Setelah Jalani Pemeriksaan, Dua Pasien Corona di Indonesia Dinyatakan Negatif

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 10 Maret 2020 18:33
Setelah Jalani Pemeriksaan, Dua Pasien Corona di Indonesia Dinyatakan Negatif
Pasien kasus 06 dan 14 dinyatakan negatif virus Corona.

Belakangan, merebaknya virus Corona di berbagai negara menyita perhatian dunia. Salah satunya Indonesia. Apalagi setelah ditemukannya 19 kasus pasien positif Corona di negara kita tercinta.

Namun, ada berita baik mengenai virus Corona di Indonesia baru-baru ini. Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona mengungkapkan bahwa ada dua pasien yang dinyatakan negatif virus Corona.

"Untuk kasus yang sudah kita laporkan dari 01 sampai 19 ada beberapa hal yang membahagiakan kita bahwa kasus 06, ini sudah masuk hari kelima, pemeriksaanya sudah negatif. Artinya, kita masih menunggu pemeriksaan negatif kedua di dua hari yang akan datang." Ungkap Yuri pada hari Selasa (10/3/2020) di Istana Negara, Jakarta.

Pasien 06 sendiri adalah salah satu anak buah kapal Diamond Princess.

1 dari 2 halaman

Pasien Kasus 06 dan 14 Negatif Corona

Yuri juga mengatakan jika hasil pemeriksaan pasien tersebut yang dilakukan dua hari lagi dinyatakan kembali negatif virus Corona, pihak rumas sakit akan memulangkannya.

Selain itu, pasien tersebut juga sudah diberikan edukasi untuk melakukan self-isolated atau menahan diri untuk tidak melakukan kontak dengan siapa pun sementara waktu dan juga self-monitoring.

Yuri juga menambahkan, self-isolated bukan berarti pasien tak boleh sama sekali melakukan kontak, boleh namun tetap ditahan dan harus menggunakan masker selain juga berusaha pada posisi setidaknya 2 meter.

Pasien lainnya yang juga dinyatakan negatif Corona yaitu pasien kasus nomor 14. " Ada lagi satu yang negatif juga, pada hari ketiga. Bahkan ini lebih cepat. Karena ternyata kontaknya minimal dan kondisi fisiknya bagus banget dan kita yakini pada hari pertama perawatan sebenarnya bukan hari pertama sakit. Ini kontak tracing, tapi bukan dari kasus. Ini subklaster, bukan dari kasus induk." Kata Yuri.

2 dari 2 halaman

Pasien Pertama Corona

ilustrasi corona virus © Diadona

Untuk pasien pertama yang positif virus Corona di Indonesia hingga saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. Dalam hasil pemeriksaanya menunjukkan pasien tersebut masih positif virus Corona.

Achmad Yurianto mengatakan jika tim masih mengobservasi pasien corona tersebut.

" Ada bebrapa yang kita tunggu hasilnya nanti sore, salah satunya kasus 01 yang sampai sekarang masih positif. Padahal sudah masuk hari ketujuh." Ujar Yuri.

Dengan adanya kabar baik ini semoga bisa mengurangi kekhawatiran kita ya dan yang terbaik untuk semuanya juga. Tetap semangat!

Beri Komentar