Pengertian Penelitian, Variabel dan Beda Metode Kualitatif serta Kuantitatif

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 3 Juni 2021 21:46
Pengertian Penelitian, Variabel dan Beda Metode Kualitatif serta Kuantitatif
Penelitian adalah tes untuk menguji teori atau hipotesa. Di dalamnya terdapat variabel bebas dan terikat serta metode berupa kualitatif dan kuantitatif. Simak untuk tau arti dan beda keduanya.

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mendapatkan data di kondisi tertentu. Yang dimaksud dengan ilmiah yakni penelitain tersebut harus berdasar pada rasional, sistematis dan juga empiris.

Rasional, yakni penelitian dilakukan berdasarkan logika atau akal.
Sistemastis, yaitu melibatkan perlakukan yang terstuktur. Langkah dan prosedur yang dilakukan harus bisa dijelaskan sebab dan akibatnya.
Empiris, bahwa penelitain yangdilakukan harus bersandar pada sumber yang bisa dipercaya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menulis pengertian penelitian sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Apakah semua kegiatan pengamatan ilmiah bisa disbeut dnegan penelitian? Eh, tunggu dulu. Ada beberapa ciri-ciri penelitian yang harus dipenuhi sebagai berikjut:

Peneliti melakukan pengamatan pada suatu fenomena yang dibuat terjadi dalam situasi yang dikontrol secara ketat secara objektif. Dalam penelitain, ada variabel yang dibuat secara sistematis.

1 dari 3 halaman

Tujuan Penelitian

Penelitian adalah © Diadona

Secara umum tujuan penelitian adalah:

  • Eksploratif (Penemuan), yakni untuk menemukan sesuatu yang baru dalam bidang tertentu
  • Verifikatif (Pengujian), digunakan untuk menguji kebenaran sesuatu dalam bidang yang telah ada
  • Developmental (Pengembangan) yakni digunakan untuk mengembangkan sesuatu dalam bidang yang sudah ada
  • Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi). Penelitian dalam kerangka tersebut dilalukan sebagai syarat akademis.

2 dari 3 halaman

Variabel Penelitian

Penelitian Adalah © Diadona

Meski sering disebutkan, bukan berarti banyak orang memahami arti dari istilah 'variabel penelitian'.

Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang dapat berubah atau diubah. Dengan kata lain, varibel penelitian merupakan faktor apa pun yang dapat dimanipulasi, dikendalikan atau diukur dalam suatu penelitian. 

Penelitian berisi berbagai variabel. Dalam ulasan Diadona berikut, kamu akan mengetahui apa itu jenisnya, definisi dan juga contohnya. Seperti apa?

Variabel Bebas

Variabel bebas penelitian adalah variabel yang akan berubah seiring dengan penelitian. Varibel ini memberikan pengaruh pada variabel lainnya.

Variabel Terikat

Sesuai dengan namanya, ini merupakan variabel yang nggak bisa berdiri sendiri dan mudah mendapatkan pengaruh dari variabel lainnya.

Biar nggak bingung, nih Diadona kasih contohnya ya!

Misalnya kamu akan melakukan penelitian dengan topik 'Apakah cahaya yang membuat tomat tumbuh lebih cepat? Apakah cahaya pijar, flourescent, atau cahaya matahari?'

Sesuai dengan penjelasan Diaodan barusan bahwa varibel bebas adalah variabel yang berubah dan memberikan pengaruh, sedangkan variabel terikat mudah mendapatkan pengaruh dari perubahan variabel.

Dalam penelitian ini, variabel bebas yakni : jenis cahaya yang diberikan pada tomat yang ditanam. Cahaya adalah faktor yang diubah-ubah dalam penelitian dan sebagai faktor perlakuan.
Variabel terikat : laju pertumbuhan tanaman tomat. Laju pertumbuhan ini berubah dan dipengaruhi oleh jenis cahaya, yang merupakan variabel terikat.

" Pengaruh diet dan soda dalam kadar gula dalam darah"

Variabel bebas : jumlah gula yang dikonsumsi
Variabel terikat : kadar gula dalam darah

3 dari 3 halaman

Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian Adalah © Diadona

Selain jenis variabel, metode penelitian tak kalah penting untuk dipahami dalam mengenal penelitian itu sendiri. Metod epenelitian dibagi menjadi dua, yakni kualitatif dan kuantitatif. Apa perbedaan diantara keduanya?

Penelitian Kualitatif

Sugiyono menjelaskan bahwa penelitian kualitatif adalah penlitain yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan atau menyelidiki pengaruh sosial yang nggak bisa digambarkan dalam data angka.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan peristiwa, fenomena, persepsi, atau sikap seseorang atau kelompok terhadap peristiwa tertentu. Makanya, data yang didapat dari hasil penelitian kualitatif selanjutnya ditafisrkan.

Penelitian kualitatif umumnya didasarkan pada disiplin ilmu-ilmu sosial seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Sehingga, metode penelitian kualitatif ini memungkinkan peneliti untuk menanyai responden secara lebih dalam dan lebih lanjut berdasarkan tanggapan mereka terhadap suatu kondisi.

Contoh dari penelitian kualitatif antara lain :

  • Menganalisa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam memilih hunian
  • Analisa peran guru dalam penentuan jurusan perkuliahan siswa kelas XII

Kapan metode ini digunakan? Yakni saat perlu menangkap wawasan yang akurat dan mendalam dari responden.

Penelitian Kuantitatif

Merupakan penelitian terukur yang bisa menghasilkan angka dan bisa dianalisa dengan statistika deskriptif atau inferensial. Hasil penelitian adalah daya yang logis, statistik dan nggak bias.

Dalam tekniknya sendiri, penelitian kuantitatif dibedakan menjadi empat, yakni:

  • Penelitian survei
  • Penelitian korelasional, dilaukan untuk membangun hubungan antara dua entitas atau melihat apakah satu faktor mempengaruhi faktor yang lainnya
  • Penelitian kausal-komparatif, digunakan untuk menyimpulkan persamaan sebab akibat antara dua variabel atau lebih satu variabel bergantung pada variabel bebas lainnya
  • Penelitian eksperimental, yakni penelitian yang berdasarkan pada teori

Contoh penelitian kuantitatif:
Jumlah siswa yang naik kendaraan umum ke sekolah

Penelitian adalah suatu metode untuk menguji teori dan memainkan banyak peran dalam kehidupan. Kamu sudah pernah melakukan penelitian apa nih saat menempuh pendidikan?

Beri Komentar