Perjalanan Karir Rina Gunawan, Mulai dari Presenter Sampai Sukses Bikin WO

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 3 Maret 2021 17:55
Perjalanan Karir Rina Gunawan, Mulai dari Presenter Sampai Sukses Bikin WO
Karir Rina Gunawan sejak awal merintis di dunia hiburan.

Kabar meninggalnya Rina Gunawan menyisakan duka mendalam untuk keluarga, kerabat, serta rekan-rekan sesama selebriti yang kenal dekat dengan sosoknya.

Rina Gunawan menghebuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug pada hari Selasa (2/3) pukul 18.45 WIB. Teddy Syach sang suami menuturkan bahwa Rina mengalami sesak napas sebelum meninggal dunia.

"Iya, betul (meninggal dunia) jam 18.45 karena sesak napas," terang Teddy kepada awak media.

1 dari 5 halaman

Awal Karir Rina Gunawan

Meninggalnya Rina Gunawan jadi kehilangan besar untuk dunia hiburan. Pasalnya, semasa hidupnya Rina bukanlah artis yang banyak membuat ulah. Sebaliknya, Rina justru mendulang banyak prestasi sejak masih muda.

Rina Gunawan mengawali karirnya sebagai seorang penyanyi. Ia sempat tergabung dalam Swara Maharddhika, grup kesenian vokal yang diprakarsai oleh Guruh Soekarno Putra.

Pada tahun 1996, saat usianya baru menginjak 22 tahun, Rina Gunawan berhasil merilis album perdananya yang berjudul 'Yudi'. Karir musik Rina dilanjutkan dengan perilisan dua album lain, yakni 'Semalam Kau Dimana' (1999) dan 'Ta'aruf' (2008).

2 dari 5 halaman

Karir Sinetron Rina Gunawan

Meski memulai karir sebagai seorang penyanyi, namun Rina Gunawan juga merambah banyak bidang kesenian lain, salah satunya adalah akting.

Perempuan kelahiran 28 Juni 1974 itu berhasil membintangi sejumlah judul sinetron di era 90-an seperti 'Mat Angin', 'Erte Erwe', 'Pat Pat Gulipat', dan 'Si Doel Anak Sekolahan'.

3 dari 5 halaman

Berjaya Sebagai Presenter

Karir Rina Gunawan mencapai puncak ketika ia beralih menjadi seorang presenter. Acara talkshow pertama yang dipercayakan pada Rina adalah 'Campur-Campur'. Dengan tagline " Semua deh ada di sini" , Rina berhasil membawa program tersebut bertahan sejak 2002 hingga 2005.

Selanjutnya, Rina Gunawan juga dipercaya membesut sejumlah program serupa mulai dari 'Puan', 'Anda Meminta Kami Memutarkan', 'On Air', serta 'Ruming'.

4 dari 5 halaman

Banting Setir ke Dunia WO

Rina Gunawan kemudian menghilang dari dunia hiburan dan terjun secara penuh untuk mengurus Wedding Organizer (WO) yang telah ia bangun sejak 1992.

WO Rina Gunawan terbilang sukses. Jasanya telah banyak digunakan oleh rekan sesama artis, mulai dari Anang Hermansyah dan Ashanty sampai Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair.

5 dari 5 halaman

Kehidupan Pribadi Rina Gunawan

Rina Gunawan dan keluarga © Diadona

Di luar karir, kehidupan pribadi Rina Gunawan juga sangat jauh dari kabar miring. Sejak memutuskan untuk menikah dengan Teddy Syach pada 11 April 1999, rumah tangganya tetap adem ayem hingga kini.

Dari pernikahan tersebut, Rina Gunawan dan Teddy Syach dikaruniai dua orang anak, Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Kini Rina Gunawan telah tiada. Sosok ramahnya akan selalu dirindukan dan kesan baik tentangnya akan selalu abadi dalam kenangan.

Selamat jalan, Rina Gunawan.

Beri Komentar