Pernah Jadi Kuli Bangunan, Bapak Ini Sekarang Jadi Bos Pabrik Mochi Beromzet Rp300 Juta

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 Februari 2022 09:17
Pernah Jadi Kuli Bangunan, Bapak Ini Sekarang Jadi Bos Pabrik Mochi Beromzet Rp300 Juta
Roda kehidupan pasti berputar.

Selalu menyenangkan untuk mendengar kisah sukses seseorang yang bisa menginspirasi kita agar makin semangat. Seorang bapak berikut ini pun menceritakan kisahnya yang dulu sempat jadi kuli bangunan dan kini sudah sukses.

Dilansir dari laman merdeka.com (23/02), bapak ini bernama Bapak Ujang di mana ia adalah seorang mantan kuli bangunan yang sekarang menjadi bos di pabrik mochi miliknya sendiri. Pabriknya tersebut berada di Sukabumi, Jawa Barat.

1 dari 4 halaman

Dikutip dari kanal YouTube money fighter, pabrik mochi milik Bapak Ujang ini pun berada di area perumahan. Meski begitu dalam sehari, bapak ini dan para karyawannya mampu memproduksi mochi sebanyak 200 hingga 400 ikat.

Uniknya untuk membuat mochi yang enak, proses pengadukan adonannya ini dilakukan dengan teknik tertentu dan juga dicampur dengan gula. Ini adalah salah satu cara yang digunakan untuk menghasilkan rasa mochi yang konsisten.

2 dari 4 halaman

Kisah Bapak Ujang © Diadona

Bapak Ujang pun menceritakan kisah hidupnya sebelum sukses seperti sekarang ini. Sebelum memulai usahanya ini, dia hidup serba kekurangan. Demi memenuhi kebutuhan hidup, bapak ini pun pernah bekerja jadi calo angkot, sopir angkot hingga kuli bangunan.

3 dari 4 halaman

Usaha Bapak Ujang sempat mengalami penurunan di masa pandemi ini. Namun, dirinya memilih untuk tidak merumahkan karyawannya agar mereka tetap memiliki penghasilan di masa yang sulit ini. Dia pun mengakalinya dengan membuat sistem shift.

Bapak Ujang bahka sengaja menolak bantuan berupa mesin pembuat mochi karena hal ini bisa membuat beberapa karyawannya kehilangan pekerjaan. Beliau tak mau mengurangi karyawannya dengan menggunakan mesin seperti itu.

4 dari 4 halaman

Kisah Bapak Ujang © Diadona

Bisnis Bapak Ujang ini pun hanya untuk dalam negeri saja meski dia sempat mendapatkan permintaan untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Bapak Ujang ingin menjaga kualitas produknya karena mochinya ini tidak menggunakan pengawet. Siapa nih yang pengin nyobain mochi produksi pabrik Bapak Ujang?

Beri Komentar