Ustaz Solmed Alami Kesulitan Ekonomi Selama Pandemi, Jual Mobil Sampai Pinjam Duit Istri

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 4 Mei 2021 14:40
Ustaz Solmed Alami Kesulitan Ekonomi Selama Pandemi, Jual Mobil Sampai Pinjam Duit Istri
Ustaz Solmed blak-blakan mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Ustaz Solmed dikenal sebagai sosok Ustaz yang cukup kondang di tanah air. Menjadi Ustaz yang kerap tampil di berbagai acara tv, Ustaz Solmed memiliki kehidupan bak selebritis tanah air.

Meskipun begitu, siapa yang menyangka jika suami dari April Jasmine ini pernah mengalami masa yang sangat sulit saat pandemi. Bahkan, ia sempat punya utang ratusan juta hingga menjual semua mobilnya ketika pandemi.

1 dari 4 halaman

Ustaz Solmded Kesulitan Ekonomi Saat Pandemi

April Jasmine dan Ustad Solmed © Diadona

Dalam acara Aksi Asia 2021 Indonsiar, Ustaz Solmed menceritakan bagaimana dirinya mengalami kesulitan ekonomi bersama April Jasmine saat menghadapi pandemi ini.

" Saya berharap semoga dia kelak menjadi istri saya sampai di surga dan menjadi ibu yang baik untuk anak-anak saya. Karenanya saat itu, hanya satu pertanyaan dari saya, maukah kamu bersama, dalam suka dalam duka? Ternyata pandemi ini membuktikan. Bahwa melewati ujian cobaan yang banyak dilewati oleh orang lain pun kami merasakannya," ungkap Ustaz Solmed.

Saking sulitnya, Ustaz Solmed mengaku sampai harus berhutang kepada istrinya karena benar-benar tak ada tabungan.

" Saya sampai harus meminjam uang kepada April hanya perkara Rp 200 ribu saya pinjem duit di masa pandemi ini. Saya pinjem uang Rp 500 ribu hanya untuk biaya berobat ibu yang saya gak punya lagi tabungan saat pandemi ini," kata Ustaz Solmed.

" Andai saat itu April ketika saya minta lalu mengatakan 'saya gak punya uang' saya tidak punya kuasa apa-apa untuk memaksanya. Tapi dia mengeluarkan semua tabungannya untuk mensupport saya agar saya bisa bertahan di tengah kebingunngan, kebimbangan, kegalauan," ucap Ustaz Solmed," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Jual Mobil

Ustaz Solmed dan April Jasmine © Diadona

Dalam masa yang sulit selama pandemi 2020 itu, Ustaz Solmed mengaku sampai harus menjual mobil untuk bisa bertahan hidup.

" Delapan bulan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Peristiwa kemarin mulai dari Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus September, Oktober, Mobil saya jual. Tagihan orang datang ke rumah, saya pergi cuma buat cari makan," ucapnya.

Tak hanya menjual mobil, Ustaz Solmed harus bekerja serabutan dengan menjual barang-barang bekasnya untuk bisa mencari nafkah.

" Saya temui teman-teman saya, saya jual Face Shield, saya jual Sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Mencatat Semua Utang ke April Jasmine

April Jasmine © Diadona

Ustaz Solmed sampai harus mencatat utang-utangnya kepada sang istri. Bahkan, dari yang nominalnya paling kecil hingga paling besar.

" Ya Allah, saya merinding membaca ini. Ustaz Solmed mencatat semua utang-utang Ustaz Solmed kepada istrinya di sini. Bahkan ada yang jumlahnya, mohon maaf, hanya Rp 300 ribu. Ada yang Rp 287 ribu. Total utangnya semua Rp 396.377.000," kata Ramzi sembari melihat catatan utang Ustaz Solmed di ponsel pribadinya.

Ustaz Solmed pun mengaku jika dirinya akan membayar semua utang kepada istrinya jika sudah memiliki rezeki.

" Aku selalu bilang sama Ustaz jangan pikir itu utang, jadi apa yang aku punya pakai aja. Karena Ustaz gak pernah tahu, aku selama ini jualan terus punya tabungan sendiri. Tapi ustaz bilang 'Nggak, aku akan catet semua, nanti kalau ada rezeki aku pasti bakalan balikin," ucap April Jasmine.

4 dari 4 halaman

Bangkit

Dengan tetap bersabar dan tawakal, Ustaz Solmed akhirnya bisa bangkit dari keterpurukan dan bisa kembali memiliki penghasilan.

" Dan pada akhirnya Allah SWT, ya bisa jadi karena doa orang tua doa kami, doa kita semua, saya dipertemukan dengan Syekh Kyai Haji Abdul Malik yang kemudian Alhamdulillah dengan seizin Allah SWT kami bangkit kami semangat. Dan itu semua adalah ujian," ucap Ustaz Solmed.

Beri Komentar