Pengertian Gender, Jenis, dan Biasnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 11 Juli 2020 08:08
Pengertian Gender, Jenis, dan Biasnya Menurut Para Ahli
Pengertian gender ialah sesuatu yang terbentuk secara sosial serta bukan dari bentuk tubuh laki-laki atau perempuan.

Menurut World Health Organization (WHO) pengertian gender adalah sifat perempuan dan laki-laki, seperti norma atau hubungan kelompok pria dan wanita, yang dikonstruksi secara sosial.

Adapula sumber lain yang menjelaskan pengertian gender ialah tanggung jawab, hak, dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki atau perempuan karena bentukan lingkungan masyarakat tempat manusia itu tumbuh dan dibesarkan.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian gender, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Kesetaraan Gender

Pengertian Gender © Diadona

Mungkin selama ini kamu sering mendengar orang-orang berdebat tentang kesetaraan gender, bahkan kalimat tersebut juga seringkali muncul dalam diskusi ataupun tertulis di sejumlah referensi. Lalu, apa sih arti kesetaraan gender sebenarnya?

Kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki atau perempuan guna memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berpartisipasi dalam kegiatan politik, sosial budaya, pendidikan, serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

Sehingga terwujudnya kesetaraan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki, dengan begitu mereka memiliki kesempatan berpartisipasi dan memperoleh manfaat yang adil dari pembangunan.

2 dari 5 halaman

Bias Gender

Pengertian Gender © Diadona

Di jaman modern saat ini, apakah bias gender masih relevan? Bias ialah kondisi yang memihak atau merugikan. Sedangkan pengertian gender adalah sifat yang melekat pada laki-laki ataupun perempuan yang dikonstruksikan secara sosial dan budaya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menurut provinsi dan jenis kelamin di Indonesia tahun 2018, menujukan bahwa pria 75, 43% dan wanita 68,63%.  


3 dari 5 halaman

Maka dari data tersebut menunjukkan bahwa akses hasil pembangunan pada perempuan lebih rendah dibandingkan pria dalam memperoleh pendapatan, pendidikan, dan sebagainya. Hal inilah yang memicu adanya bias gender pada salah satu jenis kelamin.

Sehingga dampak dari bias gender adalah diskriminasi gender serta kekerasaan dan pelecehan seksual. Meski begitu, bias gender bisa dicegah dengan mendidik dan mengasuh anak secara adil, serta mengedukasi seks anak sejak dini.

Sebab, dengan mengurangi adanya bias gender, maka akan mendorong kesetaraan untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan setara bagi pria maupun wanita.

4 dari 5 halaman

Pengertian Gender Menurut Para Ahli

Pengertian Gender © Diadona

Selain dari penjelasan di atas, adapun pengertian gender menurut para ahli yang bisa menambah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. Simamora (2019)

Pengertian gender merupakan sifat yang melekat pada kaum laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh faktor-faktor sosial maupun budaya, sehingga lahir dengan beberapa anggapan tentang peran sosial serta budaya laki-laki atau perempuan.

2. Puspitawati (2013)

Menurut Puspitawati, pengertian gender ialah perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam peran, fungsi, dan perilaku yang dibentuk oleh tata nilai sosial, budaya ataupun adat istiadat.

5 dari 5 halaman

3. Silvana (2013)

Menurut Silvana dalam Women Studies Enslikopedia, bahwa pengertian gender ialah suatu konsep kultur, yang membuat perbedaan dalam hal peran, tingkah laku, dan karakteristik emosional antara laki-laki atau perempuan yang berkembang dalam masyarakat.

4. HT.Wilson (1998)

Pengertian gender menurut HT.Wilson adalah suatu dasar untuk menentukan perbedaan antara laki-laki dan perempuan pada kebudayaan serta kehidupan kolektif yang nantinya mereka menjadi laki-laki dan perempuan.

5. Yanti Muhtar (2002)

Pengertian gender merupakan jenis kelamin sosial atau konotasi masyarakat untuk menentukan peran sosial yang berdasarkan jenis kelamin itu sendiri.

Beri Komentar