Pengertian Kalimat Efektif, Utama, Majemuk, dan Imperatif di Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 27 Juni 2020 08:56
Pengertian Kalimat Efektif, Utama, Majemuk, dan Imperatif di Kehidupan Sehari-hari
Pengertian kalimat adalah kumpulan kata yang terdiri atas subjek dan predikat.

Menurut Soelistyowati (2015), pengertian kalimat adalah  bagian terkecil teks yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara kebahasaan.

Selain itu, dari sumber lain ada yang menjelaskan pengertian kalimat ialah satuan bahasa terkecil namun memiliki makna yang lengkap.

Nah, supaya kamu lebih memahami dari pengertian kalimat, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat © Diadona

Pada dasarnya, sebuah kalimat dapat dibentuk oleh klausa yang terdiri dari subjek dan predikat dengan penambahan objek, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!).

Namun, apakah kalimat yang dibuat tersebut sudah termasuk kalimat efektif? Pengertian kalimat efektif adalah susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara benar dan baik.

Sebab, sebuah tulisan bisa dikatakan efektif kalau berhasil menyampaikan pesan atau gagasan dengan maksud si penulis.

2 dari 6 halaman

Merujuk pada penjelasan tersebut, adapaun pengertian kalimat efektif menurut para ahli yang bisa kamu pelajari, diantaranya:

1. Keraf (1984:36)

Pengertian kalimat efektif adalah tidak hanya memenuhi pola sintaksis saja, namun juga harus mencakup beberapa aspek lainya yang mendukungnya.

2. Parera (1984:42)

Menurut Parera, pengertian kalimat efektif ialah bentuk kalimat yang disengaja dan disusun untuk mencapai intonasi yang tepat dan sesuai sdalam pikiran penulis ataupun pembaca.

3. Putrayasa (2007:66)

Sedangkan menurut Putrayasa, kalimat efektif merupakan kalimat yang mampu menyampaikan informasi secar sempurna.

3 dari 6 halaman

Kalimat Utama

Pengertian Kalimat © Diadona

Secara umum, kalimat utama sering disebut dengan kalimat topik yang biasanya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan sebuah paragraf.

Sehingga, pengertian kalimat utama ialah kalimat yang mengandung gagasan utama tentang suatu topik yang sedang dibahas dalam sebuah paragraf.

Adapun contoh kalimat utama adalah sebagai berikut:

Demam berdarah merupakan ancaman bagi manusia di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi sehingga memungkinkan nyamuk dengue berkembang.

Jadi, kalimat utama dalam paragraf di atas adalah Demam berdarah merupakan ancaman bagi manusia di seluruh dunia.

4 dari 6 halaman

Kalimat Majemuk

Pengertian Kalimat © Diadona

Umumnya, pengertian kalimat majemuk adalah kalimat yang mengandung dari dua pola kalimat atau lebih. Selain itu, kalimat majemuk juga disebut kalimat yang kompleks.

Adapun  jenis-jenis kalimat majemuk dan contohnya sebagai berikut:

1. Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat ialah kalimat tunggal yang salah satu unsurnya diperluas sehingga membentuk pola baru. Contohnya seperti, kebakaran terjadi ketika penduduk tertidur pulas, ketika penduduk tertidur pulas, kebakaran terjadi.

5 dari 6 halaman

2. Kalimat Majemuk Setara

Suatu kalimat luas yang antara pola kalimatnya mempunyai kedudukan yang sama (setara). Contohnya seperti, Doni membaca buku, sedangkan Indra menonton Film. Struktur kalimatnya adalah: Hendra; Dani = Subyek (S); membaca, menonton = Predikat (P); komik, TV = Obyek (O)

3. Kalimat Majemuk Campuran

Gabungan dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Contoh kalimat majemuk campuran ialah: Indonesia negara agraris, tetapi Indonesia menghadapi kendala serius dalam berbagai musim sehingga swasembada beras tidak tercapai.

6 dari 6 halaman

Kalimat Imperatif

Pengertian Kalimat © Diadona

Pengertian kalimat imperatif adalah kalimat yang  didalamnya terkandung tentang perintah atau meminta kepada orang lain untuk menuruti sesuatu yang diminta oleh si penutur.

Sehingga, isi kalimat imperatif bisa berupa perintah yang sangat keras atau kasar. Bahkan kalimat tersebut juga bisa berisi tentang pelarangan suatu tindakan.

Intinya, pengertian kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah,dan memiliki fungsi untuk meminta seseorang guna melakukan sesuatu.

Beri Komentar