Sinopsis Film Bumi Manusia, Kisah Percintaan Pribumi dengan Gadis Indo-Belanda

Reporter : Riza Umami
Jumat, 18 Agustus 2023 18:07
Sinopsis Film Bumi Manusia, Kisah Percintaan Pribumi dengan Gadis Indo-Belanda
Ini nih sinopsis film Bumi Manusia.

Bumi Manusia adalah film drama sejarah Indonesia tahun 2019 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Salman Aristo. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Film Bumi Manusia sempat tayang di Bioskop Trans TV spesial Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2023 kemarin. Buat kamu yang belum sempet nonton film ini, yuk simak dulu sinopsis film Bumi Manusia.

1 dari 4 halaman

Sinopsis Film Bumi Manusia

Bumi Manusia © Diadona

Pada tahun 1900, Minke, seorang pemuda pribumi yang bersekolah di sekolah Belanda. Kepandaiannya dalam menulis serta jadi anak orang penting, membuat Minke bisa sekolah di sana.

Suatu hari di Surabaya, Minke diajak oleh Robert Suurhof yang juga menempuh pendidikan di sekolah Belanda, untuk main ke rumahnya. Di sanalah, Minke bertemu dengan pujaan hatinya.

2 dari 4 halaman

Bumi Manusia © Diadona

Minke jatuh cinta dengan Annelies Mellema, seorang gadis Indo-Belanda yang tak lain adalah adik dari Robert Suurhof. Rupanya, Annelies juga menaruh perasaan kepada Minke.

3 dari 4 halaman

Mereka pun kemudian menjalin hubungan. Namun, hubungan mereka penuh dengan lika-liku terutama karena keluarga Annelies yang merupakan orang Belanda kelas atas.

Annelies memiliki ibu pribumi dan ayah orang Belanda. Masalah makin menjadi saat ayah Annelies yang jarang pulang, meninggal. Ia ditemukan sudah tak bernyawa di sebuah rumah bordir.

4 dari 4 halaman

Siti Fauziah Saekhoni dalam Bumi Manusia © Diadona

Film Bumi Manusia mendapat sambutan positif dari para kritikus dan penonton. Film ini berhasil meraih empat nominasi di Festival Film Indonesia 2019, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Donny Damara, Lukman Sardi, dan Christine Hakim. Kemampuan akting para aktor dan aktris dalam film Bumi Manusia begitu memukau. Siapa nih yang udah pernah nonton film Bumi Manusia?

Beri Komentar