Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia dan Internasional yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Nasa
Kamis, 23 Desember 2021 08:24
Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia dan Internasional yang Perlu Kamu Ketahui
Sebelum membuat kartu nama, pahami standar ketentuan ukurannya berikut ini

Ukuran kartu nama di setiap negara ternyata berbeda-beda. Hampir setiap negara memiliki standar masing-masing yang tentunya disesuaikan dengan penggunaan tata bahasa yang lazim di negara tersebut.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, kartu nama adalah kartu yang digunakan untuk menunjukkan identitas seseorang atau perusahaan. Kartu nama dapat difungsikan sebagai tanda pengenal.

Melalui informasi dan beberapa hal dicantumkan pada kartu nama tersebut, kartu nama dapat dibuat sesuai kebutuhan. Data yang tertera dalam kartu nama harus tepat dan sesuai dengan standar yang lazim dipahami.

1 dari 5 halaman

Tujuan dan Fungsi Kartu Nama

Tujuan Kartu Nama

Kartu nama memiliki tujuan tertentu, untuk mempermudah menjalin relasi di berbagai bidang. Namun demikian, kartu nama juga dibuat sesuai dengan kebutuhan pembuat yang berbeda-beda. Berikut adalah tujuan kartu nama :

  • Untuk memperkenalkan diri kepada calon rekan bisnis atau orang yang penting bagi Anda. Kartu ini bisa mewakili informasi tentang identitas diri Anda.
  • Untuk memperkenalkan produk barang atau jasa dari perusahaan Anda. Dalam kartu nama sering tertera informasi tentang perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan menampilkan nama perusahaan, orang lain bisa akan bertanya industri apa yang dijalankan oleh perusahaan Anda.

2 dari 5 halaman

Fungsi Kartu Nama

Lebih lanjut, kartu nama juga memiliki fungsi yang dapat mewujudkan tujuan dari pembuat kartu nama. Meski terbilang menjadi hal yang sederhana, kartu nama ternyata memiliki beragam fungsi.

  • Tanda Pengenal Diri

Fungsi utama dari pembuatan kartu nama memang diperuntukkan sebagai tanda pengenal mengenai profil seseorang. Informasi mengenai biodata seseorang yang memiliki kartu nama dapat diketahui orang lain melalui informasi yang tersedia dalam kartu nama tersebut.

  • Sebagai Personal Branding

Kartu nama bisa meningkatkan personal branding Anda secara eksklusif. Personal branding sangat penting karena ini bisa mempengaruhi asumsi atau persepsi orang lain terhadap diri Anda. Membangun persepsi yang baik tentu sangat bagus bagi karir dan usaha Anda.

  • Perkenalan Lembaga atau Perusahaan

Kartu nama tidak saja digunakan untuk memuat informasi seorang individu. Namun sekarang ini telah banyak digunakan sebagai sumber informasi mengenai identitas sebuah instansi tempat Anda bekerja. Dengan kartu nama sebuah instansi dapat diketahui.

Mulai dari industri apa yang dijalankan, keunggulan perusahaan, alamat atau kontak yang dapat dihubungi sebagaimana yang tercantum dalam kartu nama.

  • Tanda Penguat

Penggunaan kartu nama oleh sebuah instansi atau perorangan sangat berpengaruh terhadap eksistensi perusahaan atau perorangan tersebut. Hal-hal yang dimuat dalam kartu nama berkenaan dengan kepercayaan orang lain terhadap keberadaan perusahaan atau instansi tersebut terutama dalam dunia bisnis.

  • Sebagai Bentuk Profesionalitas

Dalam usaha untuk mendapatkan rekan bisnis atau koneksi penting dalam karir Anda, kartu nama bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Jika Anda terkesan profesional, tentu orang akan semakin yakin untuk menjalin kerjasama dengan Anda.

Kartu nama berguna apabila suatu waktu Anda harus membandingkan profesionalitas seseorang atau instansi. Perorangan atau instansi yang memiliki kartu nama tentu mendapatkan poin yang lebih tinggi dibandingkan instansi lain yang tidak memiliki identitas legal seperti hal-hal yang berada dalam kartu nama.

  • Sebagai Alat Promosi dan Pemasaran

Saat Anda menyerahkan kartu nama kepada orang lain, tentu Anda berharap bisa menjalin koneksi atau hubungan bisnis dengan orang tersebut. Kartu nama berfungsi sebagai media promosi tidak hanya untuk Anda, tetapi juga pada produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

3 dari 5 halaman

Ukuran Kartu Nama

Ukuran kartu nama di setiap negara memiliki standar masing-masing yang sering di gunakan. Indonesia sendiri juga memiliki sejumlah ukuran kartu nama yang lazim digunakan dan kerap digunakan oleh orang-orang di berbagai bidang.

  • Ukuran 2″ x 3.5 ″ (5 cm x 8.8 cm)

Pilihan ukuran ini menempati urutan pertama karena inilah ukuran yang paling populer di Amerika serikat dan Kanada. Ukuran kartu nama ini adalah ukuran standar dari perancang kartu nama dan ukuran ini juga merupakan ukuran dari sebagian besar kartu nama yang saat ini Anda miliki atau Anda simpan.

Jika Anda bekerja di perusahaan yang cenderung masih mempertahankan work flow yang tradisional, ukuran ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda. Sebagian besar perusahaan sudah menyediakan kartu nama dengan ukuran 2” x 3.5” khusus untuk karyawan mereka, karena inilah ukuran paling umum yang digunakan para profesional industri.

  • Ukuran 2” x 2” (5 cm x 5 cm)

Ukuran kotak ini dapat menjadi pertimbangan apabila Anda menginginkan kartu bisnis atau kartu nama yang menonjol dan berbeda dari yang lain. Ukuran ini akan sangat pas bagi Anda yang bergerak di industri kreatif seperti industri seni, film, fotografi, desain grafis, butik, dsb.

Bentuk kartu yang unik dan simetris memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda di dalam desainnya. Kartu persegi ukuran 2” x 2” juga dapat menjadi pilihan untuk menciptakan kartu yang menarik dan modern.

4 dari 5 halaman

  • Ukuran 2.17” x 35” (5.5 cm x 8.5 cm)

Kartu ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran kartu nama standar di Amerika Serikat, tapi kartu inilah yang menjadi ukuran paling populer di Eropa. Ukuran ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang kerap melakukan bisnis internasional atau sering bepergian ke luar negeri.

Dalam kasus ini, Anda dapat mempertimbangkan pupa kartu berukuran 2” x 3.5” serta kartu berukuran 2.17” x 3.35”. Anda dapat memberikan sentuhan kreatif pada kartu ini, seperti membuat pernyataan dengan desain vertikal, atau menambahkan fitur khusus seperti sudut yang membulat maupun pemilihan kertas bertekstur sebagai bahan dasar kartu nama.

  • Ukuran 3.5“ x 4” (8.8 cm x 10.1 cm) dilipat menjadi 2” x 3.5” (5 cm x 8.8 cm)

Beberapa profesional ingin memasukkan banyak informasi pada kartu bisnis mereka. Pada kasus yang demikian, kartu nama lipat dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Jenis kartu yang trendi ini memiliki gaya yang modern dan menawarkan ruang ekstra untuk memberikan pernyataan berupa misi, foto atau detail penting lainnya.

Selain itu, kartu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kertas pengingat janji temu, yang biasa dijumpai pada kartu bisnis klinik gigi, dokter hewan, dokter kecantikan, dll. Anda bisa mencantumkan detail kontak di salah satu sisi, lalu menyematkan kalender janji temu di sisi lain.

  • Ukuran 1.75” x 3.5” (4.4 cm x 8.8 cm)

Kartu berukuran ramping menjadi pilihan yang juga populer bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas dalam kartu bisnis mereka. Kartu yang tergolong mini ini ramping, modern dan serbaguna.

Memang dengan desain yang kecil dan ramping, kartu ini hanya dapat memuat sedikit informasi dan sentuhan desain grafis. Jadi jika Anda ingin menarik perhatian tanpa menambahkan detail info dari layanan atau produk, mungkin kartu ini cocok untuk Anda.

Beri Komentar