Video Cek Sound di Pantai Balekambang Malang, Tanpa Protokol Kesehatan Gegerkan Netizen!

Reporter : Nasa
Rabu, 24 Juni 2020 15:36
Video Cek Sound di Pantai Balekambang Malang, Tanpa Protokol Kesehatan Gegerkan Netizen!
Dalam video itu para pengunjung berkerumun di pantai Balekambang, asik bergoyang tanpa peduli protokol kesehatan.

Sebuah video yang menunjukkan adanya sebuah event penuh kerumunan masyarakat di pantai Balekambang bikin geger netizen, Rabu (24/6/2020). Pada video itu, terlihat banyak orang berkerumun untuk menikmati event cek sound oleh sejumlah kelompok sound system.

Video itu diunggah oleh akun instagram @ngalamlop Rabu (24/6/2020), juga menunjukkan tak sedikit dari mereka yang berjoget-joget menikmati musik cek sound. Namun yang disayangkan, hampir tak ada yang menerapkan protokol kesehatan pada momen tersebut.

Dalam video berdurasi singkat tersebut, terdengar suara dentuman keras sound system yang berada di atas truk-truk. Bahkan juga terlihat kalau hampir tak ada yang menggunakan masker dalam video tersebut.

Kalau dari keterangan akun instagram @ngalamlop, momen dalam video tersebut digelar sekitar seminggu sebelumnya, sekitar pertengahan Juni. "Cek son minggu wingi," atau yang artinya "Cek sound minggu lalu," tulis akun @ngalamlop.

Karena yang diunggah adalah video Tiktok, di dalamnya juga terdapat tulisan "Balekambang horeg lurrr," yang dalam bahasa Indonesia berarti "Balekambang bergetar saudara," isi tulisan dalam video itu.

1 dari 6 halaman

      View this post on Instagram    

Cek son minggu wingi

A post shared by Bukan Akun Berita Malang (@ngalamlop) on

2 dari 6 halaman

Panen Kritikan Netizen

Tak lama setelah video tersebut diunggah, video tersebut langsung ramai dapat ratusan komentar netizen. Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah tayang 14.610 kali dan dapat 206 komentar netizen.

Kebanyakan dari mereka tentu melontarkan komentar pedas yang mengkritik gelaran event yang mengabaikan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19. Belum lagi, lokasi pantai Balekambang adalah bagian dari Kabupaten Malang Jawa Timur, yang masih menjadi zona merah.

" Gek ora nganggo masker..ora sosial distancing..engko nek mundak korbane di omong pemerintah sing salah..ditegesi pemerintah engko di omong ga pro rakyat..yo mugo ae selamet sak keluarga yo..sehat iku larang lho rek," kata akun @kokikoo18.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia " Dan tidak ada yang pakai masker.. tidak social distancing.. nanti kalau korbannya naik bilang pemerintah yang salah.. kalau pemerintah tegas nanti bilang gak pro rakyat.. ya semoga aja selamat sekeluarga ya.. sehat itu mahal loh," kata akun @kokikoo18.

" Corona senang melihat ini," timpal akun @dwiads.

" Cuman bisa ngecek yang positif di kab malang," kata akun @rebeccariestu.

Pantai Balekambang sendiri sebelumnya sunter diberitakan sebagai salah satu kawasan wisata yang ditutup oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang. Penutupan tersebut diberlakukan sejak 23 Maret hingga 5 April.

Namun setelah itu belum diketahui, terkait dengan penutupan kawasan wisata di pantai Balekambang yang masih ditutup atau sudah kembali dibuka aksesnya.

3 dari 6 halaman

Event Serupa di Desa Sumberputih

Selain video singkat tersebut, juga viral selebaran yang menunjukkan adanya acara serupa di Desa Sumberputih Kabupaten Malang. Event tersebut bertajuk 'The Power is Ombro Pertemuan Halal Bihalal'.

Kalau dari selebarannya, event tersebut digelar pada 14 Juni lalu. Lengkap dengan ketentuan peserta cek sound dan juga nomor panitia yang bisa dihubungi. Kemudian juga ada selebaran yang bisa menyebutkan daftar rinci kelompok sound system yang terlibat.

4 dari 6 halaman

Cek Sound Desa Sumberputih © Diadona

5 dari 6 halaman

Tapi hingga tulisan ini dibuat, belum diketahui apakah event di pantai Balekambang dan di Desa Sumberputih adalah event yang digelar oleh satu pengelola atau tidak. Namun dari video yang diunggah di youtube oleh sejumlah kanal, event di Desa Sumberputih digelar di sebuah lapangan luas.

Tapi event cek sound di Desa Sumberputih ini juga tak kalah dengan di Pantai Balekambang yang ramai dikerumuni masyarakat yang tak patuhi protokol kesehatan. Wah padahal Kabupaten Malang masih zona merah loh, kok pada abai semua gitu ya?

Beri Komentar