Viral Foto Passport Pakai Mahkota, Wanita Ini Mengaku Putri dari Sunda Empire!

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 23 Juni 2020 12:39
Viral Foto Passport Pakai Mahkota, Wanita Ini Mengaku Putri dari Sunda Empire!
Duh, ada-ada saja!

Sebelum Pandemi, kita sempat dihebohkan dengan Sunda Empire, setelah beberapa waltu abar tersebut surut, baru-baru ini netizen dihebohkan kembali dengan kabar terbaru terkait SE, yakni sebelum SE seterkenal sekarang, hingga masuk salah satu acara di statsiun TV swasta. Tepatnya pada 2007, dua wanita yang mengklaim sebagai anak pendiri Sunda Empire menghebohkan negara tetangga, Malaysia.

Kabar ini tentu dibenarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, yang menyebutkan keduanya ditahan karena melanggar aturan keimigrasian Malaysia dengan membawa pasport fiktif bertuliskan Sunda Empire yang tidak diakui oleh negara manapun.

 

1 dari 3 halaman

Lebih lanjut menurut Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya dari KBRI Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat saat dihubungi mengatakan hingga kini keduanya masih berada di tahanan imigrasi Malaysia.

Fathia Reza (36) dan Saudari Lamira Roro (34) memang ada di tahanan Imigrasi Malaysia sejak tahun 2007, ujarnya, Jumat (19/6/2020). Namun, mereka menolak mengaku sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan tetap bersikukuh mengaku sebagai warga negara SE.

Imigrasi Malaysia menyatakan status mereka sebagai stateless (tanpa kewarganegaraan), ungkap Agung.

Mereka ketika ditanya tidak mau mengaku sebagai WNI. Maunya diakui sabagai Warga Negara Sunda Empire. Ini sudah dilakukan setidaknya 3 kali interview, ujar Agung.

 

2 dari 3 halaman

 

Passport SUnda Empire © Diadona

Dalam dakwaannya, kedua gadis tersebut mempercayai jika mereka berasal dari Sunda Empire yang dikisahkan oleh kedua orang tuanya, Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum.

Oleh pihak kerabat, Rd Setiawati, juga tidak tahu menahu bagaimana bisa kedua keponakannya itu berada di Brunei Darussallam hingga ditangkap oleh otoritas Malaysia.

Situs berita thestar.com pada 2007 memberitakan soal dua perempuan perempuan membawa paspor Sunda Democratic Empire. Hanya saja, otoritas setempat kebingungan karena kerajaan SE tidak terdapaftar di Malaysia dan PBB.

 

3 dari 3 halaman

 

Saat diinterogasi, keduanya mengaku tinggal di Swiss dan hendak ke Jepang dari Brunei Darussalam namun belum sempat menginjakkan tanah negeri Matahari Terbit, keduanya sudah tertangkap saat mengendarai sepeda motor di perbatasan.

Keberadaan keduanya juga sempat diberitakan kembali pada 2014, lewat sebuah forum di cari.com tepatnya mforum1.cari.com/forum yang mengutip dari situs berita Metro Ahad.

Di kisahkan jika keduanya kini ditahan di Depoh Tahanan Imigresen Machap Umbo di Serawak sejak tahun 2007. Mereka adalah salah satu tahanan di 12 negara yang belum dipulangkan karena tidak bisa membuktikan status kewarganegaraan, tulis situs tersebut.

Beri Komentar