Pengertian Asosiasi dalam Perusahaan dan Majas, Beserta Tujuannya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 23 Juni 2020 10:24
Pengertian Asosiasi dalam Perusahaan dan Majas, Beserta Tujuannya
Asosiasi adalah kelompok sosial yang memiliki tujuan dalam ikatan tersebut.

Asosiasi adalah hubungan fungsional yang bisa dipelajari untuk mengidentifikasi elemen-elemen apa sajakah yang terkait dalam hubungan tersebut.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) asosiasi adalah perkumpulan orang yg mempunyai kepentingan bersama.

Singkatnya, arti dari asosiasi ialah persatuan antara rekan usaha. Merujuk dari pengertian tersebut, berbagai asosiasi bisa ditemukan dalam kehidupan bermasyarakat.

1 dari 5 halaman

Di Indonesia, contoh adanya asosiasi adalah Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, dimana sebuah kelompok yang melibatkan orang-orang yang berprofesi dokter se-Indonesia.

Tujuan di bentuknya asosiasi adalah berbeda-beda, tergantung dari bidang yang ditekuni oleh asosiasi tersebut. Misalnya seperti IDA (International Development Association) yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan menyediakan pinjaman bagi negara.

Nah, supaya kamu lebih paham dari arti asosiasi, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Majas Asosiasi

Asosiasi adalah © Diadona

Secara singkat, pengertian dari majas asosiasi merupakan sebuah gaya bahasa yang menjelaskan makna suatu hal dengan kata lain yang memiliki persamaan sifat.

Tujuan dari majas asosiasi adalah mengutarakan suatu ide atau gagasan yang menggunakan  peribahasa dalam membandingkan dua objek yang berbeda, sehingga penyampaiannya menjadi lebih menarik.

Sebab, pada dasarnya seseorang menggunakan majas ini untuk menyampaikan suatu ide dan gagasan kepada orang lain melalui perumpamaan. Adapun kata yang termasuk dalam majas asosiasi ialah seperti bagai, bagaikan, seperti, dan laksana.

Sedangkan ciri dari majas asosiasi adalah penggunaan kata laksana, bak, seperti, laksana dan sebagainya. Contohnya ialah seperti berikut:

- Paras anak kembar itu bak pinang dibelah dua.
- Kedua tetangga itu seperti anjing dengan kucing
- Larinya seperti kuda.
- Sekarang badanmu seperti tiang listrik.
- Tenaganya tak habis habis seperti superman.

3 dari 5 halaman

Entitas Asosiasi

Asosiasi adalah © Diadona

Entitas asosiasi adalah investor yang memiliki pengaruh signifikan dan bukan merupakan entitas anak ataupun bagian partisipan dalam ventura bersama.

Maksud dari pengaruh signifikan ialah kekuasaan yang berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan stratejik atas suatu entitas, namun tidak mengendalikan kebijakan tersebut.

Dengan begitu maksud tentang investasi pada entitas asosiasi adalah bentuk penyerahan modal kepada suatu entitas tertentu.

Sebab, pada umumnya, hubungan antar entitas dipengaruhi oleh investasi dalam bentuk saham, karena saham merupakan salah satu komponen yang masuk dalam kelompok ekuitas.

Sehingga kalau mendapatkan laba maupun rugi akan ditanggung oleh investor yang menanamkan dananya melalui saham tersebut.

4 dari 5 halaman

Perusahaan Asosiasi

Asosiasi adalah © Diadona

Perusahaan asosiasi adalah suatu perusahaan yang investornya mempunyai pengaruh dan bukan merupakan anak perusahaan maupun joint venture dari investornya.

Sedangkan arti dari joint venture ialah perjanjian kontraktual yang melibatkan dua atau lebih pihak-pihak untuk melaksanakan kegiatan ekonomi yang dikendalikan bersama.

Salah satu contoh perusahaan asosiasi adalah PT Tempo Digital Nusantara (TDN), yang merupakan perluasan penjualan Tempo Scan Group berbasis online, dan PT Beiersdorf Indonesia (BDF) perusahaan yang bergerak dibidang distribusi kosmetik atau kesehatan.

5 dari 5 halaman

Selain dalam lingkup domestik, asosiasi juga bisa ditemukan dalam lingkup internasional. Sebut saja ASEAN, sebuah asosiasi atau perhimpunan bangsa-bangsa se-Asia Tenggara, hingga PBB atau UNO, asosiasi yang merupakan perkumpulan seluruh negara di dunia.

Idealnya didirikannya asosiasi ialah untuk mencapai tujuan saling menolong dan saling mendukung. Sehingga, ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu alasan sebelum mendirikan suatu asosiasi tersebut.

Intinya, asosiasi adalah pembentukan hubungan antara ingatan, gagasan, atau kegiatan panca-indra lainnya.

Beri Komentar