Ciri Kebahasaan Teks Eskposisi, Struktur, Pengertian dan Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 1 Februari 2021 17:34
Ciri Kebahasaan Teks Eskposisi, Struktur, Pengertian dan Contohnya
Ciri kebahasaan teks eksposisi digunakan untuk mengidentifikasi jenis teks, mulai dari jenis kata dan kalimat yang digunakan

Ciri kebahasaan teks eksposisi adalah berisi informasi atau pengetahuan tertentu. Salah satu contoh yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari adalah berita.

Dikutip dari Merdeka, teks eksposisi merupakan sebuah tulisan atau paragraf yang mengandung informasi dan pengetahun dalam tulisan yang singkat, padat dan juga jelas. Informasi tersebut bersifat ilmiah dan non fiksi, sehingga bisa saja berkaitan dengan topik seputar ekonomi, pendidikan, penelitian dan masih banyak lagi.

Namun ada beberapa pendapat lain yang bilang kalau ciri kebahasaan teks eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang dibuat untuk menyampaikan gagasan berupa pemikiran mengenai suatu topik.

Beberapa jenis teks eksposisi antara lain:

  • Teks eksposisi definisi
  • Teks eksposisi proses
  • Teks eksposisi klasifikasi
  • Teks eksposisi pertentangan
  • Teks eksposisi Ilustrasi
  • Teks eksposisi Analisis
  • Teks eksposisi perbandingan
  • Teks eksposisi berita

Lebih lanjut mengenai teks eksposisi tersebut yuk simak dalam ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi dan Contohnya

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi © Diadona

Sementara itu, ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi yakni:

Memuat Infomasi atau Pengetahuan

Sudah tahu kan seperti apa contohnya? Bedakan dengan opini atau pendapat ya!

Penulisan yang Lugas, Padat, Singkat dan Jelas

Teks ekspoisis kudu memuta informasi dalam bentuk yang singkat dan padat tapi cukup jelas untuk dipahami. Untuk menulisnya suatu kalimat agar mengandung ciri kebahasaan teks eksposisi ini, diperlukan latihan dan pemahaman yang mendalam mengenai topik yang sedang kalian bicarakan.

Objektif dan Nggak Memihak

Ini adalah poin yang penting banget dalam membuat teks eksposisi. Gini, kamu harus memastikan kalau teks eksposisi yang kamu buat hanya memuat infomasi yang objektif dan nggak boleh memasukkan pendapat pribadi yang menggiring opini para pembaca.

Nah sementara itu kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah sebagai berikut:

Menggunakan Bahasa Baku

Teks eksposisi biasanya menggunakan bahasa baku dengan kosa kata yang mudah untuk dipahami.

Menyatakan Pendapat

Dalam teks eksposisi, kamu diperbolehkan menyatakan pendapat namun nih kudu dilengkapi dengan fakta dan data akurat yang mendukung. Data tersbeut bisa dari hasil penelitian, kata ahli, lembaga pemerintahan atau lainnya.

Menggunakan Kata Ganti

Kata ganti ini digunakan untuk mengagantikan posisi kata benda atau orang dalam suatu kalimat, misalnya nih : saya, kami, kita, mereka.

Menggunakan Kata Benda

Kata benda ini mengacu pada benda nyata atau abstrak. Kata benda ini berkedudukan sebagai subjek dalam suatu kalimat.

Kata Kerja

Adalah kata yang menjelaskan tentang suatu perbuatan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang.

Menggunakan Kata Sambung

Kata sambung berfunsgi untuk menghubungkan antar kata, ungkapan atau juga kalimat. Dalam ciri kebahasaan teks eksposisi, konjugasi ini digunakan untuk memperkuat argumentasi.

Lalu seperti apa sih contoh dari teks eskposisi tersebut?

 

2 dari 3 halaman

Pengertian, Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi © Diadona

Untuk membedakan antara teks eksposisi dan juga teks lainnya, perhatikan nih bentuk dan struktur dari suatu teks eksposisi.

Judul

Judul menggambarkan bahasan dalam teks.

Pernyataan Umum

Dalam pernyataan ini berfungsi untuk memperkenalkan topik dan juga pembaca dalam posisi tertentu. Mengapa demikian? Ini karena ciri teks eksposisi yang digunakan untuk mengemukakan pendapat, jadi biar pembaca berada di dalam posisi yang sependapat atau sebaliknya.

Alasan

Yaitu alasan yang diperkuat dengan keberadaan bukti-bukti kuat. Dalam bagian ini, ada ciri kebahasaan teks eksposisi yaitu argumentasinya dalam bentuk pendapat para ahli, hasil penelitian atau fakta-fakta yang ada. Pernyataan tesebut harus berdasarkanpada referensi yang memiliki kredibilitas yang baik.

Penegasan Ulang

Yang merupakan bagian akhir dari serta simpulan paragraf dan berisi tentang penegasan kembali tesis dan juga argumentasi.

3 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi © Diadona

Dan dalam penulisannya, teks eksposisi memuat unsur berikut ini:

Gagasan atau Ide

Yaitu berupa penilaian, komentar, dorongan, saran atau juga bujukan. Awal mula gagasan inilah yang mendasari penulis dalam menulis buah pikiranya dan dituang dalam bentuk teks eksposisi ini.

Fakta

Dalam teks eksposisi harus memuat fakta atau hal-hal yang memang benar terjadi. Nggak harus berupa angka kok, fakta bisa kamu kutip dalam bentuk pernyataan para ahli dan berguna untuk menguatkan gagasan yang kamu sampaikan.

Beri Komentar