Niat Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023 Lengkap dengan Tata Cara, Waktu, dan Keutamaannya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 11 Agustus 2022 11:00
Niat Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023 Lengkap dengan Tata Cara, Waktu, dan Keutamaannya
Nih bacaan niat puasa Ayyamul Bidh dan juga jadwal serta keutamaannya yang kamu cari

Niat puasa Ayyamul Bidh dan juga tata cara, waktu, hingga keutamaannya akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, puasa Ayyamul Bidh ini adalah puasa sunnah yang dikerjakan setiap pertengahan bulan dalam kalender Islam.

Lebih lengkapnya, Puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dilakukan selama tiga hari pada tengah bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah, yakni setiap tanggal 13, 14, dan 15. Hal ini mendapat pengecualian bulan Ramadan atau bertepatan hari-hari haram), yakni tanggal 13, 14, dan 15 dari kalender Hijriah (penanggalan komariah).

Berikut ini untuk niat puasa Ayyamul Bidh dan beberapa hal penting lainnya yang harus kamu ketahui. Jadi, yuk simak bareng-bareng.

1 dari 4 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat Puasa Ayyamul Bidh © Diadona

Niat puasa Ayyamul Bidh bisa dan boleh ditunaikan pada pagi hari setelah terbit fajar. Dengan catatan selama belum melakukan hal yang membatalkan puasa ya. Berikut adalah bacaan niatnya:

" Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala"

Artinya: Saya berniat puasa sunah ayyamul bidh karena Allah ta'ala.

Niat puasa Ayyamul Bidh ini boleh dilafalkan secara lisan atau pun hanya dalam hati saja.

2 dari 4 halaman

Waktu dan Tata Caranya

Niat Puasa Ayyamul Bidh © Diadona

Niat puasa Ayyamul Bidh sudah ya. Sekarang lanjut ke waktu puasa itu sendiri. Mengutip dari Tirto.id berikut ini adalah waktu puasa Ayyamul Bidh pada bulan Januari 2023.

Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023 jatuh pada hari Jumat, 6 Januari, Sabtu, 7 Januari, dan Minggu, 8 Januari 2023 mendatang

13 Jumadil Akhir 1444 H: Jumat, 6 Januari 2023
14 Jumadil Akhir 1444 H: Sabtu, 7 Januari 2023
15 Jumadil Akhir 1444 H: Minggu, 8 Januari 2023

Tinggal di sesuaikan saja dengan kalender islam yang ada lalu dipaskan pada hari ke-13 pada bulan Qomariyah pada kalender Hijriyah. Jadi patokannya adalah kelander hijriyah ya, Diazens.

Untuk tata cara puasa Ayyamul sama dengan puasa lainnya, dimulai dari terbit fajar dan berbuka saat adzan Maghrib berkumandang. Meskipun hukum puasa ini sunnah, sangat dianjurkan untuk berpuasa sebagai bekal amalan dan pahala selama di dunia.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Niat Puasa Ayyamul Bidh © Diadona

Seperti halnya puasa sunnah lainnya, puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan. Berikut ini adlaah keutamaan-keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang dilansir dari laman Merdeka.

Seperti Berpuasa Sepanjang Tahun

Salah satu keistimewaan puasa Ayyamul Bidh adalah mendapatkan kesunnahan berpuasa tiga hari tiap bulan. Sementara, puasa tiga hari tiap bulan itu seperti puasa sepanjang tahun. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam ayat al-quran dan hadist.

" Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya" [QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari,” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkat: “ Hadis ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadis shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra).

Dibukakan Pintu Surga Ar Rayan

Barang siapa yang menunaikan ibadah puasa sunnah ini akan dibukakan pintu surga Ar Rayan seperti yang tersebut dalam hadist:

“ Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang namanya “ r-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa, kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa: (HR Bukhari dan Muslim).

Pahala yang Berlipat Ganda

Terakhir keutamaan puasa ini adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Setiap muslim yang menjalankan ibadah sunnah ini akan mendaptkan pahala besar dan berlipat. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadis, artinya:

“ Setiap amalan kebaikan yaang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman,” Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Jadi itu lah niat puasa Ayyamul Bidh dan juga waktu serta tata caranya. Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar