Pengertian Produk, Ciri, Jenis, Tingkatan Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 24 Juni 2020 09:43
Pengertian Produk, Ciri, Jenis, Tingkatan Menurut Para Ahli
Pengertian produk ialah barang atau jasa yang dihasilkan dari proses produksi.

Pengertian produk adalah proses yang dilakukan oleh produsen untuk didistribusikan kepada pembeli ataupun konsumen.

Sedangkan definisi lain menyebutkan, pengertian produk ialah hasil proses produksi yang dilakukan oleh produsen untuk dijual kepada pembeli yang membutuhkan.

Sehingga, dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian produk ialah sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk dipakai atau dikonsumsikan oleh para pembeli.

Nah, supaya kamu lebih paham mengenai pengertian produk dan jenis-jenisnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Produk Domestik Bruto

Pengertian Produk © Diadona

Menurut para ahli, PDB atau produk domestik bruto adalah jumlah produksi barang atau jasa yang dihasilkan oleh unit produksi di suatu daerah pada saat tertentu.

Dengan begitu, PDB juga dikatakan sebagai indikator ekonomi suatu negara untuk mengukur jumlah total nilai produksi yang dihasilkan oleh semua orang atau perusahaan di suatu negara.

Oleh karena itu, ada empat komponen untuk menghidung PDB, diantaranya:

1. Investasi, menghitung suatu pengeluaran untuk barang modal, seperti membangun pabrik baru dan pembelian rumah.

2 dari 6 halaman

2. Konsumsi Privat, menghitung konsumsi dari individu atau rumah tangga untuk beberapa jenis, seperti makan, minum, elektronik, atau jasa dokter.

3. Ekspor Bersih, menghitung selisih didapat dari Total Ekspor yang dikurangi Total Impor.

4. Pengeluaran Pemerintah, menghitung semua pengeluaran yang Pemerintah lakukan. Seperti, membeli peralatan milite, membayar gaji PNS dan lain-lain.

Dikarenakan sebagai alat ukur perekonomian, tentunya PDB memiliki beberapa manfaat, yakni untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara, membandingkan kemajuan ekonomi antar negara, serta mengukur laju pertumbuhan ekonomi nasional.

3 dari 6 halaman

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Pengertian Produk © Diadona

Agar wawasanmu semakin luas, adapun pengertian produk menurut para ahli berikut ini yang bisa kamu pelajari:

1. Fandy Tjiptono

Pengertian produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, yang sesuai dengan kapasitas daya beli.

2. Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong, pengertian produk ialah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan dipergunakan, serta memuaskan keinginan konsumen.

4 dari 6 halaman

3. William J. Stanton

Sedangkan, menurut William J. Stanton, produk merupakan kumpulan dari atribut-atribut yang nyata atau tidak, seperti, kemasan, harga, kualitas, yang ditambah dengan reputasi penjualannya.

4. Djaslim Saladin

Secara umum, pengertian produk adalah segala sesuatu yang bisa memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia, baik yang berwujud maupun tidak.

5. Basu Swastha dan Irawan

Basu Swastha dan Irawan berpendapat bahwa pengertian produk ialah sesuatu yang bersifat kompleks, yang diterima pembeli untuk memuaskan keinginan serta kebutuhannya.

5 dari 6 halaman

Pengertian Kualitas Produk

Pengertian Produk © Diadona

Setiap perusahaan tentu berusaha untuk memuaskan pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas. Mulai dari merk, harga, ataupun kemasan. Hal ini yang disebut dengan kualitas produk.

Pengertian kualitas produk ialah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, mulai dari daya tahan keandalan, perbaikan, serta atribut bernilai lainnya.

Sehingga, untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan dapat menerapkan program ”Total Quality Manajemen (TQM)”. Karena, selain mengurangi kerusakan produk, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai konsumen.

6 dari 6 halaman

Selain itu, faktor yang mempengaruhi dalam kualitas produk, menurut Sofjan Assauri (2009: 382), ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya uang, market, manajemen, SDM, material, dan mesin.

Dengan begitu, pengertian produk ialah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beri Komentar