bangunan tersebut saat mendirikan struktur bangunan. Kreativitas ini menjadi inovasi baru di dunia digital.

2 dari 5 halaman

" Kreatif banget kuli Jawa,"  tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan, dikutip dari laman TikTok @bramgantenk.

Unggahan akun TikTok @bramgantenk menampilkan rate card berwarna cokelat. Di dalamnya, terdapat foto seorang pria bernama Mulyadi Prakoso. Pria asli Jawa tersebut menceritakan pengalamannya selama 6 tahun bekerja di bidang pertukangan.

Ia mengaku sudah terlibat dalam banyak proyek, termasuk pembangunan rumah, gedung, tol, dan perumahan. Dalam menjalankan pekerjaannya, pria tersebut juga menyatakan bahwa ia belum pernah mengalami kegagalan kecuali dalam hal rumah tangga.

3 dari 5 halaman

Rate Card Kuli © Diadona© TikTok @bramgantenk

Berdasarkan pekerjaannya, pria yang mengenakan baju biru panjang dan topi tersebut memamerkan foto saat ia sedang bekerja sebagai seorang kuli. Dia juga mencantumkan keahlian pekerjaannya, termasuk mengaci semen, mencangkul, kelistrikan, dan pemasangan batako.

Uniknya, dalam rate card itu juga tercantum riders atau permintaan khusus dari sang kuli. Ia meminta disediakan rokok, nasi padang, gorengan, dan minuman dengan merk tertentu yang jarang diketahui orang. Pria tersebut juga menetapkan harga sebesar Rp70 ribu per jam, Rp150 ribu per hari (8 jam), dan Rp5 juta jika mengerjakan bangunan sampai selesai.

4 dari 5 halaman

Ta k ayal, banyak netizen yang akhirnya salfok dengan video tersebut dan memberikan berbagai komentar.

" Normalize rate card kuli mulai sekarang,"  tulis salah satu akun.

" Tapi emang bagus kok hasilnya, gw dah nyoba,"  tulis yang lain.

" Bagus ini. Terus dibuatin aplikasi contoh 'Tukangmu' kek halodoc gitu, jadi kita bisa cari tukang tersebut,"  tambah yang lain.

" Ih pinter loh itu, perlu diapresiasi sekali, mengikuti perkembangan zaman,"  komentar netizen lainnya.

Beri Komentar