Putri Duyung Jepang yang Misterius, Nyata atau Imajiner?

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 12 Februari 2020 00:01
Putri Duyung Jepang yang Misterius, Nyata atau Imajiner?
Penjelajah Barat juga telah melaporkan beberapa kali ada penampakan Ningyo. Seorang kapten Inggris melihat seorang putri duyung dari dermaga di pelabuhan Sentojonzu.

Putri duyung adalah makhluk legendaris yang ditemukan di lautan dalam dengan tubuh bagian atas manusia dan ekor ikan. Mereka telah banyak kita temui di berbagai cerita rakyat di seluruh dunia, Ia menunjukkan karakter yang sangat imut dalam dongeng.

Dilansir dari Mysteriousfacts, Banyak negara berlomba-lomba mengklaim bahwa negara mereka lah yang menjadi rumah bagi putri duyung, Para pelaut dari sana juga banyak yang mengaku-ngaku meilihat sosok putri duyung tersebut termasuk Negara sakura, Jepang.

 

1 dari 4 halaman

Sejarah Putri Duyung Jepang

Informasi tentang putri duyung di Jepang memiliki tradisi yang sangat panjang. Tidak mengejutkan, karena Jepang adalah negara yang dikelilingi oleh laut. Makhluk-makhluk ini dikenal sebagai ningyo (??), yang artinya adalah " ikan manusia," serta gyojin (? ?), yang berarti " manusia ikan," dan hangyo-jin, (? ? ?? atau " manusia setengah ikan" .

Beberapa cerita tentang ikan seperti humanoids diedarkan selama berabad-abad, tetapi catatan pertamanya dilaporkan pada tahun 619. Selama rezim Permaisuri Suiko, diduga seorang putri duyung ditangkap dan disajikan di istananya.

Dikatakan bahwa makhluk ini disimpan di tangki darurat untuk hiburan pengunjung ke pengadilan

2 dari 4 halaman

Legenda Ningyo

Sama seperti makhluk mitos lainnya, putri duyung di Jepang memiliki kekuatan mistik, yang tidak pernah mereka gunakan untuk kebaikan. Mereka dipercaya dapat menangis dan mengeluakan air mata mutiara, selain itu jika ada seseorang yang memakan daging dari putri duyung konpn katanya akan kembali muda dan hidup kekal.

Putri Duyung Jepang © Diadona

Sebuah cerita dari rakyat Jepang mengatakan bahwa putri duyung memiliki kemampuan mengubah bentuk. Ada banyak contoh putri duyung yang berubah menjadi manusia atau makhluk lain.

Contoh yang baik adalah, contoh di tahun 1870-an di mana penjaga mercusuar di Mercusuar Cape Nosaapu di timur laut Hokkaido diyakini terpikat oleh putri duyung. Putri duyung itu dianggap menyamar sebagai wanita cantik berpakaian kimono di pantai yang akan merayu dan memikat laki-laki ke laut.

Setelah penjaga mercusuar menjadi terpesona, Ningyo kemudian akan berubah menjadi ikan raksasa dan membunuh penjaga tersebut dengan menenggelamkannya.

3 dari 4 halaman

Ningyo di Zaman Modern

Penampakan putri duyung adalah fenomena umum di era sebelumnya dari 16 th sampai 19 th abad dan tidak dianggap sebagai isapan jempol atau imajinasi belaka.

Sebuah catatan modern tentang penampakan putri duyung tercatat pada tahun 1929 ketika seorang nelayan bernama Sukumo Kochi menangkap makhluk seperti ikan di jaringnya yang memiliki wajah manusia di atas kepala seekor anjing.

Putri Duyung Jepang © Diadona

Makhluk itu kemudian melepaskan diri dari jaring dan melarikan diri. Selama Perang Dunia II, putri duyung sering terlihat, terutama di perairan hangat Okinawa. Personel angkatan laut Jepang dilaporkan menembaki putri duyung ini tetapi tidak ada mayat yang ditemukan untuk membuktikan klaim ini.

Penjelajah Barat juga telah melaporkan beberapa kali ada penampakan Ningyo. Seorang kapten Inggris melihat seorang putri duyung dari dermaga di pelabuhan Sentojonzu.

Putri duyung ini digambarkan sebagai makhluk dengan kepala wanita dan bagian bawahnya ikan. Ada banyak catatan tentang putri duyung yang tercatat di buku catatan pelaut Barat.

Beberapa kapten diketahui menghindari tempat-tempat terkenal banyak terdapat Ningyo sehingga mereka tidak akan celaka

4 dari 4 halaman

Wah, gimana menurut kalian? Percaya?

Beri Komentar