Sukses di Dunia Hiburan, 7 Politisi Artis Ini Berhasil Raih Jabatan di Pemerintahan

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 29 Agustus 2020 17:08
Sukses di Dunia Hiburan, 7 Politisi Artis Ini Berhasil Raih Jabatan di Pemerintahan
Aji mumpung atau memang sesuai keinginann dan kemampuan?

Tahun politik semakin dekat, para politisi pun mulai mempersiapkan diri. Tak mau ketinggalan, beberapa artis pun juga turut mengumumkan keikutsertaan mereka dalam kontestasi politik. Sebut saja Adly Fairuz yang akan mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Karawang dan, yang paling menghebohkan, Giring Ganesha yang maju dalam bursa calon presiden di Pemilu 2024.

Turut sertanya para artis di dunia politik memang bukan hal baru. Di tingkat parlemen, ada puluhan atau bahkan ratusan nama artis yang turut terlibat. Namun di level eksekutif, masih sedikit selebriti yang mampu mencapainya.

Tercatat ada tujuh artis yang berhasil mencapai jabatan eksekutif di pemerintahan. Siapa saja kah mereka?

1 dari 8 halaman

Dede Yusuf

Dede Yusuf © Diadona

Dede Yusuf adalah aktor yang membintangi sederet film seperti 'Catatan Si Boy'. Selain itu ia juga menjadi presenter untuk kuis legendaris 'Tak Tik Boom'.

Terjun ke dunia politik, Dede Yusuf menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan sebagai Gubernur. Dede Yusuf menjabat di periode 2008-2013 dan tercatat pernah tergabung dalam dua partai politik, PAN dan Demokrat.

2 dari 8 halaman

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar © Diadona

Sosok Deddy Mizwar sangat dekat dengan peran sebagai pak haji dalam sederet sinetron komedi religi seperti 'Lorong Waktu', 'Kiamat Sudah Dekat', dan 'Para Pencari Tuhan'.

Dalam karir politiknya, Deddy Mizwar melanjutkan tongkat estafet dari Dede Yusuf untuk mendampingi Gubernur Ahmad Heryawan. Deddy Mizwar menjabat sebagai Wakil Gubernur di periode 2013-2018 mewakili PAN.

3 dari 8 halaman

Zumi Zola

Zumi Zola © Diadona

Aktor tampan Zumi Zola membintangi sejumlah sinetron seperti 'Tersanjung 6', 'Si Cecep', 'Bawang Merah Bawang Putih', dan masih banyak lagi.

Karir politik Zumi Zola pun tak kalah mentereng. Ia menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Tak menghabiskan masa jabatannya, Zumi Zola berlanjut mengikuti Pilkada Jambi 2015 dan terpilih sebagai gubernur untuk periode 2016-2021. Sayangnya Zumi Zola terjerat kasus korupsi sehingga harus dipecat dari jabatannya pada 2018.

4 dari 8 halaman

Rano Karno

Rano Karno © Diadona

Ingat Rano Karno pasti ingat tokoh Doel si anak Betawi asli.

Sukses menjadi insinyur dalam sinetron, karir Rano Karno pun tak kalah bersinarnya. Jabatan pertamanya adalah sebagai Wakil Bupati Tangerang (2008-2011), kemudian berlanjut menjadi Wakil Gubernur Banten untuk periode 2012-2017. Rano Karno kemudian diangkat menjadi Gubernur Banten pada 2014 hingga akhir masa jabatan untuk menggantikan Ratu Atut yang terjerat kasus suap pilkada.

5 dari 8 halaman

Diky Chandra

Diky Chandra © Diadona

Diky Chandra dikenal sebagai seniman serba bisa. Ia berprofesi sebagai pelawak, MC, sutradara, penulis naskah, dan juga aktor.

Diky Chandra terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Wakil Bupati Garut untuk periode 2009-2013. Namun karir di dunia kepemerintahan tak berjalan panjang. Diky Chandra memilih mundur pada 2011 karena merasa kurang cocok dengan Bupati Aceng H.M. Fikri.

6 dari 8 halaman

Sigit Purnomo Said

Sigit Purnomo Said/Pasha Ungu © Diadona

Nama Sigit Purnomo Said mungkin terasa asing. Wajar saja karena sosok ini lebih populer dikenal sebagai Pasha Ungu.

Sang vokalis bersuara khas terjun ke dunia politik dan langsung menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, mendampini Wali Kota Hidayat untuk periode 2016-2021. Kendati sudah terjun berpolitik, namun Pasha sesekali masih menerima ajak manggung bersama Ungu.

7 dari 8 halaman

Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan © Diadona

Hengky Kurniawan mengawali karir dunia hiburan sebagai model dan terjun ke ranah akting pertama kali lewat sinetron 'ABG' yang juga dibintangi sederet nama tenar seperti Jonathan Frizzy, Dimas Seto, Ratu Felisha, dan Bunga Citra Lestari.

Ia kemudian melanjutkan karir ke ranah politik dengan menjadi Wakil Bupati Bandung Barat, mendampingi Bupati Aa Umbara Sutisna untuk periode 2018-2023.

Beri Komentar