Tentang Tanda Putih di Kuku, Penyebab dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 25 Juni 2020 10:24
Tentang Tanda Putih di Kuku, Penyebab dan Pengobatannya
Tanda putih di kuku sering dikaitkan dengan mitos tertentu, misalnya nih ada yang rindu atau ada yang sayang? Tapi apa iya?

Tanda putih di kuku sering kali dikaitkan sama mitos nih. Kalau jaman saya kecil dulu, katanya itu menunjukkan kalau artinya ada orang yang sayang atau benci sama kita, tergantung sama letaknya tanda putih tersebut. Kalian pernah denger mitos serupa nggak?

Tanda putih di kuku sebenarnya adalah suatu kondisi yang disebut dengan leukonychia. Ini nggak berbahaya kok, dan biasanya terjadi karena luka pada kuku kayak menggigit, mengetuk berlebihan, dan trauma lainnya.

Banyak orang dewasa sehat yang punya tanda putih di kuku ini di beberapa waktu, jadi ini bukan suatu masalah yang serius kok.

Sebagian besar tanda putih di kuku ini bakalan sembuh dengan sendirinya dan hilang begitu kuku tumbuh penuh, skeitar 6 sampai 8 minggu. Namun dalam beberapa kasus, ini bisa jadi tanda masalah dasar yang serius kayak masalah ginjal, hati atau jantung.

Pada sebagian orang, tanda putih di kuku ini muncul sebagai bintik-bintik kecil di kuku. Bagi yang lain, bintik ini mungkin lebih besar dan membentang di seluruh kuku. Keberadannya bisa cuman pada satu kuku doang atau pada beberapa kuku.

1 dari 3 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku

Tanda Putih di KukuTanda Putih di Kuku © 2020 newvision.co.ug

Kalau percaya mitos sih, tanda putih di kuku ini punya banyak arti. Ada yang bilang ini pertanda kangen, ada yang sayang atau justru keberadaan mereka yang nggak suka sama kita.

Tapi secara medis, tanda putih di kuku disebut dengan leukonychia. Berdasarkan bentuknya, leukonychia dibagi menjadi beberapa tipe, diantaranya;

Leukonychia total, adalah tanda putih pada kuku yang terjadi pada keseluruhan kuku

Leukonychia parsial, yaitu tanda putih di kuku yang muncul dalam bentuk parsial atau sebagian. Ada tiga variasi leukonychia parsial, diantaranya:

Leukonychia striata, berupa tanda putih di kuku yang muncul sebagai pitya putih yang berjalan sejajar dengan dasar kuku

Leukonychia puctata, muncul sebagai bintik-bintik putih kecil pada kuku

Leukonychia longitudinal jarang terjadi, yakni melibatkan garis putih memanjang kecil di bawah lempeng kuku.

 

2 dari 3 halaman

Tanda Putih di Kuku Jari dan Penyebabnya

Tanda Putih di KukuTanda Putih di Kuku © 2020 shutterstock.com/Nadya So

Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan kemunculan tiba-tiba tanda putih pada kuku jari ini? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, dan berikut ulasannya melansir Healthline.

Reaksi Alergi

Alergi terhadap cat kuku atau penghapus cat kuku dapat menyebabkan tanda putih di kuku ini. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku membuat tanda ini muncul.

Jamur

Jamur kuku umum disebut onikomikosis superfisial putih dapat muncul di kuku kaki. Dan tanda pertama keberadaan infeksi mungkin berupa tanda putih pada kuku.

Infeksi dapat tumbuh dan menyebar ke dasar kuku. Kuku kaki mungkin tampak serpihan dan kemudian menjadi tebal dan rapuh.

Cedera pada Kuku

Cedera di pangkal kuku bisa menjadi penyebab kenapa sih muncul tanda putih pada kuku ini. Tapi karena kuku tuh punya wkatu tumbuh yang lama, jadinya kita sering nggak inget tuh kapan pernah cedera. Beberapa cedera mungkin bahkan nggak akan muncul selama emapt minggu atua lebih.

Sumber cedara pada kuku yang bisa bikin kemunculan tanda putih pada kuku, diantaranya:

  • Kecepit pintu
  • Memukul kuku dengan benda keras
  • Kuku terbentur ke meja

Eh jangan salah, manikur juga bisa kok menjadi penyebab kerusakan dan kemunculan tanda putih di kuku ini

Kekurangan Mineral

Tanda putih di kuku yang muncul di sepanjang kuku mungkin bisa karena kekurangan mineral dan vitamin tertentu. Misalnya, kekurangan seng atau kalsium.

Penyebab Lainnya

Meski jarang terjadi, tapi keberadaan tanda putih di kuku bisa juga karena penyebab lainnya, diantaranya:

  • Penyakit jantung
  • Kesehatan yang buruk
  • Gagal ginjal
  • Psoriasis atau Eksim
  • Radang paru-paru
  • Keracunan arsenik

3 dari 3 halaman

Tanda Putih di Kuku Tangan dan Pengobatannya

Tanda Putih di KukuTanda Putih di Kuku © 2020 newvision.co.ug

Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, tapi nggak pengen kan tanda putih pada kuku tangan itu muncul terus menerus dan merusak penampilan kuku cantik kamu? Ini lho perawatan yang bisa kamu lakukan, sesuai dengan penyebabnya kemunculannya.

Reaksi Alergi

Stop dulu deh pake cat kuku, pgloss atau produk kuku lain yang menurut kamu menjadi penanggung jawab tanda putih di kuku itu.

Jamur

Obat antijamur oral adalah pengobatan paling umum, dan banyak dokter juga yang mungkin meresepkan pengobatan antijamur topikal. Waktu pengobatannya berkisar natraa tiga bulan, dan penting untuk melakukannya secra rutin. Karena kalau engga, infeksi mungkin nggak sepenuhnya terobati.

Cedera Kuku

Kalau penyebab tanda putih di kuku ini karena cedera, tenang aja. Ini bakalan hilang dengan sendirinya kok seiring dengan pertumbuhan kuku.

Perawatan Kosmetik

Kalau perubahan warna kuku akhirnya membuat kamu nggak nyaman, maka gunakan cat kuku buat menutupinya secara sementara aja. Cara kuku berwarna kulit adalah cara alami untuk menyembunyikannya secara cantik.

Tanda putih pada kuku bagi sebagian orang nggak dirasa mengganggu. Jarang banget sebagai tanda masalah besar, dan sebagian bakalan hilang dengan sendirinya. Tapi kalau kamu merasa khawatir, nggak apa-apa kok kalau mau bertanya kepada dokter.

Beri Komentar