Perut Buncit Mirip Hamil 9 Bulan, Usus Pria Ini Ternyata Dipenuhi Feses Seberat 13 Kilogram

Reporter : Prisma Difta
Sabtu, 16 Mei 2020 12:05
Perut Buncit Mirip Hamil 9 Bulan, Usus Pria Ini Ternyata Dipenuhi Feses Seberat 13 Kilogram
Duh, ada-ada aja nih ya..

Perut buncit sedikit bisa bikin orang galau berhari-hari, sepertinya perasaan ini yang dirasakan seorang pria berumur 32 tahun dari Tiongkok setiap hari.

Gimana enggak, pria tak disebutkan namanya tersebut dikabarkan memiliki perut yang sangat buncit bak wanita hamil 9 bulan, Kok bisa?

Sebuah Media Lokal mengatakan, Tim Dokter dari Tiongkok telah berhasil mengeluarkan feses yang kira-kira memiliki berat 13 Kilogram dari usus seorang pria.

 

1 dari 2 halaman

Pria tersebut dikabarkan memang sering merasakan sembelit dari kecil, pembesaran usus besarnya pun mencapai 76 cm panjangnya. Menurut tim dokter di Tenth People’s Hospital, Shanghai, pria yang tidak disebutkan namanya ini diduga menderita penyakit Hirschsprung.

Feses sebesar 13 Kg © Diadona

Penyakit Hirschsprung merupakan penyakit yang menyebabkan adanya pembengkakan pada saluran pencernaan. Pembengkakan tersebut bisa terjadi karena gangguan dari serat saraf yang melayani saluran pencernaan.

Feses sebesar 13 Kg © Diadona

Pria ini pun mengaku telah menggunakan berbagai macam obat pencahar untuk mengatasi sembelitnya namun efek obat tersebut hanya sementara. Tak tahan lagi merasakan sakit, pria tersebut akhirnya memutuskan untuk berobat ke rumah sakit dan menjalani operasi.

Feses sebesar 13 Kg © Diadona

 

2 dari 2 halaman

Menurut dokter yang menangani kasus ini, operasi pengangkatan usus yang membengkak bisa berlangsung hingga 3 jam. Seteah ususnya diangkat, kedua ujung usus tersebut dijahit agar feses di dalamnya tidak keluar.

Penyakit Hirschsprung terjadi pada 1 dari 5000 bayi, umumnya pada bayi laki-laki. Umumnya, penyakit ini berhubungan dengan kelainan genetik atau kelainan bawaan lainnya. Gejala penyakit Hirschsprung sebenarnya mudah dideteksi sejak bayi lahir atau beberapa bulan kemudian.

Pada bayi, gejala penyakit Hirschsprung antara lain tidak bisa buang air besar lebih dari 48 jam setelah dilahirkan, perut mengalami pembengkakan, kembung, diare, hingga muntah yang berwarna hijau.

Pengobatan utama untuk penyakit Hirschsprung adalah operasi pengangkatan bagian usus yang bermasalah. Jika tidak demikian, maka penyakit ini bisa semakin parah.

Duh, semoa lekas pulih ya.. Gimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar ya