Rayakan Notting Hill Carnival, Adele Malah Panen Kritik Gara-Gara Penampilannya

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 31 Agustus 2020 19:22
Rayakan Notting Hill Carnival, Adele Malah Panen Kritik Gara-Gara Penampilannya
Adele mendapat banyak kecaman dari netizen.

Setelah sukses mencuri perhatian dengan perubahan penampilannya yang drastis, kali ini Adele kembali menjadi sorotan. Pelantun lagu "Someone Like You" ini menuai banyak kritik dari netizen setelah mengunggah foto dirinya merayakan Notting Hill Carnival di London.

Adele dinilai nggak menghargai budaya masyarakat kulit hitam dengan pakaian dan gaya rambutnya. Postingan Adele ini langsung memancing banyak kecaman di dunia maya.

1 dari 4 halaman

Postingan Adele yang menuai kecamanPostingan Adele yang menuai kecaman © instagram.com/Adele

Semua ini berawal dari postingan Adele di Instagram pribadinya yang membagikan potret dirinya merayakan Notting Hill Carnival.

" Selamat hari yang semestinya jadi Notting Hill Carnival untuk London tercinta," tulis Adele dalam postingannya.

Dalam foto itu, terlihat pelantun lagu " Hello" ini mengenakan bikini motif bendera Jamaika yang dipadukan dengan legging acid-wash. Rambut Adele diikatnya membentuk Bantu Knots dan mengenakan hiasan kepala berbulu kuning.

2 dari 4 halaman

Menuai Banyak Kecaman

Langsung saja, foto Adele ini mendapat banyak kritik dari netizen. Banyak netizen yang menganggap penampilan penyanyi berusia 32 tahun ini dianggapp nggak menghargai budaya masyarakat kulit hitam dengan mengenakan bikini bendera Jamaika dan Bantu Knots.

" Banyak wanita kulit hitam dan Latin ditolak atau dipecat dari pekerjaan dan anak-anak kecil dipulangkan dari sekolah dengan gaya rambut seperti ini. Ini terjadi di Inggris, AS, dan negara lain di luar negeri. Saya bukan penggemarmu," tulis seorang netizen.

Komentar yang hampir sama juga dilontarkan netizen lainnya," Wanita kulit hitam didiskriminasi saat mengenakan gaya rambut budaya mereka seperti Bantu Knots dan Locs namun kalau kulit putih nggak, itu nggak adil dan itulah mengapa orang-orang marah."

3 dari 4 halaman

Dibela Fans

AdeleAdele © cheatsheet.com

Meski banyak yang menghujat dan mengkritik Adele, beberapa penggemar penyanyi ini membela sang idola dengan menyebut apa yang dikenakan Adele sebagai apresiasi budaya.

" Jika kamu melihat Adele ini, ketahuilah bahwa nggak ada satu orang Jamaika atau Karibia Sejati lainnya yang tersinggung. Terutama saat karnaval. Jalani hidup terbaikmu dengan indah!" komentar seorang netizen.

" Beberapa dari kamu perlu mempelajari perbedaan antara apresiasi budaya dan penyesuaian budaya. Sejujurnya kita masih banyak hal yang lebih penting untuk dilakukan sebagai masyarakat (daripada mengkritik hal ini)," tulis netizen lainnya.

4 dari 4 halaman

Melansir dari CNN, Notting Hill Carnival sendiri adalah acara tahunan yang diadakan sejak tahun 1966 dan bertempat di kawasan Notting Hill, London. Acara ini salah satu acara besar yang juga berpengaruh di budaya masyarakat kulit hitam di Inggris.

Karena adanya pandemi, Notting Hill Carnival tahun ini untuk pertama kalinya diadakan secara online.

Gimana nih kalau menurut kamu tentang penampilan Adele?

Beri Komentar