Tujuan Koperasi, Mulai di Sekolah Hingga Simpan Pinjam di Indonesia Menurut UU No 25 Tahun 1992

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 25 Januari 2021 11:00
Tujuan Koperasi, Mulai di Sekolah Hingga Simpan Pinjam di Indonesia Menurut UU No 25 Tahun 1992
Berkoperasi itu penting juga loh, yuk ketahui tujuan-tujuan koperasi

Tujuan koperasri pada umumnya adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Jadi yang menjadi prioritas dalam hal ini adalah anggota koperasi terlebih dahulu. Lalu, koperasi diharapkan bisa memberikan kontribusi jika memungkinkan untuk masyarakat sekitar.

Tapi sebelum jauh membahas tujuan-tujuan koperasi, mari kita caru tahu dulu apa itu koperasi.

Koperasi memliki arti kerja sama. Secara umum, pengertian koperasi adalah sebuah badan usaha yang terdiri dari anggota. Setiap anggota di dalamnya mendapatkan tugas dan tanggung jawab yang berbeda dan mempunyai prinsip koperasi serta berdasar pada ekonomi rakyar sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992.

Bapak Koperasi Indonesia, Mohammad Hatta mendefinisikan koperasi adalah usaha bersama guna memperbaiki atau meningkatkan kehidupan atau taraf ekonomi berlandaskan asas tolong menolong.

1 dari 6 halaman

Tujuan Koperasi

Melansir dari laman Liputan6.com, tujuan diadakannya koperasi ini adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, sehingga tidak menimbun kekayaan sendiri. Selain itu, ada beberapa tujuan koperasi yang lain seperti berikut ini:

  • Untuk meningkatkan taraf hidup anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya
  • Untuk membantu kehidupan para anggota koperasi dalam hal ekonomi
  • Membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
  • Koperasi juga berperan serta dalam membangun tatanan perekonomian nasional

Tidak hanya untuk anggota, melainkan koperasi juga untuk para konsumen atau pelanggannya. Maka koperasi dilihat dari masing-masing kepentingannya bertujuan untuk:

  • Bagi produsen, bisa menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi
  • Bagi konsumen, bisa memperoleh barang baik dengan harga yang lebih rendah
  • Bagi usaha kecil, bisa untuk mendapatkan modal usaha yang ringan dan mengadakan usaha bersama

2 dari 6 halaman

Tujuan Koperasi Sekolah

Ilustrasi Tujuan Koperasi © Diadona

Salah satu contoh kopersai yang pernah kita temui adalah koperasi sekolah. Koperasi sekolah adalah koperasi yang beranggotakan siswa sekolah pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah atau pendidikan setara.

Meskipun sederhana dan tidak memiliki badan hukum, tujuan koperasi sekolah ini juga patut untuk dikathui loh. Apalagi tujuan-tujuan yang diusung juga baik kok.

Tujuan koperasi sekolah tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini. Tujuan koperasi sekolah dapat dijabarkan lagi secara rinci. seperti berikut:

3 dari 6 halaman

1. Mendidik, menanamkan dan memelihara kesadaran hidup bergotong-royong dan rasa setia kawan di antara siswa. Melalui koperasi sekolah siswa dapat membangun kesadaran akan hidup bergotong-royong, dengan bergotong royong rasa setia kawan antara siswa akan tumbuh dan dapat terpelihara dengan baik. Dengan koperasi siswa didik dan ditanamkan rasa peduli pada sesama.

2. Memupuk rasa cinta pada sekolah. Rasa cinta dan rasa memiliki akan tumbuh saat berkoperasi. Melalui koperasi siswa akan semakin mengenal sekolah dan memiliki rasa bangga dan cinta pada sekolahnya.

3. Memelihara, mengembangkan, dan mempertinggi mutu pengetahuan serta keterampilan berusaha dalam bentuk koperasi, karena dengan berkoperasi keterampilan usaha dan pengetahuan akan bertambah. Di koperasi siswa mendapatkan ilmu berorganisasi dan berwirausaha.

4. Menanamkan dan memupuk rasa tanggung jawab serta disiplin dalam hidup bergotong-royong di tengah-tengah masyarakat

5. Menumbuhkan rasa saling pengertian di dalam diri para anggota sehingga tercipta rasa kebersamaan yang kuat.Pasalnya, dengan berkoperasi secara tidak langsung siswa akan dituntut untuk berinteraksi pada sesama anggota. Proses interaksi inilah yang menumbuhkan rasa saling pengertian antar anggota. Dengan pengertian terciptalah kebersamaan yang kuat.

6. Mendidik dan melatih para siswa dalam berdemokrasi, mengeluarkan pendapat, dan merasa sederajat dengan sesama anggota.

7. Menjadi wadah bagi siswa untuk belajar, berkarya, sekaligus memenuhi keperluan sekolahnya.

4 dari 6 halaman

Tujuan Koperasi Simpan Pinjam

Ilustrasi Tujuan Koperasi © Diadona

Menurut UU No 17 Tahun 2012, tujuan koperasi simpan pinjam yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sekaligus sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan.

Seorang ahli bernama Ninik Widiyanti dan Sunindhia, menyatakan bahwa tujuan koperasi simpan pinjam adalah:

  • Membantu keperluan kredit para anggota yang sangat membutuhkan dengan syarat yang ringan.
  • Mendidik para anggota agar giat menyimpan secara teratur sehingga membentuk modal sendiri.
  • Mendidik anggota hidup berhemat dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka.
  • Menambah pengetahuan tentang perkoperasian.

5 dari 6 halaman

Tujuan Koperasi Menurut UU No 25 Tahun 1992

Secara garis besar, tujuan koperasi pada umumnya juga sudah diatur dalam UU No 25 Tahun 1992. Yaitu, memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Selain itu, di dalam pasal 4 juga dituangkan fungsi dari koperasi itu sendiri.

  • Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
  • Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat;
  • Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan Koperasi sebagai sokogurunya;
  • Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Beri Komentar