12 Jenis Minuman Kopi ala Café yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Modalnya Cuma 5 Bahan Saja!

Reporter : Zaki
Rabu, 24 Juni 2020 18:25
12 Jenis Minuman Kopi ala Café yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Modalnya Cuma 5 Bahan Saja!
Cobain sendiri yuk!

Memasuki era new normal, café maupun kedai kopi yang biasanya jadi tempat langgananmu untuk nongkrong pun sudah mulai beroperasi. Walau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, rasanya masih enggan meninggalkan kenyamanan rumah untuk menikmati jenis minuman kopi favoritmu.

Nah, buat lagi mager bisa menjajal beberapa resep menu kopi kekinian ini. Selain murah meriah, bahan-bahannya mudah didapatkan. Selain air hangat dan es batu, bahan yang diperlukan jumlahnya nggak melebihi 5 item, lho. Yuk, segera praktikkan di dapur.

1 dari 12 halaman

Kopi Susu Kurma

© Diadona

Walau sudah nggak menjalani bulan Ramadan, kurma masih jadi produk yang banyak dicari sebagai pemanis alami yang lebih sehat. Nah, nggak ada salahnya untuk menggunakannya dalam pembuatan jenis minuman kopi yang satu ini.

Pertama, rendam kurma dalam air hangat selama 5 menit lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan susu almond, ekstrak vanilla, minyak kelapa dan garam secukupnya. Blender hingga halus dan merata selama 3-5 menit. Sajikan dengan tambahan es batu yang bikin citarasanya semakin wah.

2 dari 12 halaman

Banana Coffee Milkshake

© Diadona

Jenis minuman kopi yang satu ini cocok banget buat disajiakn di pagi hari atau dijadikan kudapan. Selain bikin mata melek, banana coffee milkshake lumayan mengenyangkan.

Soal bahan, kamu cukup menyiapkan 1 buah pisang, kopi dingin, susu, ekstrak vanilla dan bubuk kayu manis secukupnya. Caranya pun gampang banget, tinggal campurkan semua bahan dalam blender. Haluskan selama beberapa menit dan sajikan dalam gelas saji yang cantik.

3 dari 12 halaman

Avocado Coffee

© Diadona

Selain pisang, alpukat pun bisa dijadikan salah satu bahan pembuatan jenis minuman kopi yang lagi hits. Teksturnya yang creamy dengan citarasa kopi yang cukup kuat pun bikin avocado coffee punya penggemar tersendiri.

Pembuatan minuman sedap ini nggak terlalu sulit, kok. Pertama, blender buah alpukat dengan sedikit air hingga halus. Tambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam blender seperti es batu, kopi dingin, susu kental manis dan susu cair. Bisa juga mengganti susu dengan santan untuk meningkatkan sensasi gurih dan sesuaikan rasa manis sesuai keinginanmu. Siap dinikmati, rasanya kian mantap dengan tambahan cokelat bubuk atau es krim vanilla sebagai toppingnya.

4 dari 12 halaman

Cold Brew

© Diadona

Buat pecinta kopi, jenis minuman kopi yang satu ini tentunya sudah nggak asing lagi. Kamu hanya perlu kopi bubuk dan air dingin yang dimasukkan ke dalam botol, tutup dengan rapat. Diamkan selama minimal 12 jam di dalam kulkas.  Saat akan dinikmati, saring kopi hasil ekstraksi dan tuangkan ke dalam gelas saji. Kamu bisa menambahkan gula atau susu kental manis sebagai pemanis, sudah seperti ngopi di café kan?

5 dari 12 halaman

Kopi Susu Gula Aren

© Diadona

Ini dia jenis minuman kopi yang tengah ngehits dan jadi favorit banyak orang. Membeli kopi susu gelas aren untuk dikirimkan ke alamat rumah memang cukup praktis, tapi nggak baik juga buat dompet yang kian menipis.

Yuk, coba buat di rumah dengan menyeduh kopi bubuk dengan air panas lalu masukkan gula aren yang sudah dimasak dengan sedikit air hingga leleh. Tambahkan susu rendah lemak dan es batu, minuman kopi favoritmu pun siap dinikmati. Biar makin mirip dengan minuman kopi yang sering kamu beli, tambahkan bobba atau jeli ke dalamnya.

6 dari 12 halaman

Matcha Milk Coffee

© Diadona

Kopi dan matcha bersatu menjadi jenis minuman kopi yang kelezatannya bikin merem melek. Cukup siapkan kopi hitam murni, bubuk matcha, gula pasir, susu full cream dan es batu secukupnya. Bawa semua bahan ke dapur dan seduh kopi dengan air panas sebagai langkah pertama.

Aduk hingga teksturnya cukup kental lalu beri gula pasir, aduk kembali dan sisihkan. Di mangkuk yang berbeda, seduh bubuk matcha dengan air panas dan aduk hingga kental seperti kopi. Tata es batu dalam gelas saji, lalu masukkan ke dalamnya larutan kopi, susu dan matcha, siap dinikmati selagi dingin.

7 dari 12 halaman

Cinnamon Mocha Coffee

© Diadona

Jenis minuman kopi ini bakal cocok dinikmati selagi hangat di pagi hari. Aroma rempah dengan hint rasa cokelat, dijamin bikin ketagihan.

Cara membuatnya pun nggak perlu waktu lama. Pertama, masak kopi bubuk, cokelat bubuk dan gula dalam air. Tuangkan susu dan aduk hingga mulai berbuih, jangan sampai mendidih ya. Tuangkan ke dalam cangkir dan taburi bubuk kayu manis, nikmati hangat-hangat di tengah hawa pagi hari yang sejuk.

8 dari 12 halaman

Dalgona Coffee

© Diadona

Ini dia jenis minuman kopi yang seliweran di media sosial. Bahan-bahannya memang cukup sederhana, yaitu kopi bubuk instan, gula pasir dan air panas. Campurkan semua bahan dan kocok hingga mengembang, bisa menggunakan mixer mini khusus kopi, whisk, bahkan menggunakan saringan.

Untuk penyajiannya, masukkan es batu dalam gelas saji lalu tuangkan susu UHT sebanyak ¾ gelas. Tambahkan kopi yang teksturnya halus dan creamy ini di atasnya. Bisa langsung dinikmati atau sajikan dengan taburan cokelat bubuk di atasnya.

9 dari 12 halaman

Coffee Latte

© Diadona

Siapa bilang harus ke café untuk mencicipi segelas coffee latte favoritmu? Dengan bahan-bahan yang sudah ada, jenis minuman kopi ini bisa dinikmati sendiri di rumah.

Pertama, campurkan bubuk kopi ke dalam susu hangat lalu aduk rata sebelum dipindahkan ke dalam mug. Kini, kocok krim kental dan gula pasir dalam shaker dan tuangkan di atas kopi. Biar makin kece, hias sesuai selera misalnya dengan membuat cetakan lalu menaburkan bubuk cokelat di atasnya hingga membentuk motif tertentu.

10 dari 12 halaman

Pandan Latte

© Diadona

Dengan tambahan rasa lokal, jenis minuman kopi yang satu ini cocok banget dinikmati bareng sekeluarga di rumah. Cara membuatnya tak sesulit yang dibayangkan, kok.

Cukup seduh kopi hitam di dalam cangkir kecil dengan air panas, aduk hingga larut. Di gelas saji, tata es batu lalu masukkan perisa pandan, gula dan susu ke dalamnya. Tuangkan kopi ke dalamnya dan sajikan untuk melawan hawa gerah dengan kopi rumahan rasa café.

11 dari 12 halaman

Blackpink Coffee

© Diadona


Bukan jenis minuman kopi dari Korea, namanya berasal dari penambahan buah stroberi ke dalamnya yang memberi sensasi manis dan asam unik. Awali dengan menyeduh kopi bubuk dengan air panas, saring dan sisihkan.

Siapkan gelas saji lalu tuangkan susu kental manis ke dalamnya lalu masukkan susu rasa stroberi ke dalamnya. Tuangkan kopi ke dalamnya dan sajikan dengan tambahan potongan buah stroberi di atasnya.

12 dari 12 halaman

Iced Caramel Popcorn Latte

© Diadona

Bermodal botol minum tumbler, kamu bisa banget membuat jenis minuman kopi yang lagi ngehits ini. cukup masukkan susu full cream, saus karamel dan kopi lalu tutup dan kocok hingga tercampur merata dan muncul busa-busa kecil, tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan potongan es batu. Hias dengan popcorn caramel atau varian manis lainnya. Nikmati sambil rebahan ditemani film atau drama favoritmu. Duh, surga dunia!

Kalau masih was-was ke café atau sekadar ingin menghemat dana yang biasanya dibelanjakan untuk minuman kopi favoritmu, coba deh beberapa resep jenis minuman kopi yang praktis ini. mana yang bakal kamu coba?

Beri Komentar