Pengertian Olahraga, Renang dan Lari Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 20 Juni 2020 09:32
Pengertian Olahraga, Renang dan Lari Menurut Para Ahli
Pengertian olahraga adalah aktivitas yang membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Pengertian olahraga kebutuh pokok dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih tubuh secara jasmani maupun rohani, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, ada pendapat lain yang menjelaskan bahwa pengertian olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Mengacu dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian olahraga adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan derajat kesehatannya.

Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Pengertian Olahraga © Diadona

Supaya lebih memahami, berikut pengertian olahraga menurut para ahli yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

1. Suryanto Rukmono

Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh manusia agar lebih sehat dan kuat.

2. Cholik Mutoir

Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan seseorang dengan sistematik untuk membantu perkembangan potensi jasmani serta rohani.

3. Seno Gumira Ajidarma

Definisi olahraga adalah suatu kegiatan yang menyehatkan tubuh manusia dan untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.

2 dari 6 halaman

4. Hans Tandra

Sedangkan menurut Hans Tandra, olahraga adalah suatu gerakan tubuh yang teratur, yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh seseorang.

5. Kathryn Marsden

Olahraga ialah suatu kegiatan untuk mengurangi stres dengan biaya yang murah.

3 dari 6 halaman

Pengertian Olahraga Renang

Pengertian Olahraga © Diadona

Bagi masyarakat Indonesia, salah satu cabang olahraga yang paling populer adalah renang, setuju nggak nih? Sebab, tujuan dari renang ialah sebagai hobi, olahraga rutin ataupun refreshing semata.

Lalu, apa sih definisi dari renang? Pengertian olahraga renang merupakan aktivitas menggerakan diri atau mengangkat seluruh bagian tubuh ke atas permukaan air dengan menggerakan kaki ataupun lengan.

Dalam dunia olahraga, ada 4 macam gaya yang bisa dilakukan saat berenang, diantaranya:

1. Gaya Dada
2. Gaya Bebas
3. Gaya Kupu-kupu
4. Gaya Punggung

4 dari 6 halaman

Akan tetapi, sebelum mempelajari berbagai macam gaya berenang, ada beberapa teknik dasar yang perlu kamu pahami, yaitu pernapasan, mengapung, dan meluncur.

Meski sebagai hobi maupun refreshing semata, renang juga memiliki manfaat untuk tubuh lho, yaitu untuk menghilangkan setres, meningkatkan stamina tubuh, baik untuk penderita kanker payudara, hingga mencegah obesitas.

5 dari 6 halaman

Pengertian Olahraga Lari

Pengertian Olahraga © Diadona

Dari sekian banyak macam olahraga, lari adalah salah satu di antara banyak cabang olahraga yang paling tua di dunia. Bahkan, sebelum menjadi cabang olahraga, lari sudah di kenal sejak zaman peradaban manusia kuno.

Pengertian olahraga lari ialah salah satu aktivitas atau kegiatan yang murah dan mudah di lakukan bagi semua orang dan usia yang memiliki manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Selain dapat meningkatkan kesehatan, lari juga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus menguatkan persendian serta tulang.

6 dari 6 halaman

Lari sendiri terbagi menjadi 3 macam olahraga yakni lari jarak pendek, jarak menengah, dan jarak jauh atau marathon.

1. Lari Jarak Pendek atau Sprint

Jenis lari yang dengan menempuh jarak 100, 200 dan 400 meter. Umumnya sebelum melakukan lari jarak pendek para peserta akan melakukan start dengan posisi jongkok.

2. Lari Jarak Menengah

Sama dengan namanya, jarak tempuh pada jenis lari ini tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Sebab kisaran jarak tempuhnya hanya sekitar 800-1500 M.

3. Lari Jarak Jauh atau Marathon

Pengertian olahraga lari jarak jauh atau marathon merupakan lari yang di lakukan dengan jarak antara  5000 hingga 10.000 meter.

Beri Komentar