Nama Nama Planet di Tata Surya Lengkap dengan Ciri-cirinya, kamu Harus Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 9 Desember 2021 10:00
Nama Nama Planet di Tata Surya Lengkap dengan Ciri-cirinya, kamu Harus Tahu nih!
Planet adalah benda langit yang mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Nah, dari masing-masing nama planet itu memiliki ciri yang berbeda antara satu dan lainnya.

Kata planet mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nama nama planet seperti Merkurius, Venus, Mars, atau Jupiter pasti sudah sangat sering kiat dengar. Tapi Sudah pada tahu nggak sih planet sendiri itu apa?

Secara umum, planet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Nah, dari masing-masing nama planet itu memiliki ciri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Nah dari sekian nama planet itu nantinya akan membentuk sebuah tata surya. Dalam hal ini, matahari adalah pusat tata surya yang nggak hanya dikelilingi oleh planet namun juga benda langit lainnya seperti komet dan juga meteor.

Nah, biar dalam hal ini, Diadona telah merangkum nama nama planet di tata surya lengkap dengan ciri-cirinya yang bisa kamu ketahui. Jadi, mari kita simak uaraian di bawah ini bareng-bareng ya.

1 dari 5 halaman

Nama Nama Planet di Tata Surya

1. Merkurius

Nama Planet © Diadona

Nama planet yang pertama adalah Planet Merkurius. Ini adalah planet yang paling dekat pusat tata surya, Matahari. Merkurius memerlukan 58 hari untuk satu kali orbit, sedangkan kala rotasinya 59 hari. Oh iya luas diameter dari Merkurius adalah 4.879 km.

Karena memiliki jarak yang sangat dekat dengan matahari, Merkurius ini memiliki ciri yang tidak dimiliki planet lainnya yaitu suhu yang sangat ekstrim. Jadi, ketika siang hari suhunya mencapai 430 derajat celcius dan saat malam hari mencapai -180 derajat celcius

2. Venus

Nama Planet © Diadona

Nama Planet kedua yang terdekat dari bumi setelah Merkurius adalah Venus. Diameter Planet Venus sedikit lebih kecil dari bumi yakni 12.100 km. Planet ini memerlukan waktu 225 hari untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, dan 243 hari untuk satu kali rotasi.

Oh iya, jarak Venus dengan matahari adalah 108 juta km. Venus sendiri merupakan planet paling terang di tata surya. Hal ini disebabkan karena Venus mempunyai atmosfer yang sangat pekat. Atmosfer itu sebagian besar berupa karbon dioksida dan awan putih karena pembakaran asam sulfat panas. Venus dijuluki sebagai Bintang Kejora dan tidak memiliki satelit, layaknya Merkurius.

2 dari 5 halaman

Nama Nama Planet di Tata Surya

3. Bumi

Nama Planet © Diadona

Nama Planet selanjutnya adalah bumi atau Earth. Ini adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Memiliki diameter 12.700 km, 71 persen bagian bumi adalah air dan 29 persen sisanya adalah daratan.

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, Bumi memerlukan waktu 365 hari atau satu tahun. Nah, sedangkan lama rotasinya adalam 24 jam. Berbeda dengan Merkurius dan Venus yang tidak memiliki satelit, Bumi atau Earth memiliki satelit alami yaitu bulan.

4. Mars

Nama Planet © Diadona

Setelah Bumi atau Earth, nama planet yang selanjutnya adalah Mars atau yang banyak disebut sebagai planet merah. Untuk ukuran, Mars ini lebih kecil dari bumi yaitu hanya berdiameter sekitar 6.800 km. Oh iya, Warna merah permukaannya berasal dari oksida besi atau karat di tanah.

Mars ini saat ini juga diprediksi akan berpotensi untuk ditinggali. Hal ini disebabkan eberapa fitur permukaan Mars, seperti dasar sungai kering, mengisyaratkan kemungkinan bahwa air sebelumnya ada di planet ini dan mungkin masih mengalir di bawah permukaan.

Kemudian, untuk waktu orbit mengelilingi matahari yang dibutuhkan oleh planet Mars adalah 687 hari dan 24,6 jam untuk waktu rotasinya. Terdapat dua sateleit alami yang dimiliki oleh planet Mars yaitu Phobos dan Deimos.

3 dari 5 halaman

Nama Nama Planet di Tata Surya

5. Jupiter

Nama Planet © Diadona

Nama planet yang kelima adalah Jupiter. Ini adalah planet terbesar yang ada di tata surya. Ukuran diameter dari planet ini adalah 142.860 km. Sedangkan untuk jaraknya yakni 78 juta km dari matahari.

Ciri utama dari planet jupiter adalah memiliki gravitasi yang sangat kuat. Jupiter bahkan disebut sebagai penyelamat karena mampu menyedut debu tata surya dan menarik banyak komet serta asteroid sehingga tidak menabrak planet lain.

Jupiter ini adalah satu dari banyak nama planet yang memiliki satelit yang sangat banyak yakni 63 satelit. Oh iya, Jupiter mmebutuhkan waktu 12 tahun untuk bewaktu orbit mengitari matahari dan 9,8 jam untuk berotasi.

6. Saturnus

Nama Planet © Diadona

Nama planet yang selanjutnya adalah Saturnus. Ini adalah planet terbesar kedua setelah Jupiter. Planet ini memiliki ukuran diameter 120.000 km. Sama seperti Jupiter, Saturnus memiliki stelit yang cukup banyak yakni 62.

Ciri utama dari planet Saturnus adalah mempunyai cincin berlapis terdiri dari kristal es yang lebarnya 402.000 km dan tebalnya 15 km. Masa revolusi planet ini 29,5 tahun dan kala rotasinya 10 jam 36 menit.

4 dari 5 halaman

Nama Nama Planet di Tata Surya

7. Uranus

Nama Planet © Diadona

Kemudian, nama planet yang selanjutnya adalah Uranus. Tahu gak, ini adalah planet kedua terjauh dari Matahari yakni berjarak 2,9 miliar km dari matahari, untuk ukuran diameternya mencapai 51.118 km.

Planet Uranus memiliki satelit sebanyak 27. Nah, Planet Uranus sangat berbeda dengan planet lain karena sumbu rotasinya sebidang dengan bidang edarnya. Uranus memiliki kala revolusi 84 tahun dan kala rotasi 17 jam 14 menit.

8. Neptunus

Nama Planet © Diadona

Nama planet yang terakhir adalah Neptunus. Neptunus ini berjarak sekitar 4,5 miliar km dari matahari dengan diameter 49.600 km. Keadaan planet Neptunus hampir sama dengan Uranus sehingga sering disebut planet kembar.

Oh iya, Neptunus ini memiliki 13 buah satelit. dan untuk waktu revolusi Uranus 165 tahun dan kala rotasinya 15 jam 48 menit.

Jadi itulah beberapa nama nama planet yang ada di tata surya. Muali dari yang paling dekat dekat pusat tata surya matahari hingga yang paling jauh. Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar