Setelah 12 Tahun, Badai Eks Kerispatih Ungkap Kisah Kontroversial di Balik Lagu 'Aku Harus Jujur'

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 16 November 2021 18:16
Setelah 12 Tahun, Badai Eks Kerispatih Ungkap Kisah Kontroversial di Balik Lagu 'Aku Harus Jujur'
Cerita yang jadi inspirasi lagu hits Kerispatih. Ada hubungan dengan kisah cinta sejenis?

Doadibadai Hollo atau yang lebih populer dengan nama Badai Kerispatih baru-baru ini mengungkap fakta mengejutkan di balik salah satu lagu hits yang ia ciptakan.

1 dari 5 halaman

Dalam obrolan di program 'Wawancanda' di kanal YouTube Abdel Achrian, Badai menuturkan makna tersirat dari lagu 'Aku Harus Jujur' yang membuat banyak orang salah kaprah.

" Jadi lagu ini sebenernya orang banyak kecele (ketipu). Cing Abdel aja kecele. Itu bukan 'kau', tapi 'kaum'. Coba cek, di Google aja cek," ujar Badai.

Abdel sebagai host pun membuktikan perkataan Badai dengan mendengar bagian reffrain lagu tersebut. Hasilnya terbukti bahwa memang kata yang dinyanyikan oleh Sammy bukanlah 'kau', tapi 'kaum'.

" Oh iya, kaum," ujar Abdel.

2 dari 5 halaman

Badai pun menceritakan cerita di balik proses penciptaan lagu yang dirilis 12 tahun lalu tersebut. Ia menyebut bahwa kisah dalam lagu 'Aku Harus Jujur' merupakan hasil dari curhatan seseorang yang terlibat dalam pernikahannya.

" Jadi gue waktu itu mau married. Gue bertemu lah sama satu orang, gue tidak bisa bilang dia siapa profesinya, namanya juga," kisah Badai.

" Orang itu terlibat dalam wedding gue. Dia cerita sama kita berdua (Badai dan istrinya), terutama sama gue, bahwa dia itu membohongi pasangannya selama bertahun-tahun, yang ternyata dia itu tidak suka dengan wanita. Dia begitu lah," ujarnya melanjutkan.

3 dari 5 halaman

Cerita pun berlanjut. Orang tersebut mengatakan pada Badai bahwa ia merasa tak nyaman dan berencana untuk mengungkapkan secara jujur kondisi yang ia alami.

" Dia natural curhat sama gue. Dia bilang 'Aku ini mesti jujur mas sama pasanganku, aku nggak mau membohongi dia dengan keterbatasanku ini'," tutur Badai.

4 dari 5 halaman

Setelah mendengar penuturan sosok tersebut, Badai pun terinspirasi untuk menjadikannya sebuah lagu.

" Iya ya, ini ide lagu yang luar biasa nih. Gue belum pernah bikin lagu yang seperti ini. Akhirnya gue bikin lagu itu," ungkap Badai.

5 dari 5 halaman

Lagu 'Aku Harus Jujur' merupakan hits single yang ada di dalam album keempat Kerispatih, 'Semua Tentang Cinta' yang dirilis pada 2009.

Banyak dinyanyikan orang, makna di balik lagu baru terungkap 12 tahun setelah karya tersebut dirilis.

" Aku harus jujur itu lagu yang menurut gue agak sensasional dan nggak banyak orang tau bahwa lagu itu tentang gay. Tentang cowok yang membohongi pasangannya selama bertahun-tahun, menyimpan keterbatasannya dia," pungkas Badai.

Beri Komentar